Cara Menambah RAM Laptop (Bikin Laptop Kamu Kenceng Lagi)

Jika kamu merasa laptop kamu mulai lemot performanya, maka sebaiknya jangan langsung menerima kondisi tersebut begitu saja. Sungguh sangat mungkin jika kamu menambah RAM laptop, maka kamu akan mendapatkan dorongan performa yang membantumu melakukan kegiatan komputasi dengan lebih baik.

Akan tetapi apakah laptop kamu mendukung pemasangan RAM tambahan? Tergantung. Desain laptop sangatlah variatif, termasuk juga komponen-komponen yang dapat diakses dan juga ditambahkan. Karena tidak semua laptop dirancang dengan desain dan fitur yang sama.

Kami tidak bisa mengatakan bahwa semua laptop mendukung pemasangan komponen tambahan seperti RAM atau SSD, namun pada umumnya, laptop kelas menengah cenderung dirancang dengan desain yang lebih modular dan menawarkan opsi untuk menambahkan komponen tersebut.

Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Laptop Kamu Menyediakan Slot untuk RAM?

Sebelum kamu mengeluarkan uang untuk membeli RAM, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu apakah laptop kamu memberikan slot ekstra untuk penambahan komponen tersebut. Kamu bisa menggunakan pemindai memori gratis dari Crucial untuk menjawab pertanyaan ini.

Cara Menambah RAM Laptop

Dengan menjalankan pemindai tersebut pada laptop kamu, maka kamu akan diberitahu ada berapa slot memori yang tersedia dan apakah di antaranya ada yang kosong. Laptop dengan harga terjangkau biasanya menambahkan fitur ini untuk meningkatkan fleksibilitasnya dan juga memangkas harga jualnya. Namun satu hal yang perlu kamu ketahui adalah meskipun terdapat slot memori yang kosong, tetapi mengakses slot tersebut juga terkadang bukanlah hal mudah karena ada laptop yang mengharuskanmu membuka seluruh bagian bawah laptop, ada pula yang menawarkan fitur pintu akses yang jauh lebih mudah.

Berapa Banyak RAM yang Dibutuhkan Laptop Kamu?

Memori atau RAM merupakan komponen yang paling mudah dan murah untuk ditambahkan pada laptop ketika para pengguna laptop tersebut merasa performanya kian menurun.

Pada umumnya, laptop yang tersedia dengan harga yang terjangkau hadir dengan memori 4 GB dalam sebuah modul DDR4 SO-DIMM dan meninggalkan sebuah slot kosong untuk memberikan fleksibilitas bagi penggunanya.

Baca Juga  Cara Mempercepat Koneksi WiFi (Mudah dan Praktis)

Cara Menambah RAM Laptop

Meskipun tidak ada aturan pasti terkait berapa banyak RAM yang dibutuhkan untuk memiliki performa laptop mulus, tetapi 4 GB kini telah menjadi kapasitas paling minimal bagi sebagian besar laptop untuk dapat menjalankan aplikasi pada Windows 10. Sebagai informasi, Windows 10 akan tetap bekerja hanya dengan memori 2 GB saja, atau bahkan 1 GB. Namun jika seperti itu, pengguna laptop tersebut akan langsung merasakan performa yang sangat lambat ketika aplikasi dan data berlalu-lalang ke hard drive dikarenakan kurangnya kapasitas RAM. Jika kamu ingin membuka sejumlah aplikasi secara bersamaan, maka RAM sebesar 2 GB sepertinya masih kurang.

Kami merekomendasikan kapasitas minimal RAM sebesar 4 GB untuk menjalankan Windows 10, dan kapasitas optimal RAM sebesar 8 GB, khususnya jika kamu menjalankan aplikasi yang lebih menuntut seperti Photoshop, jika kamu ingin aplikasi yang kamu jalankan tersebut berjalan dengan responsif.

Ada satu hal lagi yang perlu kamu ketahui jika kamu memiliki laptop kelas menengah yaitu bandwidth memori. CPU modern dapat bekerja menggunakan channel memori mulai dari satu hingga empat. Semakin banyak channel memori yang digunakan, maka semakin banyak pula bandwidth yang didapatkan.

Jika saat ini laptop kamu memiliki dua slot, namun hanya satu slot memori yang terisi, maka prosesornya akan bekerja pada mode single-channel. Kemudian dengan mengisi slot kedua tersebut, kamu akan mengubah mode laptop tersebut menjadi dual-channel dan meningkatkan performanya untuk menjalankan tugas 3D seperti bermain game. (Aplikasi office tidak akan menunjukkan perubahan signifikan ketika bandwidth memori bertambah.)

RAM Laptop Seperti Apa yang Harus Dibeli?

Jika kamu sudah mengetahui ada slot tambahan yang bisa diisi dengan memori, maka sekarang saatnya untuk membeli memori tersebut. Sebagian besar laptop produksi terbaru kini dibekali dengan memori dengan kecepatan DDR4/2133 atau DDR4/2400. Kamu mungkin tertarik untuk membeli memori dengan kecepatan yang lebih tinggi dari itu yang dapat memberikan keuntungan performa lebih baik lagi. Tetapi kamu juga perlu tahu bahwa tidak semua CPU mendukung kecepatan tersebut. Sebagai contoh prosesor Core i3 generasi ke-8 hanya mendukung kecepatan DDR4/2400, dan tidak akan memberikan manfaat lebih untuk memori dengan kecepatan yang lebih tinggi dari itu. Jadi jangan sampai kamu malah rugi dengan membeli memori yang lebih mahal, kecuali kamu sudah tahu bahwa prosesor yang kamu miliki mendukung kecepatan memori yang tinggi.

Baca Juga  Cara Mendownload Video dari Internet di Komputer Mudah dan Praktis

Cara Menambah RAM Laptop

Selain itu, kamu juga mungkin juga akan tertarik dengan modul memori yang memiliki latensi lebih rendah atau modul dengan desain penyebar panas yang terlihat mewah. Tetapi perlu diketahui bahwa bagian-bagian tersebut kurang memberikan kontribusi terhadap performa yang kamu dapat nantinya.

Kami sangat merekomendasikan kamu untuk membeli produk memori yang menawarkan layanan garansi ketika kamu menghadapi masalah ketika digunakan. Kemudian untuk kapasitasnya, sebaiknya kamu menambahkan kelipatan yang sama dengan kapasitas memori yang ada di laptop kamu saat ini. Jika di laptop kamu terdapat memori sebesar 4 GB, maka menambahkan memori 4 GB menjadi hal yang paling masuk akal.

Apabila kamu ingin menambahkan kapasitas memori yang lebih besar dari itu, misalkan kamu menambahkan memori sebesar 8 GB pada memori 4 GB yang kamu miliki saat ini. Memang memori tersebut akan bekerja secara normal, akan tetapi porsi performa yang kamu dapatkan dari memori 8 GB tersebut tidak akan optimal.

Bagaimana Cara Memasang RAM Laptop?

  1. Sebelum memulai, sebaiknya kamu memastikan bahwa laptop kamu sudah mati sepenuhnya, bukan dalam kondisi ‘sleep’, kemudian pastikan laptop kamu tidak tersambung dengan sumber listrik.
  2. Kemudian, kamu perlu mengakses tempat pemasangan memori pada laptop kamu dengan cara melepas bagian bawahnya. Sebagian besar produsen laptop akan memberikan cara untuk membuka bagian tersebut pada buku manual yang disediakan, atau kamu juga bisa membuka website resmi bagian dukungan.
  3. Pasang modul memori. Modul memori tersebut memiliki sebuah jeda kecil pada bagian konektornya yang bisa membantumu memasangnya dengan posisi yang tepat. Jika kamu memasangnya terbalik, memori tersebut tidak akan bisa terpasang dan jangan coba-coba untuk memaksanya.

Cara Menambah RAM Laptop

Jika posisi pemasangan memori tersebut sudah benar, masukkan memori hingga semua konektor masuk ke dalam slot yang tersedia. Jika sudah, miringkan memori tersebut dengan perlahan ke bawah hingga terdengar bunyi klik. Pastikan bahwa memori tersebut sudah terpasang dengan mantap dan tidak goyah.

Leave a Comment