Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca di Laptop/PC

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di laptop atau PC sangat penting kamu ketahui. Apalagi jika kamu sehari-hari terbiasa menangani banyak data dan butuh media penyimpanan portabel untuk transfer data. Flashdisk sudah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh pelajar, mahasiswa, hingga karyawan. Kapasitas atau daya tampung yang semakin besar, bentuk yang makin ringkas, dan kompatibel dengan banyak jenis laptop atau PC memudahkan setiap orang untuk tukar menukar data. Sebagai sarana penyimpanan portabel yang umum dipakai oleh banyak orang, tentunya tak jarang berbagai masalah juga kerap menghampiri barang satu ini.

Cara Memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca

Keluhan seperti flashdisk yang tidak terbaca di komputer merupakan salah satu masalah yang cukup banyak dialami oleh setiap orang. Bahkan bisa dibilang, setiap orang pasti pernah mengalami flashdisknya rusak atau tidak bisa terbaca oleh laptop atau PC. Namun jangan terlalu cepat menyimpulkan flashdisk kamu rusak, karena bisa saja flashdisk yang tidak terbaca bisa diperbaiki.

Ada beberapa penyebab flashdisk tidak terbaca di komputer. Beberapa di antaranya adalah: flashdisk yang rusak akibat terkena benturan benda keras sehingga menyebabkan komponen elektronik di dalamnya rusak. Penyebab kedua adalah sering mencabut pasang flashdisk dari laptop/PC tanpa di-eject secara benar atau safely remove disk terlebih dulu. Penyebab ketiga adalah komponen colokan USB yang aus sehingga tidak menempel dengan benar ke Port USB yang ada di laptop atau PC kamu. Kemudian, penyebab terakhir adalah flashdisk yang kamu beli abal-abal alias KW sehingga bisa dipastikan cepat rusak walaupun baru beberapa kali dipakai.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca: Melalui Computer Management

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca melalui Computer Management merupakan cara yang paling mudah. Caranya pun cukup mudah, cukup hubungkan flashdisk ke port USB di komputermu dan gunakan tools bawaan Windows yaitu Computer Management. Ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Setelah flashdisk dicolok ke USB di komputer, klik Start > Run lalu Enter
  2. Di menu Run ketik compmgmt.msc lalu Enter
  3. Di Tab sebelah kiri pilih menu Disk Management di bawah Storage
  4. Jika flashdisk kamu masih dalam keadaan baik, maka akan terdeteksi sebagai drive baru
  5. Setelah itu, klik kanan pada drive flashdisk tersebut lalu pilih Create Partition
  6. Format flashdisk dengan cara klik kanan lalu pilih Format.

Cara Memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca

Pilihan Format ini akan menghapus semua data yang disimpan di dalam flashdisk. Pastikan kamu memiliki cadangan data sebelum memformat flashdisknya. Setelah flashdisk diformat, kondisi flashdisk akan kembali seperti semula.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca: Control Panel

Cara kedua untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca adalah melalui Control Panel. Sebelum mulai memperbaiki flashdisk, terlebih dahulu sambungkan flashdisk kamu ke laptop atau PC. Setelah itu ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka menu Control Panel
  2. Setelah itu, klik opsi Add Hardware > Next
  3. Kemudian pilih “Yes, i have already connected the hardware.

Cara Memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca

Jika flashdisk kamu masih bisa terdeteksi, maka akan muncul menu Autorun. Di samping itu juga akan muncul pernyataan flashdisk kamu mendukung koneksi transfer data yang lebih cepat. Setelah itu juga akan muncul ikon Removable Hardware pada System Tray dan muncul Drive baru di Windows Explorer atau My Computer.

Baca Juga  Cara Memasang Prosesor Intel atau AMD di Komputer

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca: Tools HDD Low Level Format

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca selanjutnya adalah dengan bantuan aplikasi HDD Low Level Format. Tools ini membantu memperbaiki flashdisk yang rusak dan membuatnya dapat terbaca lagi oleh PC atau laptop kamu. Sebelum memperbaiki flashdisk, download dan instal terlebih dulu aplikasi HDDGURU Low Level Format yang bisa kamu temukan di internet.

Setelah diinstal di komputer, jalankan program dan jalankan “Run as Administrator.” Setelah itu, pada jendela aplikasi pilih USB dan klik Continue. Tunggu aplikasi memperbaiki flashdisk sampai selesai. Setelah proses perbaikan selesai, kamu bisa memformat flashdisk seperti biasa. Klik kanan pada flashdisk di Windows Explorer > Format.

Cara Memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca

Perlu diketahui sebelumnya, selain bisa disebabkan oleh benturan dan cara pemakaian yang salah, flashdisk yang tidak bisa terbaca juga bisa disebabkan oleh virus. Oleh sebab itu, penting untuk mengecek atau membersihkan dulu komputer dan flashdisk kamu dari virus sebelum memperbaiki flashdisk dengan 3 cara di atas. Semoga tutorial cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca ini berguna.

Leave a Comment