Cara Mengetahui Ukuran Memori RAM dan VGA

Banyak orang yang bertanya-tanya, dan mungkin kamu salah satunya. Bagaimana cara untuk mengetahui berapa besar kapasitas RAM yang terpasang di komputer saya? Berapa besar memori dari VGA yang saya gunakan? Nah, di kesempatan kali ini, kami akan memberi tahu cara mengetahui ukuran memori RAM dan VGA di komputer kesayanganmu.

Berapa Besar RAM yang Ada di Komputer Saya?

Cara Mengetahui Ukuran Memori RAM dan VGA

Jika kamu menggunakan Windows 8, maka kamu bisa membuka Win+X menu > Control Panel > System. Di bawah bagian System, kamu akan menemukan Installed memory (RAM). Di situ kamu bisa melihat berapa besarnya RAM yang terpasang pada komputer.

Namun pada umumnya, Windows akan menunjukkan angka sedikit di bawah dari kapasitas RAM yang sebenarnya terpasang di komputer. Sebagai contoh pada sistem dengan Windows 32-bit, kamu akan melihat informasi yang disampaikan bahwa komputermu memiliki RAM sebesar 3,5 GB padahal sebenarnya kapasitas memori yang ada adalah sebesar 4 GB. Atau pada sistem Windows 64-bit kamu akan melihat informasi RAM sebesar 7,1 GB padahal RAM yang terpasang sebenarnya adalah 8 GB. Hal ini dikarenakan besarnya memori yang dapat digunakan telah diperhitungkan dengan memori yang dicadangkan untuk hardware.

Berapa Besar Memori VGA di Komputer Saya?

Cara Mengetahui Ukuran Memori RAM dan VGA

Apabila komputermu memiliki kartu grafis terintegrasi, dan kamu ingin tahu berapa besarnya memori dari kartu grafis pada komputermu itu, maka kamu bisa membuka Control Panel > Display > Screen Resolution. Klik pada Advanced Setting. Di bawah tab Adapter, kamu bisa menemukan Total Available Graphic Memori.

Baca Juga  Bagaimana Cara Video Call WhatsApp di Laptop ? Ini Dia !

Jalankan dxdiag

Cara Mengetahui Ukuran Memori RAM dan VGA

Kamu juga bisa mengetikkan dxdiag di boks Run dan kemudian tekan Enter untuk membua boks DirectX Diagnostic Tool. Alat ini mungkin memang tidak menunjukkan angka pasti dari memori kartu videomu dan mungkin juga melaporkan berapa total memori yang terbagi antara kartu video dengan memori sistem.

CPU-Z

Cara Mengetahui Ukuran Memori RAM dan VGA

Apabila kamu menginginkan software gratis untuk menjawab pertanyaanmu di atas, maka kamu bisa gunakan CPU-Z. alat ini akan mengumpulkan informasi mengenai komponen utama pada sistem kamu. Selain itu alat ini tidak hanya memberikan informasi mengenai RAM, kartu grafis, dan memori video, namun juga informasi sistem penting lainnya.

Leave a Comment