Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector di Laptop Windows 7, 8, 10

Bagaimana cara memperbaiki hardisk bad sector? Bad sector atau bisa diterjemahkan menjadi sektor buruk yang ada pada hardisk adalah suatu bagian kecil yang terdapat kecacatan. Sektor tersebut tidak mau merespon permintaan sistem untuk membaca atau menulis data. Bad sector tak hanya bisa terjadi pada hardisk konvensional saja, melainkan SSD pun bisa mengalaminya juga. Ada dua tipe bad sector yang perlu kamu ketahui, di mana yang satu disebabkan oleh kerusakan fisik dan tidak bisa diperbaiki, sedangkan satunya lagi disebabkan oleh eror software dan masih bisa diperbaiki.

Tipe Bad Sector Hardisk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ada dua tipe bad sector pada hardisk yang sering juga disebut dengan hard bad sector dan soft bad sector.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Hard bad sector adalah sebagian dari ruang penyimpanan pada hardisk yang terdapat kerusakan fisik. Penyebabnya bisa jadi ujung jarum dari hardisk menyentuh bagian tersebut kemudian menyebabkan kerusakan, debu yang masuk ke dalam disk dan membuat lecet, sel memori flash pada SSD yang rusak, atau masalah kecacatan lain yang menyebabkan sektor pada hardisk menjadi bermasalah.

Sementara soft bad sector adalah sebagian dari ruang penyimpanan pada hardisk yang tidak bekerja dengan sebagaimana mestinya. Pada umumnya sistem operasi akan mencoba untuk membaca data yang tersimpan di hardisk pada sektor tertentu namun ternyata terdapat masalah yang membuat data tersebut tidak terbaca. Hal ini bisa diperbaiki dengan cara menimpa sektor tersebut atau bisa disebut dengan format tingkat rendah. Selain itu kamu juga bisa memperbaikinya menggunakan aplikasi Disk Check yang ada pada Windows.

Baca Juga  Fungsi Modem Komputer Untuk Kebutuhan Berinternet Kita Sehari-hari

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Beruntungnya, Windows telah menyertakan sebuah aplikasi yang disebut dengan Disk Check untuk memperbaiki bad sector pada hardisk. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan sehingga kamu tak perlu menginstalnya secara manual. Disk Check bisa kamu gunakan untuk memperbaiki soft bad sector agar kamu bisa menggunakan ruang penyimpanan yang ada seperti sedia kala.

Fungsi dasar dari Disk Check adalah untuk memindai keutuhan dari sistem file dan metadata sistem file pada sebuah volume disk dan memperbaiki jika ditemukan adanya eror. Eror tersebut meliputi juga bad sector dan dapat mengenali apakah bad sector tersebut termasuk ke dalam tipe hard atau soft.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan dengan sangat mudah. Untuk memulai cara memperbaiki hardisk bad sector, pertama-tama masuk ke Disk Check dengan membuka File Explorer kemudian klik kanan pada drive yang ingin kamu cek, lalu pilih opsi Properties.

Pada window Properties, alihkan tab ke Tools kemudian klik tombol Check. Pada Windows 7, tombol tersebut bertuliskan Check now.

Pada Windows 8 dan 10, Windows akan memberitahumu bahwa tidak ada eror pada hardisk. Namun kamu tetap dapat menjalankan pemindaian secara manual dengan cara menekan tombol Scan drive. Proses ini akan menjalankan pemindaian tanpa langsung memperbaiki masalah jika ada, sehingga tidak akan merestart laptop.

Pada Windows 7, ketika kamu klik tombol Check now, kamu akan segera melihat window baru yang memintamu untuk memilih beberapa opsi tambahan apakah kamu ingin membetulkan sistem file yang eror secara otomatis dan juga melakukan pemindaian bad sector. Jika kamu ingin menjalankan pemindaian disk yang menyeluruh, maka pilihlah kedua opsi tersebut lalu klik Start. Proses pemindaian akan memakan waktu yang cukup lama.

Baca Juga  Cara Menambah RAM Laptop (Bikin Laptop Kamu Kenceng Lagi)

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Bad sector adalah satu hal yang sangat lumrah terjadi pada hardisk yang kamu gunakan di laptop maupun pc. Kamu juga tidak perlu panik jika ternyata ada bad sector pada hardisk. Selain menjalankan cara memperbaiki hardisk bad sector seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu juga perlu melakukan tindakan preventif seperti membackup semua file penting jika terjadi hal yang tak diinginkan. Dan perlu kamu ketahui juga jika peningkatan bad sector cukup tinggi, maka itu adalah gejala bahwa usia pakai hardisk akan segera berakhir. Jadi selamatkan semua data penting selagi sempat.

Leave a Comment