7 Aplikasi Edit Audio PC Terbaik Gratis Gak Pake Bayar

Artikel laptopnesia kali ini akan membahas aplikasi edit audio PC terbaik yang kamu nggak perlu ngeluarin uang buat menggunakannya. Aplikasi ini memiliki beragam fungsi, diantaranya adalah mengedit MP3, memberi efek, sampai merekam musik. Bagi kamu yang sedang menekuni audio engineering, mungkin kamu nggak asing dengan editing audio. Ada beberapa piranti lunak editing audio untuk PC yang berbayar, namun ada beberapa yang gratis.

Secara fitur mungkin yang berbayar lebih lengkap, namun kamu bisa tetap memaksimalkan aplikasi edit audio PC yang gratis kok. Nah, kamu nggak usah susah-susah mencarinya, kami akan memberikan beberapa rekomendasinya untuk kamu. Ikuti artikel berikut ya.

7 Aplikasi Edit Audio PC Terbaik Gratis

1. Audacity

Kamu mungkin nggak asing dengan Audacity karena bisa dibilang aplikasi ini merupakan aplikasi editing video yang paling populer dan paling lama. Bagi kamu yang terbiasa dengan tampilan yang mutakhir seperti Cubase 9 dan seangkatannya, melihat Audacity serasa kembali ke teknologi dimana masih pakai Intel Pentium 4 ke bawah.

7 Aplikasi Edit Audio PC Terbaik Gratis Gak Pake Bayar

Walaupun terlihat kuno dan jadul, aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti perekam suara, impor dan ekspor beragam format audio, memiliki beragam efek, mendukung fungsi edit, dan yang lainnya. Pengoperasiannya juga sepenuhnya menggunakan keyboard sehingga tidak sulit bagi pemula. Selain itu, aplikasi ini dapat dioperasikan di segala sistem operasi (Windows, Mac, Linux).

2. Studio One Prime

Stuio One merupakan produk dari salah satu perusahaan produsen piranti profesional audio yakni PreSonus. Studio One Prime merupakan versi gratis yang dirilis oleh PreSonus. Software DAW (Digital Audio Workstation) ini dapat digunakan untuk merekam multi-track, FX channel, dan virtual instrument.

7 Aplikasi Edit Audio PC Terbaik Gratis Gak Pake Bayar

Namun, yang menjadi kekurangan versi gratisnya ini adalah fiturnya yang tidak selengkap versi berbayarnya, Studio One Artist dan Studio One Professional. Bagi kamu yang mau mencoba dan beradaptasi dengan Studio One Artist atau Studio One Professional, menggunakan versi ini bisa dijadikan pilihan untuk belajar. DAW ini kompatibel dengan sistem operasi Windows dan juga Mac.

Baca Juga  6 Game PC Online Terbaik Sepanjang Masa (Semuanya Gratis)

3. Hya-Wave

Aplikasi edit audio PC ini digunakan secara online. HyaWave dapat merekam suara melalui mikrofon, kontrol keyboard, dan drag & drop berkas audio. HyaWave memiliki tampilan yang sederhana dan tidak banyak tombol seperti beberapa DAW lain. Kamu bisa langsung mengirim hasil rekaman kamu ke media sosial seperti Facebook atau Twitter.

7 Aplikasi Edit Audio PC Terbaik Gratis Gak Pake Bayar

Sebagai aplikasi perekam online, HyaWave dilengkapi pula dengan berbagai efek seperti feedback delay, amplify dan beberapa yang lainnya. Selain itu, kamu nggak perlu membayar alias gratis ketika menggunakan aplikasi HyaWave.

4. Ocenaudio

Aplikasi edit audio PC selanjutnya adalah Ocenaudio. Aplikasi ini kompatibel dengan semua sistem operasi. Selain itu, penggunaannya pun tidak sulit. Walaupun mudah digunakan Ocenaudio sudah mendukung VST (Virtual Studio Technology) atau plugins. Nggak hanya itu, ketika sudah selesai mengerjakan suatu project, kamu bisa menunjukkan langsung hasilnya ketika mengubahanya.

7 Aplikasi Edit Audio PC Terbaik Gratis Gak Pake Bayar

5. Podium

Aplikasi edit audio PC ini nggak hanya hadir dalam versi gratis, namun juga versi berbayar. Untuk versi gratis tentunya memiliki fitur yang nggak selengkap dengan versi berbayar. Podium juga merupakan DAW dan editor audio yang sangat canggih sehingga kamu harus beradaptasi lebih untuk menggunakannya. Seperti sebelumnya kami katakan bahwa terdapat pemangkasan fitur pada versi gratis. Fitur-fitur seperti moxer 64 it, mulit-processing plugin, dan yang lainnya tidak akan kamu temukan pada versi gratis. Aplikasi ini hanya bisa digunakan di Windows.

7 Aplikasi Edit Audio PC Terbaik Gratis Gak Pake Bayar

6. Wavosaur

Wavosaur merupakan aplikasi edit audio PC yang dapat digunakan untuk mengkoversi format audio yang kamu inginkan. Selain itu, aplikasi ini sudah mendukung VST atau plgin, dan juga file multichannel wav. Untuk menggunakannya, kamu nggak perlu menginstalnya. Kamu tinggal mengunduh dan membukanya.

Baca Juga  Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Baterai CMOS Pada Laptop

7 Aplikasi Edit Audio PC Terbaik Gratis Gak Pake Bayar

7. FL (Fruity Loop) Studio

Bagi kamu yang sering main ke wilayah audio, kamu pasti nggak asing dengan aplikasi ini. Ya, FL atau Fruity Loop sering digunakan oleh musisi elektronik untuk membuat musik. Aplikasi edit audio PC ini memiliki banyak plugin dan bar pencarian yang canggih. Bagi kamu yang pemula, kamu harus beradaptasi dan sering otak-atik lebih lama aplikasi ini. Aplikasi ini tersedia versi gratis, namun jika ingin mendapatkann semua fiturnya, kamu harus membayarnya secara bulanan.

7 Aplikasi Edit Audio PC Terbaik Gratis Gak Pake Bayar

Biasanya ketika kamu baru membeli audio interface atau soundcard, biasanya mereka menyediakan software perekam gratis. Demikian artikel Laptopnesia tentang 7 aplikasi edit audio PC gratis. Semoga Bermanfaat!

Leave a Comment