Bagaimana Cara Menghapus Partisi Hardisk di Laptop atau PC ?

Artikel Laptopnesia kali ini akan membahas cara menghapus partisi hardisk. Mungkin kamu udah ngerasian bahwa partisi yang kamu buat sewaktu instal Windows udah nggak dibutuhkan, dan kamu pengin menghapusnya. Atau bagi kamu yang baru saja membeli laptop atau PC build-up yang biasanya hardisknya sudah dipartisi oleh sang penjual, dan kamu rasa ada satu partisi yang nggak kamu butuhkan dan mau menghapusnya, membaca artikel ini adalah hal yang tepat.

Bagaimana Cara Menghapus Partisi Hardisk di Laptop atau PC

Partisi pada dasarnya memiliki fungsi untuk memudahkan kamu dalam mengelompokkan data atau file yang ada pada hardisk atau SSD kamu. Selain itu, dengan melakukan partisi pada media penyimpanan, kamu bisa memisahkan mana partisi yang buat system dan buat file pribadi kamu agar nggak tercampur. Sebelumnya kami sudah pernah membuat artikel tentang cara partisi hardisk pada Windows 10 bagi kamu yang ingin melakukan partisi.

Cara Menghapus Partisi Hardisk di Laptop atau PC

Sebenarnya menghapus partisi hardisk di laptop atau PC tidaklah susah, namun kamu harus menginstal dulu sebuah aplikasi atau program bernama Disk Management Administrative Tool. Aplikasi ini bisa digunakan pada semua jenis Windows, mulai dari XP, Vista, 7, 8, hingga 10.

Apabila kamu masih menggunakan Windows 8 yang mana secara antarmuka memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan versi-versi sebelumnya, hal yang kamu lakukan adalah pergi ke Start Screen dan ketik Hard Disk Management, selanjutnya klik kategori Setting dan lalu buka Create and Format Hardisk Partitions. Sedangkan bila kamu menggunakan Windows XP, Vista, 7 atau 10, kamu tinggal buka start menu lalu pergi ke Control Panel. Kemudian pilih Administrative Tool dan lakukan double click pada menu Computer Management. Lalu klik menu Disk Management.

Baca Juga  Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word dan Excel

Pada artikel ini kamu juga akan membahas lagi bagaimana cara partisi hardisk, agar kamu nggak kebingungan. Nah berikut cara membuat partisi hardisk di Windows.

Cara Partisi Hardisk di Windows

  1. Hal yang pertama kali kamu lakukan adalah klik kanan pada ruang hardisk pada Computer Management, setelah itu akan muncul menu New Partition, selanjutnya klik menu tersebut. Bagaimana Cara Menghapus Partisi Hardisk di Laptop atau PC
  2. Setelah muncul jendela baru, klik Next. Bagaimana Cara Menghapus Partisi Hardisk di Laptop atau PC
  3. Selanjutnya kamu akan menentukan partisi yang kamu buat apakah primary atau extended. Kami sarankan pilih primary, dan lalu klik Next. Bagaimana Cara Menghapus Partisi Hardisk di Laptop atau PC
  4. Lalu akan muncul jendela baru yang meminta kamu untuk menentukan kapasitas hardisk yang akan kamu partisi. Lalu klik Next. Bagaimana Cara Menghapus Partisi Hardisk di Laptop atau PC
  5. Tentukan drive path, klik Next.
  6. Tentukan file System, dan beri nama di kolom volume label. Klik Next.
  7. Jika sudah selesai klik Finish.

Setelah membuat partisi hardisk tanpa harus memformatnya, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menghapus partisinya. Caranya juga nggak sulit kok, berikut cara-caranya.

Cara Menghapus Partisi Hardisk di Laptop atau PC

  1. Seperti membuat partisi hardisk, hal yang harus kamu lakukan adalah membuka Disk Management.
  2. Klik kanan pada partisi yang akan kamu hapus, dan selanjutnya pilih Delete Partition.
  3. Setelah itu, kamu akan dipertingatkan apa kamu yakin untuk menghapus partisi tersebut atau tidak pada jendela baru. Jika kamu yakin ingin menghapus, klik Yes.

Cara Format Partisi hardisk di Laptop atau PC

Sebelumnya kami telah membahas bagaimana membuat partisi baru tanpa harus memformat dan juga menghapus. Nah sekarang kami akan membahas cara format partisi Hardisk di Windows. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Seperti kedua cara sebelumnya, kamu melakukan format partisi hardisk di laptop dengan cara masuk ke Disk Mangement.
  2. Kemudian klik kanan pada partisi yang mau kamu format. Lalu pilih Format.
  3. Selanjutnya, isi kolom Volume label dengan nama drive yang akan kamu format, dan lalu pilih yang mana yang kamu inginkan. Klik OK.
  4. Lalu, tunggu proses memformat sampai selesai.
Baca Juga  Cara Memasang atau Mengganti Kipas Komputer

Untuk melakukan format dan menghapus partisi kami sarankan lakukan dengan bijak agar kamu nggak menyesal. Dan sebelum melakukan format sebaiknya lakukan backup file agar tidak terhapus. Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang cara menghapus partisi hardisk di laptop atau PC kamu. Tidak sulit bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika masih bingung, coba tanya kami di kolom komentar.

Leave a Comment