Cara Restart Laptop dengan Cepat, Mudah, Baik dan Benar

Tahukah kamu bahwa ada cara restart laptop yang baik dan benar, dan ada juga cara yang salah? Memang bukan suatu hal yang perlu diributkan, tetapi jika kamu melakukannya dengan benar, maka kamu bisa tenang karena laptopmu dapat terperlihara dengan baik tanpa menimbulka masalah. Sedangkan jika salah, risikonya bisa sangat fatal.

Cara Restart Laptop

Kamu bisa saja merestart laptopmu dengan cara mematikannya lalu menyalakannya kembali, mencabut kabel daya atau baterai laptop, atau menekan tombol reset. Namun semua cara tersebut bisa “mengagetkan” sistem operasi yang ada pada laptop atau komputermu.

Mungkin untuk beberapa kejadian kamu beruntung dan tidak menemukan masalah apapun pada laptop milikmu. Namun adakalanya hal tersebut mengakibatkan masalah mulai dari data yang korup hingga masalah yang lebih serius seperti laptop tidak bisa menyala sama sekali.

Ada beberapa alasan yang membuatmu harus merestart laptop. Akan tetapi kebanyakan orang melakukan restart laptop sebagai solusi dari eror yang ketika laptop sedang digunakan. Nah pastikan kamu mengetahui cara restart laptop dengan benar agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Cara Restart Laptop

Untuk restart laptop Windows dengan aman, pada dasarnya yang perlu kamu lakukan hanyalah menekan tombol Start, lalu pilih opsi Restart.

Namun nyatanya, metode persis yang harus dilakukan untuk restart laptop bisa sedikit berbeda pada setiap versi Windows. Nah kami akan memberikan penjelasan yang lengkap mengenai cara restart laptop beserta dengan beberapa alternatif restart lain yang masih aman untuk dilakukan.

Baca Juga  Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara Restart Laptop Windows 10 atau Windows 8

Langkah normal untuk restart laptop yang memiliki sistem operasi Windows 10 atau 8 adalah dengan masuk ke menu Start, kemudian klik pada tombol Power (Windows 10) atau Power Options (Windows 8), lalu pilih Restart.

Nah, cara kedua ini sedikit lebih cepat karena kamu tak perlu masuk ke menu Start terlebih dahulu. Buka Power User Menu dengan cara menekan tombol Windows + X di keyboard. Dalam menu “Shut down or sign out”, pilih Restar.

Cara Restart Laptop Windows, 7, Vista, atau XP

Cara tercepat untuk restart Windows, 7, Vista, atau XP adalah dengan mmasuk ke menu Start terlebih dahulu. Apabila kamu menggunakan Windows 7 atau Vista, klik pada tanda panah kecil yang ada di sebelah tombol “Shut down”. Jika kamu menggunakan Windows XP, kamu harus menekan tombol Shut Down atau Turn Off Computer, baru setelah itu menekan tombol Restart.

Cara Restart Laptop dengan Tombol Ctrl + Alt + Del

Kamu juga bisa restart laptop milikmu dengan cara menekan tombol Ctrl + Alt + Del yang ada di keyboard secara bersamaan. Ketika ditekan, hal tersebut akan membuatmu masuk ke window shut down. Hal ini biasanya dilakukan jika kamu tidak bisa mengakases menu Start.

Window shut down tersebut akan tampak berbeda tergantung pada versi Windows yang kamu gunakan. Namun semuanya sama dalam hal memberikan opsi untuk resart.

Pada Windows 10 dan 8, kamu bisa tekan ikon power yang ada di bagian kanan bawah layar untuk menemukan opsi Restart.

Sedangkan pada Windows 7 dan Vista, kamu bisa menekan tombol tanda panah kecil yang ada di bagian kanan bawah, di sebelah tombol power, lalu pilih restart.

Baca Juga  Cara Menyembunyikan Folder di Laptop atau Komputer (Mudah!)

Sedikit berbeda, pada Windows XP, tekan tombol Shut Down.… kemudian pilih opsi Restart yang muncul setelah kamu tekan tombol tersebut. Lalu tekan OK.

Cara Restart Laptop Melalui Command Prompt

Kamu juga bisa restart laptop Windows dengan memberikan perintah shut down melalui Command Prompt.

Pertama-tama, buka Command Prompt, lalu ketikkan shutdown /r dan tekan Enter. Arti dari “/r” adalah perintah untuk sistem agar merestart.

Perintah tersebut juga bisa kamu berikan melalui program Run, yang bisa kamu buka dengan menekan tombol Windows + R di keyboard.

Leave a Comment