Aplikasi Kamera Laptop Terbaik

Hampir semua laptop dilengkapi dengan sebuah webcam di bagian atas layarnya, meskipun ada beberapa produsen yang memindahkan posisi standar tersebut karena alasan tertentu. Tetapi tahukah kamu jika kamera laptop tersebut sesungguhnya bisa digunakan untuk hal selain selfie atau video call? Apabila kamu memiliki aplikasi kamera laptop yang tepat, kamu bisa menggunakan kamera tersebut untuk mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas, atau bahkan menggunakannya sebagai kamera keamanan.

Pada kesempatan kali ini kami telah merangkum aplikasi kamera laptop yang memiliki fitur unggulan dibandingkan dengan aplikasi lain dan bisa kamu gunakan pada Windows dan Mac. Fitur tersebut meliputi antarmuka yang nyaman, alat edit yang beragam, serta kemudahan untuk digunakan. Jadi tanpa perlu berlama-lama mari langsung kita simak daftar aplikasi kamera laptop terbaik yang bisa kamu gunakan.

ManyCam

Aplikasi Kamera Laptop

ManyCam sebenarnya bukan sebuah aplikasi kamera laptop yang sederhana. Malah bisa dibilang aplikasi ini memiliki alat yang cukup lengkap untuk mengedit video dan dengan adanya preset, filter, dan efek sangat banyak yang bisa dipilih. Kamu juga bisa menambahkan efek kecantikan seperti transition, face mask, emoticon, dan background untuk merekam dan streaming video yang sangat artistik. Selain dari itu, aplikasi ini juga menawarkan serangkaian fitur standar yang ada pada aplikasi kamera laptop serpeti YouTube integration, Picture-in-Picture (PiP) mode, dan green screen.

Kamu bisa memilih untuk merekam vide dengan pilihan resolusi yang cukup beragam mulai dari 240p, 480p, HD, FullHD, dan sebagainya dengan frame rate yang berkisar mulai dari 5 hingga 60 fps pada format yang tak kalah bervariasi yakni MP4, MKV, dan FLV. Selain itu kamu juga bisa mengatur nilai bitrate audio antara 96 hingga 192 kbps serta mengaplikasikan fitur noise suppression. Berkat kapabilitasnya yang sangat luas tersebut, aplikasi ini sangat direkomendasikan jika kamu ingin membuat video, merekam aktivitas layar, atau live streaming. Aplikasi ini mendukung platform Microsoft Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, MacOS X 10.9 dan lebih tinggi.

Baca Juga  5 Laptop Terbaik 6 Jutaan Murah dan Berkualitas 2018

IP Camera Viewer

Aplikasi Kamera Laptop

Selain untuk live stream dan video call, kamera laptop juga bisa digunakan untuk kebutuhan keamanan, dan aplikasi yang sangat cocok untuk hal tersebut adalah IP Camera Viewer. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk dapat memonitor dan menjaga rumah dan tempat kerja melalui kamera IP. IP Camera Viewer mendukung lebih dari 1800 model kamera IP berbeda dan memungkinkan penggunanya untuk dapat mengubah pengaturan video seperti orientasi, frame rate, cakupan area, dll dari setiap kamera IP yang telah ditambahkan ke jaringan.

Aplikasi ini dapat merekam video dalam tiga resolusi yakni 360p, 480p, dan 720p yang mana pengaturan seperti kontras, saturasi, ketajaman, dan lainnya bisa diatur secara manual. Kemudian, kamu juga bisa melakukan zoom digital pada frame meskipun kamera IP-nya tidak memiliki fungsi zoom. Aplikasi ini mendukung platform Microsoft Windows.

Windows Camera

Aplikasi Kamera Laptop

Meskipun bukan aplikasi pihak ketiga yang dibekali dengan serangkaian alat editing yang banyak, namun Windows Camera tetap bisa menjadi pilihan aplikasi kamera laptop yang efektif. Aplikasi ini menghadirkan antarmuka pengguna yang sederhana, minimalis, dan mudah digunakan dengan hanya menawarkan alat untuk menangkap gambar dan merekam video saja.

Aplikasi ini dapat menangkap gambar dalam dua rasio aspek yakni 16:9 dan 4:3. Video yang direkam pun hanya mendukung frame rate 30 fps saja dengan tiga pilihan resolusi mulai dari 360p, HD, dan FullHD. Sebagai tambahan, aplikasi ini menambahkan fitur yang memungkinkanmu untuk dapat menangkap gambar secara beruntun atau burst dan mengaktifkan mode time lapse. Aplikasi ini mendukung platform Windows 10.

Apowersoft Free Online Screen Recorder

Aplikasi Kamera Laptop

Dengan kombinasi antara antarmuka yang sangat mudah digunakan dan ketersediaan alat yang sangat beragam membuat Apowersoft Free Online Screen Recorder menjadi salah satu aplikasi kamera laptop yang sangat direkomendasikan. Halaman utama dari aplikasi ini hanya menampilkan kontrol dasar. Namun ketika kamu membuka menu pengaturan, kamu akan mengetahui bahwa aplikasi ini menawarkan semua alat dan opsi yang bisa kamu gunakan untuk merekam dengan kapabilitas yang luas.

Baca Juga  Sejarah Komputer Dari Masa Ke Masa dan Perkembangannya

Aplikasi ini menyimpan gambar dengan format yang beragam mulai dari PNG, JPG, BMP, dan lain sebagainya. Sementara itu, video yang direkam menggunakan aplikasi ini mendukung frame rate mulai dari 5 hingga 60 fps dengan dukungan format yang tak kalah beragam yakni MP4, WMV, AVI, dan FLV. Kamu bahkan juga memiliki opsi untuk merekam audio dengan format yang berbeda-beda seperti MP3, AAC, FLAC, dan lain sebagainya. Aplikasi ini mendukung platform Windows 10, dan MacOS.

Leave a Comment