Cara Mengatur Spasi di Word 2013 (Baris dan Paragraf) di Laptop

Ketika kamu tengah membuat suatu dokumen, kamu mungkin penasaran dengan bagaimana cara mengatur spasi di Word. Ada banyak alasan yang membuatmu ingin mengubah jarak spasi di tiap baris atau paragraf, mungkin karena kamu ingin teks yang kamu buat bisa lebih mudah dibaca atau kamu ingin memuat lebih banyak tulisan dalam satu halaman. MS Word menawarkan pengaturan yang mudah untuk mengubah spasi, begini caranya.

Mengatur spasi baris atau paragraf pada dokumen yang kamu buat mungkin bukan suatu hal yang akan sering kamu lakukan. Akan tetapi ada kalanya kamu harus membuat suatu dokumen dengan spasi ganda karena itu adalah sebuah syarat wajib, seperti ketika membuat skripsi misalnya.

Di luar dunia perkuliahan pun tidak jauh berbeda, akan ada beberapa saat ketika pekerjaan menuntutmu membuat suatu dokumen dengan format spasi khusus yang berbeda. Bahkan tulisan pribadi yang kamu buat sendiri, pengaturan spasi yang benar akan membuat teks tersebut dapat lebih mudah dibaca atau kamu juga bisa membuat pembaca lebih fokus pada suatu hal pada tulisanmu. Apabila pengaturan spasi default dari Word menurutmu kurang cocok, maka cara mengatur spasi di Word sebetulnya sangatlah mudah.

Spasi baris atau line spacing adalah jarak kosong yang ada di antara dua baris dari sebuah teks. Sementara spasi paragraf atau paragraph spacing adalah jarak kosong yang ada di antara dua paragraf. Sama halnya seperti ketika kamu memilih font atau mengatur margin, pengaturan spasi juga tak kalah penting dalam hal format dokumen.

Cara Mengatur Spasi di Word dengan Preset

Cara Mengatur Spasi di Word

Sebelumnya kamu harus tahu bahwa Word menawarkan beberapa preset yang bisa kamu pilih. Untuk mengatur spasi, blok semua paragraf yang ingin kamu ubah spasinya. Kemudian pada tab Home, klik tombol Line and Paragraph Spacing. Tombol tersebut akan mengeluarkan menu kecil dengan beberapa preset yang bisa kamu pilih untuk mengubah spasi baris (di bagian atas), dan spasi paragraf (di bagian bawah).

Baca Juga  Cara Memasang atau Mengganti Kipas Komputer

Pada beberapa pilihan spasi baris yang tersedia, kamu bisa memilih “2.0” untuk spasi ganda, “3.0” tiga spasi, dan seterusnya. Pilih jarak spasi yang kamu inginkan, dan Word akan mengaplikasikan spasi tersebut ke paragraf yang kamu inginkan.

Pada pengaturan spasi paragraf, kamu hanya bisa menambahkan atau mengurangi spasi preset sebelum atau sesudah paragraf. Namun pada menu preset ini kamu hanya bisa menambahkan satu kali spasi saja. Jika kamu belum mengubah pengaturan, preset tersebut akan menawarkan untuk menambahkan spasi paragraf. Kemudian jika sudah kamu tambahkan, menu tersebut kemudian berubah menjadi opsi untuk menghilangkan spasi tadi.

Cara Mengatur Spasi di Word dengan Lebih Spesifik

Cara Mengatur Spasi di Word

Jika kamu ingin mengatur spasi di Word dengan lebih detail, maka kamu bisa mengaplikasikan langkah di bawah ini.

  1. Pertama-tama, pilih paragraf mana yang ingin kamu ubah pengaturan spasinya, atau jika kamu ingin mengubah semua, kamu bisa menekan tombol Ctrl + A. pada tab Home, klik ikon panah berukuran kecil yang terletak di kanan bawah pada grup Paragraph.
  2. Kemudian sebuah window Paragraph akan muncul. Pada tab Indents and Spacing, di bagian Spacing, kamu bisa memasukkan sendiri besarnya spasi yang kamu inginkan untuk diaplikasikan ke baris atau paragraf.
  3. Di sebelah kiri terdapat dua opsi yakni Before dan After untuk mengontrol seberapa besar spasi yang kamu inginkan sebelum dan sesudah paragraf. Kemudian di sebelah kanan, opsi Line Spacing memungkinkan kamu untuk dapat memilih preset seperti sebelumnya dengan beberapa tambahan opsi lain.
  4. Opsi lain tersebut meliputi At least di mana kamu bisa menentukan angka minimum untuk digunakan pada spasi baris dan akan sangat berguna pada beberapa kondisi. Exactly memungkinkanmu untuk dapat menentukan angka persis yang kamu gunakan di setiap baris pada paragraf yang diinginkan. Multiple membuatmu dapat menentu kan angka yang lebih spesifik untuk spasi.
Baca Juga  Cara Memasang VGA atau Kartu Grafis di Komputer (Siap Main Game!)

Mengatur spasi nggak sulit bukan? Kamu bisa melakukannya tanpa preset atau semacamnya. Demikian artikel Laptopnesia tentang cara mengatur spasi di word 2013 di laptop. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment