Bagaimana Cara Menggunakan Stik PS3 di PC Dengan Mudah?

Artikel Laptopnesia kali ini akan membahas cara menggunakan stik PS3 di PC dengan mudah. Menggunakan stik atau joypad dapat memudahkan kita dalam bermain game, terutama beberapa game yang membutuhkan analog direction. Terutama bagi kamu yang gemar sekali main game konsol lama seperti PSX, PS2, Gamecube, Sega Mega Drive, atau Super Famicom (Super Nintendo) dengan menggunakan emulator di PC.

Cara Menggunakan Stik PS3 di PC

Mengapa menggunakan joypad atau stik bisa lebih memudahkan? Mungkin karena tombol-tombol yang sudah tersedia memudahkan pemain untuk mengontrol karakter yang ada di game dibandingkan dengan keyboard yang terdiri dari beberapa tombol. Banyak produsen yang memproduksi joypad untuk komputer.

Cara Menggunakan Stik PS3 di PC

Namun, PlayStation memiliki joypad atau stik yang familiar untuk masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan PlayStation (mulai dari PSX atau PS One) memiliki penjualan yang begitu masif.

Beberapa produsen logitech menciptakan gamepad atau joypad yang mirip dengan stik PS3. Bagi sebagian orang, stik ini sangat pas ditangan mereka. Selain karena desainnya mirip, posisi tombolnya pun juga tidak jauh berbeda. Namun, bagi sebagian yang lainnya, stik PS sangatlah tidak tergantikan.

Stik PS3 pada dasarnya memiliki desain yang sama dengan stik pendahulunya atau bahkan penerusnya. Namun, yang membedakannya adalah stik ini tidak menggunakan kabel tidak seperti pendahulunya. Stik PS3 memiliki port yang berbeda dengan port PC sehingga untuk menggunakannya menggunakan alat tambahan. Oleh karena itu artikel ini akan membantuk kamu untuk menejelaskan cara menggunakan stik PS3 di PC.

Yuk Ikuti kami sampai selesai.

Cara Menggunakan Stik PS3 di PC

Nah, pada subbab ini kami akan menjelaskan ke kamu cara menggunakan stik PS3 di PC. Berikut langkah-langkahnya.

1. Update Driver dan .NET Framework

Langkah pertama cara menggunakan stik PS3 di PC yang harus kamu lakukan adalah menghubungkan stik PS3 kamu ke PC dengan kabel USB. Windows secara otomatis mendeteksi ada periferal baru yang masuk. Namun, untuk bisa menggunakannya, kamu perlu menginstal beberapa file. Kamu juga perlu menginstal beberapa software seperti .NET Framework 4.0, Visual C 2013, dan driver Xbox 360.

Cara Menggunakan Stik PS3 di PC

Setelah menginstal driver dan file tersebut, instal juga software third party atau pihak ketika yang memungkinkan gamepad PS3 bisa terdeteksi dan digunkana di PC kamu.

2. Instal SCP Driver Package

Langkah cara menggunakan stik PS3 di PC selanjutnya adalah menginstal SCP Driver Package. Sebelumnya download dulu software ini dengan menuju ke SCP Toolkit dan klik link untuk mengunduh versi terbaru. Kamu harus memiliki aplikasi WinRar atau WinZip terlebih dahulu untuk mengekstrak unduhan ini. Setelah kamu ekstrak, buka file exe sebagai administrator.

Setelah kamu mengklik file tersebut, program tersebut akan memulai proses menginstalnya. Selanjutnya, akan muncul shortcut baru pada desktop kamu diantaranya: ScpToolkit driver Installer, Scp Toolkit Profil Manager, Scp Toolkit Settings Manager, dan SCP Toolkit Updater. Lalu klik kanan pada Scp Toolkit Driver Installer. Lalu jendela baru akan terbuta.

Pastikan semua kotak pada jendela baru itu kamu centang. Lalu pilih menu DualShock 3 dropdown, dan selanjutnya pilih DualShock 3 Controller. Lalu file-file tersebut akan secara otomatis terkonfigurasi. DualShock 3 dapat digunakan semau kamu.

3. Membuat Profil

Cara menggunakan stik PS3 di PC selanjutnya adalah membuat profil. Bagaimana caranya? Sebenarnya DualShock 3 atau stik PS3 kamu sudah siap untuk digunakan untuk bermain game. Akan tetapi, sebaiknya cek dulu Scp Toolkit tersebut untuk mendapatkan kontrol yang lebih baik dan nyaman. Gunakan Scp Toolkit Settings Manager untuk menyesuaikan kontroler sesuai dengan kebutuhan kamu.

Baca Juga  Menghindari Kesalahan Umum Ketika Merakit PC

Cara Menggunakan Stik PS3 di PC

Kamu juga bisa melakukan pemetaan dengan menggunakan Scp Toolkit Settings Manager. Mengkostumisasikannya pun dapat kamu lakukan. Tak hanya itu, jika kamu ingin memiliki kesan bermain yang sama di konsol PS, kamu bisa mengatur mode getar dan display LEDnya.

Cara Menggunakan Stik PS3 di PC (Solusi Masalah Pada Windows 10)

Bagi kamu yang menggunakan OS Windows 10 terkadang akan muncul masalah. Jangan khawatir, kamu tetap bisa kok mengatasinya. Ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Klik tombol Start.
  2. Lalu Pergi ke Setting atau Pengaturan.
  3. Klik Update and Security.
  4. Pilih Recover dari daftar pada sebelah kiri dan klik Advance Restart.
  5. Tunggu sistem untuk melakukan restart dan boot yang membawa kamu ke dalam mode yang membantu kamu untuk mengubah firmware dan penyetingan startup.
  6. Pilih Troubleshoot.
  7. Kemudian, klik Advance Settings.
  8. Selanjutnya klik Settings Startup. Setelah melakukan ini, komputer kamu akan melakukan restart lagi.
  9. Cari pilihan Disable Driver Signature Enforcement.
  10. Lalu tekan F7.
  11. Ketika PC kamu sudah melakukan Reboot, ikuti prosedur cara menggunakan stik PS3 di PC yang sebelumnya kami jelaskan untuk menginstal kembali dan juga mengatur konfigurasi Scp Toolkit.

Bagaimana tidak sulit bukan cara menggunakan stik PS3 di PC? Cara ini dapat digunakan juga untuk menggunakan DualShock 4. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Leave a Comment