Home » Info » Kenapa Baterai Laptop Cepat Habis ? Yuk Kenali, Berikut Solusinya !

Kenapa Baterai Laptop Cepat Habis ? Yuk Kenali, Berikut Solusinya !

Kenapa Baterai Laptop Cepat Habis, Yuk Kenali 2

Baterai laptop cepat habis? Pasti ini cukup mengganggu ya, apalagi kamu baru pakai laptop kamu setahun atau kurang. Yang lebih parahnya lagi baterai laptop ngedrop nggak sampai 5 menit. Hal ini juga sering mengganggu kegiatan kamu pastinya. Apalagi bagi kamu yang doyan nge-game dan dilakukan mobile, pasti itu menyebalkan banget. Ya, mau nggak mau, kamu mesti bawa kabel adaptor laptop kamu, dan itu yang membuat laptop yang digunakan lebih baik menggunakan aliran listrik. Nah, kali ini Laptopnesia akan membahas faktor-faktor apa yang membuat baterai laptop. Namun, kamu harus cek dulu apakah hal-hal berikut yang menjadi faktornya:

  1. Laptop kamu banyak virusnya kah?
  2. Sering melakukan multitasking aplikasi berat?
  3. Ketika baterai kamu low, apakah nggak langsung kamu isi dayanya?
  4. Apa di laptop kamu ada aplikasi yang membutuhkan spesifikasi yang tinggi bahkan lebih tinggi dari laptop kamu?

Nah kemungkinan hal-hal tersebut bisa menjadi alasan mengapa baterai laptop kamu cepat habis. Masih ada faktor-faktor lain, tenang saja kami akan menyebutkan faktor-faktor lain tersebut kok. Tetap ikuti kami saja ya.

Kenapa Baterai Laptop Cepat Habis, Yuk Kenali 2

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Pengguna laptop seringkali abai terhadap kesehatan laptopnya dan ini yang membuat baterai meraka juga cepat habis. Keabaian itu nggak cuma karena ketidaktahu namun juga keteledoran sang pengguna. Namun, bagi kamu yang belum tahu berikut alasan mengapa baterai laptop kamu cepat habis:

  1. Laptop kamu digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat.
  2. Suhu baterai karena pemakaian yang berlebihan.
  3. Penggunaan laptop terlalu lama.
  4. Menggunakan laptop ketika di-charge.
Baca Juga  Fungsi Adobe Illustrator - Aplikasi Desain Grafis Dari Adobe

Cara Mendiagnosa Kesehatan Baterai Laptop

Di samping itu kamu bisa mendiagnose sendiri sumber permasalahan mengapa baterai laptop kamu cepat habis. Nah kami akan memberitahu bagaimana mencari tahu mengapa baterai kita boros tanpa harus aplikasi third party atau pihak ketiga. Kamu tinggal menggunakan command prompt yang sudah tersedia di Windows. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Command Prompt Administrator

1. Windows XP/Vista/7

Klik Start > All Programs > Accessories > Command Prompt. Lalu klik kanan dan pilih Run as Administrator.

2. Windows 8/8.1

Tekan Windows + X (secara bersamaan), pilih Command Prompt (Admin).

2. Selanjutnya Ketik Perintah ‘powercfg -energy’ > tekan Enter. Dalam menjalankan proses ini kamu harus menunggu selama 60 detik atau 1 menit. Nanti Windows akan melaporkan detil penggunaan dayanya. Kemudian, setelah proses ini selesai, kamu akan melihat penjelasan hasil diagnosis yang diantaranya merupakan jumlah error, warning, dan yang lainnya. Kenapa Baterai Laptop Cepat Habis, Yuk Kenali

1.Error merupakan penyebab mengapa baterai kamu mengalami pemborosan daya.
2.Warnings adalah saran agar kamu bisa mengoptimalkan baterai laptop kamu.
3.Informational adalah keterangan tambahan hardware dan software yang terpasang.

Bagaimana melihat Laporan Secara Mendetil?

Untuk melihat hasil laporan secara detil kamu dapal melihatnya melalui file energy-report berupa html yang dihasilkan dari proses diagnosis tadi. Kamu cukup membuka link C:\\Windows\System32\energy-report.html dengan menggunakan browser atau membukanya dengan cara manual melalui browser dari Windows.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis atau bocor

Bagaimana jika baterai yang digunakan sudah terlanjur cepat habis atau bocor? Jangan khawatir teman-teman, kamu masih bisa melakukan beberapa cara kok supaya baterai laptop yang cepat habis kamu dapat teratasi. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

  1. Mengisi Penuh Baterai Laptop
    Untuk mencegah baterai laptop cepat habis, sebisa mungkin sebelum menggunakan laptop, kamu isi daya baterai kamu terlebih dahulu hingga 100%. Jika baterai kamu baru sebentar saja sudah penuh, coba terlebih dahulu kamu pastikan laptop kamu benar-benar penuh dengan cara menunggu lagi selama 2 jam.
  2. Mengatur Daya Baterai
    Untuk memperbaiki baterai laptop cepat habis, kamu harus mengatur opsi daya di laptop kamu. Klik tanda baterai pada pojok kanan bawah, dan aktifkan ke mode balance, selanjutnya atur Turn off the display pada baterai menjadi Never juga atur Put the computer to sleep menjadi Never.
  3. Menyiapkan Hibernate & Opsi Low Battery
    Kemudian lakukan konfigurasi pilihan Hibernate dengan cara Power Optios > Change Plan Settings > Advance Settings > Battery > Set it to hibernate. Selanjutnya atur Low battery level 5%.
  4. Biarkan Baterai Laptop Kamu Habis Dengan Sendirinya
    Selanjutnya biarkan laptop kamu menyala dan baterai habis dengan sendirinya. Kemudian, isi kembali daya baterai kamu hingga penuh lagi. Pastikan kamu tidak menggunakan laptop selama proses kalibrasi berjalan. Setelah proses kalibrasi baterai selesai, kamu bisa mengembalikan Power Plan pada pilihan semula.
  5. Install Smarter Baterry
    Nah setelah itum download aplikasi Smarter Battery. Aplikasi ini berfungsi sebagai pemantau baterai untuk laptop yang ditujukan untuk memberi semua data baterai kepada kamu. Aplikasi ini juga mampu untuk memperpanjang dan menghemat baterai kamu.
Baca Juga  7 Laptop Asus Intel Core i3 Murah & Terbaik di Tahun 2021

Demikian artikel Laptopnesia kali ini mengenai baterai laptop cepat habis. Kini kamu bisa memperbaiki baterai laptop kamu, dan menjadikannya seperti sediakala. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *