Mengetahui Apa Itu GPU Lebih Dalam (Penjelasan Lengkap)

Kamu mungkin sering mendengar apa itu GPU, namun beberapa dari kamu apa itu GPU lebih mendalam. Bagi kamu yang doyan main game, pasti kamu nggak asing lagi dengan istilah GPU.

Istilah ini merujuk pada kartu grafis yang kamu gunakan. GPU sendiri merupakan singkatan dari Graphics Processing Unit atau bahasa indonesianya unit pengolah grafis.

Istilah GPU sendiri dipelopori oleh salah satu produsen kartu grafis terbesar yang hingga saat kini masih tetap berjaya, yakni NVIDIA.

NVIDIA mencipatakan istilah ini pada tahun 1999 ketika mereka merilis unit pengolah grafis pertama yakni GeForce 256.

GPU bisa dibilang sebuah CPU tambahan untuk mengolah grafis yang mana pekerjaan yang membutuhkan banyak kalkulasi hanya dalam satu waktu.

Bisa disimpulkan bahwa GPU dirancang untuk menjadi teman prosesor atau CPU. Pada awal kemunculannya, GPU digunakan untuk display saja. Setelah berkembang GPU mampu melakukan beberapa pekerjaan.

GPU juga berfungsi untuk meringankan beban prcessor pada komputer kamu. Ada tiga buah kategori GPU, diantaranya:

Apa itu GPU (Kategori GPU)

1. GPU Discrete: komponen ini adalah komponen paling penting apabila kamu ingin bermain game dengan lancar. Komponen ini sering disebut juga sebagai VGA card atau kartu grafis. Biasanya komponen ini dimasukkan ke dalam slot PCI Express x16, dulu menggunakan AGP 8x.

Apa Itu GPU 1

Pada kartu grafis ini ada dua komponen inti diantaranya adalah Chipset GPU dan juga VRAM (video memory). Ada dua produsen terbesar yang merilis kartu grafis hingga saat kini, diantaranya: NVIDIA dan juga AMD.

Baca Juga  Mengenal Apa Itu Steam, Platform Beli Game Online Terbesar

VRAM hingga saat kini sudah mencapai GDDR6. Tentu semakin tinggi VRAM-nya, peforma kartu grafis yang ditampilkan akan lebih kencang.

2. GPU Add-on: unit pengolah grafis jenis ini bisa kita temukan di laptop atau notebook. Yang membedakannya dengan kartu grafis adalah bentuknya yang hanya berbentuk chip yang sudah tertempel di motherboard.

Biasanya kamu nggak bisa mengupgrade atau menggantik GPU laptop kamu (ada beberapa seri merk laptop seperti beberapa seri milik Clevo, Sager, dan beberapa yang lainnya bisa mengupgrade CPU dan GPU).

3. GPU Terintegrasi: GPU jenis ini juga sering terdapat pada laptop juga walaupun di beberapa desktop juga ada. Umumnya, sesuai dengan namanya, GPU ini terintegrasi dan nggak terpisah dari suatu komponen.

Ada GPU yang terintegrasi yang tergabung dengan prosesor, dan ada GPU terintegrasi yang tergabung dengan prosesor, namun tergabung dengan chipset Northbridge yang berdampingan dengan memory controller.

Apa Itu GPU 2

Dengan adanya GPU terintegrasi, kamu nggak perlu membeli lagi kartu grafis. Akan tetapi, kamu nggak bisa berekspektasi lebih dengan performanya, karena performa GPU terintegrasi performanya ya memang seadanya. Intel maupun AMD memiliki chip grafis yang terintegrasi. Berikut contoh GPU Terintegrasi

Apa Itu GPU (Contoh GPU Terintegrasi)

1. Grafis Onboard

  • Intel GMA: GPU terintegrasi ini terdapat pada chipset Northbridge yang ada pada prosesor Intel lama seperti prosesor Intel Core 2 Series, Celeron D, Pentium D, Pentium 4 atau Intel Atom seri terdahulu.
  • Radeon X: Tak hanya Intel, AMD pun juga punya GPU terintegrasi. GPU terintegrasi ini juga terletak pada chipset Northbridge yang ada pada prosesor AMD. Pengolah grafis terintegrasi ini terletak pada prosesor AMD Phenom, Sempron, Athlon, dan Duron.
  • Chrome HD: Chip terintegrasi ini ada terdapat pada chipset VIA yang pernah berjaya pada masa itu.
Baca Juga  VGA AMD Radeon Terbaik dan Tebaru 2020 Gaming Lancar Jaya

2. Grafis IGP: Integrated Graphics Processors

  • Intel HD Graphics: Intel HD Graphics merupakan GPU terintegrasi yang dapat ditemukan di processor Intel generasi terbaru, diantaranya: Intel Core i series, Intel Pentium G series, Intel Celeron G series, Intel Celeron/Pentium Quad Core J series.
  • AMD Radeon R5/R7: GPU yang terintegrasi yang dimiliki oleh processor AMD APU generasi ketiga dan selanjutnya. Salah satu processor AMD yang dibekali dengan GPU terintegrasi ini adalah Radeon R5 yang ada pada AMD A4-6210.
  • AMD Radeon D: Radeon D merupakan GPU terintegrasi yang bisa ditemukan di processor AMD APU generasi pertama dan kedua. Salah satu contoh dari pengolah grafis ini adalah Radeon HD 8670D.

Kesimpulan

GPU bisa dikatakan salah satu komponen paling penting pada komputer (entah di desktop atau laptop). Apalagi untuk kamu yang doyan main game atau bekerja sebagai desainer, GPU sudah pasti harus mumpuni. Demikian artikel Laptopnesia tentang apa itu GPU. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment