Cara Membuat Subtitle Film Seperti Lebah Ganteng Di Laptop

Nonton film barat tanpa subtitle seperti makan sayur tanpa garam. Kalau kamu jarang berbahasa Inggris suka nggak ngerti apa yang diomongin sama pemain filmnya. Selain itu, bagi kamu yang doyan bikin video, subtitle penting banget buat dipasang. Kamu bisa ngejelasin omongan yang lagi diperbincangkan di video biar penonton tahu maksudnya. Kadang bingung juga membuat subtitle karena nggak seperti yang kita kira, tapi jangan khawatir bro kami bakal kasih tahu kamu cara membuat subtitle film. Makanya simak ya.

Tutorial Membuat Subtitle Film Seperti Lebah Ganteng

Tutorial Membuat Subtitle Film (Dengan Notepad)

Kamu bisa membuat subtitle dengan menggunakan notepad yang sudah terinstal windows. Fungsi notepad ini emang macem-macem bro, dari cuma nyatet catetan kamu, sampe coding pemrograman. Dengan notepad ini tulisan kamu akan terlihat sederhana tanpa adanya warna. Format notepad yang bakal dijadiin subtitle nanti SubRip (.srt.) bro. Oke, tanpa basa basi lagi ikuti langkah-langkahnya.
1. Mulai baris pertama pada notepad kamu dengan angka 1.
2. Dibawahnya masukkan waktu subtitle dan tulislah dalam format jam:menit:detik,mili detik. Contoh 00:00:20,000
3. Setelah itu tulis teks subtitle yang kamu mau dibawah format waktu tadi.
4. Beri jarak 1 spasi untuk menulis subtitle yang kedua.
5. Ulangi langkah untuk subtitle-subtitle selanjutnya.

Setelah kamu menyelsaikan subtitle tadi, simpan file tersebut dengan format .srt dan encoding UTF-8. Nama file subtitle yang kamu buat harus sama nama video atau film yang kamu maksud. Simpan file tersebut di folder yang sama dengan video atau film tadi. Subtitle tersebut juga bisa diupload ke YouTube juga kok.

Baca Juga  Cara Memperbaiki File Corrupt di Laptop Kamu dengan Mudah

Tutorial Membuat Subtitle Film (Dengan Aegisub)

Selain dengan notepad, kamu juga bisa membuat subtitle dengan Aegisub bro. Aegisub merupakan software/aplikasi yang harus kamu download dulu. Kamu bisa mendownload aplikasinya disini. Dengan Aegisub, kamu bisa membuat subtitle dengan lebih profesional karena aplikasi ini memiliki fitur-fitur seperti mengganti warna dan font subtitle kamu. Nah menggunakan aplikasi ini perbedaannya cukup signifikan dengan menggunakan notepad. Ayo ikutin langkah-langkahnya ya.
1. langkah cara membuat subtitle film pertama adalah kamu buka video yang bakal kamu mau kasih subtitle. Video > Open Video. Atau dengan lebih mudah, kamu bisa menambahkan audionya dengan cara membuka menu Audio > Open From Video.

Tutorial Membuat Subtitle Film Seperti Lebah Ganteng
2. Setelah itu atur font, warna, dan ukuran teks subtitlenya. Berbeda dengan menggunakan notepad kamu bisa berkreasi disini.

Tutorial Membuat Subtitle Film Seperti Lebah Ganteng
3. Tulis subtitle sesuai dengan kebutuhan kamu. Caranya mudah kok. Pada Audio Box klik pada awal subtitle, lalu klik kanan pada akhir subtitle tersebut. Selanjutnya tulis subtitle yang mau kamu tulis pada bagian Edit Box. Untuk menampilkan dua baris teks, tulislah \N diawal teks baris kedua. Jika sudah selesai tekan enter atau Commit untuk menyimpan.

Tutorial Membuat Subtitle Film Seperti Lebah Ganteng
4. Atur posisi subtitle dengan cara klik Video Box lalu pilih dimana posisi teks subtitle tersebut. Pastikan ya bro posisinya pas.

Tutorial Membuat Subtitle Film Seperti Lebah Ganteng
5. Lalu setelah selesai simpan subtitle yang udah kamu buat dengan cara ketik Ctrl + S. Nanti subtitle kamu akan keluar sebagai .ass.

Tutorial Membuat Subtitle Film Seperti Lebah Ganteng

Bagaimana? Mudah bukan. Kini kamu bisa jadi ahli membuat subtitle kaya si Lebah Ganteng, Pein Akatsuki, Rizal Adam, dan yang lain. Demikian artikel kami tentang cara membuat subtitle dari kami. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment