Apple MacBook 12 Inci, Review Spesifikasi & Harga Terbaru

Apple MacBook terbaru hadir dengan luas bentang layar Retina 12 inci dan bodi lebih tipis. Apple MacBook baru ini memiliki bodi yang hanya setipis 13.1 mm dan berat tidak sampai 1 kg. Kekuatan baterai dan performa adalah hal yang ditonjolkan pada laptop ini. MacBook 12 inci didukung prosesor Intel Core m3, i5, dan i7 generasi ke-7 serta penyimpanan SSD sehingga performanya meningkat 20% dibanding pendahulunya.

Apple MacBook 2017 Harga Spesifikasi Terbaru

Hal lain yang cukup menarik di laptop ini adalah laptop ini hanya memiliki satu port USB. Satu port USB tipe C yang dimilikinya bisa digunakan untuk mengisi daya, transfer data hingga 5 Gb/detik, output video, dan menghubungkan MacBook ke perangkat lain. Walaupun unik dan terkesan simpel, namun ini cukup menyulitkan untuk kamu jika ingin melakukan banyak hal dalam satu waktu. Supaya bisa dihubungkan ke banyak perangkat sekaligus, kamu harus membeli adapter tambahan untuk menghubungkan port USB tunggal ini ke banyak perangkat.

Harga MacBook 12 Inci Terbaru

Apple MacBook tersedia dalam banyak model. Perbedaan di setiap model tersebut terletak di jenis prosesor dan besar kapasitas penyimpanan yang digunakan. Sebagai contoh, untuk model dengan spesifikasi paling rendah (Intel Core m3, 256 GB SSD, dan 8GB RAM) dijual dengan harga Rp 19.900.000. Tentunya untuk spesifikasi yang lebih tinggi, kamu harus rela merogoh kocek lebih dalam. Dengan harga sebesar ini, kelebihan apa saja yang akan kamu dapat? Simak review spesifikasi MacBook 12 inci berikut ini.

Prosesor Intel Core Generasi Ke-7

MacBook yang dikeluarkan pertama kali pada Juni 2017 ini ditenagai oleh beragam varian prosesor Intel Core generasi ke-7. Arsitektur Kaby Lake yang ada di prosesor tersebut memungkinkan MacBook bekerja lebih cepat dibanding pendahulunya. Untuk model spesifikasi terendahnya, MacBook ditenagai prosesor Intel Core m3 yang memiliki dua buah inti berkecepatan maksimal 3.0 GHz. Sementara itu, untuk varian lain yang lebih tinggi ada yang ditenagai prosesor Intel Core i5 (up to 3.2 GHz) dan Intel Core i7 (up to 3.6 GHz).

Baca Juga  Review Gigabyte Aorus X9 DT (Harga dan Spesifikasi)

Apple MacBook 2017 Harga Spesifikasi Terbaru

Teknologi prosesor 14 nanometer dari Intel diyakini membuat MacBook berjalan lebih kencang namun tetap efisien. Prosesor di dalam MacBook bisa bekerja dengan efisiensi daya super kecil sehingga tidak MacBook tidak lagi membutuhkan kipas pendingin. Keuntungan dari desain MacBook yang tanpa kipas ini adalah membuat konsumsi baterai lebih hemat, tidak berisik, dan tidak menghasilkan panas berlebih. Di dalam MacBook tersedia memori RAM LPDDR3 1866 MHz hingga 16 GB dan penyimpanan SSD dengan pilihan kapasitas hingga 512 GB.

Layar Super Retina 12 Inci

MacBook keluaran 2017 hadir dengan layar Retina seluas 12 inci. Resolusi layar yang tinggi yakni 2304 x 1440 piksel memiliki lebih dari 3 juta piksel dari ujung ke ujung layar. Setiap gambar yang ditampilkan diyakini akan terlihat lebih jernih dan tajam. Apple merancang setiap piksel pada layar memiliki bukaan yang lebih besar. Tujuannya membuat lebih banyak cahaya tembus keluar sehingga dapat menghemat penggunaan lampu latar LED. Teknologi ini membuat layar MacBook lebih hemat listrik namun memiliki tingkat kecerahan warna yang sama.

Keyboard dan Trackpad Lebih Besar

Keyboard adalah bagian penting dalam sebuah laptop. Oleh karena itu, Apple merancang keyboard MacBook keluaran 2017 ini dengan bentuk yang lebih ergonomis. Keyboard yang lebih mendominasi memberikan kamu kenyamanan saat mengetik dalam laptop yang berukuran ringkas. Keyboard MacBook memiliki mekanisme kupu-kupu generasi kedua. Saat kamu menekan tombol, tombol tersebut akan memantul kembali dengan cepat dan ringan.

Apple MacBook 2017 Harga Spesifikasi Terbaru

Selain itu, Trackpad Force Touch dapat mendeteksi tekanan jari dan menerjemahkannya ke perintah yang sesuai dengan keinginan kamu. Trackpad MacBook dapat mengenali tekanan sekecil apapun. Sedikit tekanan jari bisa memunculkan perintah dari aplikasi, tanpa harus mengangkat jari sama sekali. Selain itu, Taptic Engine bisa memberikan feedback yang sesuai dengan apa yang kamu lihat di layar.

Baca Juga  Asus Laptop E402, Review Spesifikasi & Harga Terbaru

Kelebihan Lain MacBook 12 Inci

Untuk urusan port konektivitas, MacBook hanya menyediakan satu port USB tipe C tunggal yang bisa digunakan untuk berbagai macam hal, mulai dari isi daya hingga output video. Walaupun unik, namun akan terkesan merepotkan terutama untuk kamu yang terbiasa mencolokan banyak perangkat ke dalam satu laptop. Sebagai alternatif lain, untuk transfer data kamu bisa menggunakan koneksi nirkabel seperti Wi-Fi 802.11ac dan Bluetooth. Seluruh varian MacBook keluaran 2017 didukung sistem operasi macOS High Sierra dengan fitur lebih canggih dan intuitif.

Apple MacBook 2017 Harga Spesifikasi Terbaru

Spesifikasi Apple MacBook 12 Inci

Platform
Tipe Laptop
OS macOS High Sierra
Tipe Prosesor Intel Core Kaby Lake Generasi ke-7
Prosesor OnBoard Intel Core m3, i5, dan i7 Dual-Core up to 3.6 GHz, Cache L3 4 MB
Grafis Intel HD Graphics 615
Memori
RAM 8GB
Tipe RAM LPDDR3 1866 MHz
HDD
SSD SSD PCIe 256 GB/512 GB
Grafis
GPU
Ukuran Layar 12 inci
Resolusi Layar 2304 x 1440 piksel, 226 ppi
Bodi
Ukuran 28.05 x 19.65 x 1.31 cm
Berat 0.92 kg
Pilihan Warna Gold Rose, Grey, Gold, dan Silver
Lainnya
Speaker Speaker stereo
WebCam Kamera FaceTime 480p
Wi-Fi Wi-Fi 802.11ac, IEEE 802.11a/b/g/n
Bluetooth Bluetooth 4.2
Keyboard Yes
Touchpad Trackpad Force Touch
Port USB Type C
Battery Lithium-Polimer 41.4 watt jam

Leave a Comment