Fungsi Modem Komputer Untuk Kebutuhan Berinternet Kita Sehari-hari

Internet kini sudah menjadi kebutuhan yang begitu penting buat kita, nggak hanya yang tinggal di kota besar aja, bahkan beberapa desa juga menjadikan internet sebagai hal yang tidak bisa dianggap remeh. Namun Internet tanpa perangkat-perangkat pendukungnya bagai sayur tanpa piring. Jika nggak ada perangkatnya gimana bisa kita terkoneksi dengan koneksi internet. Kalian semua kami yakin tau bahwa untuk menyambungkan internet dibutuhkan modem, tapi kalian tahukah fungsi modem? Kali ini kita akan membahas hal ini. Ayo ikuti saja artikel ini.

Fungsi Modem Untuk Kebutuhan Berinternet Kita Sehari-hari

Fungsi Modem dan Pengertiannya

Sebelum membahas fungsi modem, mari kita jabarkan dan definisikan apa modem itu. Modem merupakan singkatan dari Modulator Demulator yang mana keduanya memiliki arti yakni Modulator merupakan bagian yang memiliki fungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang dikirimkan, sedangkan Demulator adalah bagian untuk memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima dengan baik. Bisa dikatakan modem merupakan alat komunikasi dua arah.

Sejarah Singkat Modem

Setelah mengetahui pengertian dari modem, nggak ada salahnya bukan untuk mengetahui sejarahnya. Modem sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang. Pada tahun 1950, benda ini awalnya digunakan untuk kebutuhan kemiliteran Modem pertama kali diproduksi oleh salah satu perusahaan komputer legendaris yakni IBM. Pada waktu itu, modem ini digunakan sebagai alat komunikasi dan juga sistem pertahanan udara.

Selain itu, tujuan dibuatnya modem adalah sebagai alat penghubung pangkalan udara dengan pusat-pusat kontrol udara. Modem mentransfer data melalui jaringan telepon dengan menggunakan gelombang analog. Kemudian prosess ini ditransfer secara bolak-balik hingga selesai.

Beberapa tahun kemudian, terciptalah modem yang digunakan untuk kepentingan rumahan. Modem pertama kali dibuat pada tahun 1977 oleh  seorang pebisnis pemilik perusahaan produk komputer, Hayes Microcomputer Products, Dennis C. Hayes dan Dale Heatherington. Mereka berdua bertemu di National Data Corporation dan kemudian mengembangkan serta memasarkan modem kualitas tinggi pertama untuk komputer pribadi IBM.  Setelah itu, Hayes mendirikan sebuah perusahaan bernama Hayes Associates, Inc.

Baca Juga  Cara Membersihkan Laptop dengan Peralatan yang Mudah Didapat

Fungsi Modem

Perusahaan tersebut termasuk salah satu perusahaan yang sangat populer pada masa itu. Kemudian, nama perusahaan tersebut diganti dengan naman Hayes Corp yang selanjutnya memproduksi SmartModem. Produk tersebut membawa perusahaan tersebut menjadi maju sangat pesat.

Namun, sayangnya pada tahun 1998, perusahaan tersebut bangkrut akibat banyaknya pesaing yang membuat produk-produk dengan kualitas yang baik.

Kini perkembangan modem pun sangat pesat. Kecepatannya pun signifikan bila dibandingkan beberapa tahun lalu. Pada sekitar tahun 2000 awal, untuk mengkoneksi internet kami harus menghubungkan komputer kami dengan kabel telepon. Otomatis, telepon yang masuk pun akan terdisrupsi. Selain itu, dengan menggunakan internet dengan metode tersebut, tagihan telepon pun bisa membengkak.

Fungsi Modem

Pada masa itu juga, warung internet pun merebak di Indonesia, dan game online mulai merebak.

Kini internet rumahan sudah semakin cepat berkat teknologi kabel fiber yang biayanya relatif jauh lebih terjangkau dibandingkan beberapa tahun lalu, dan juga kita dapat internetan tanpa membutuhkan kabel yakni dengan WiFi. Di samping itu, browsing dan juga streaming video bisa dilakukan dimana saja berkat provider yang memberikan paket untuk internetan.

Fungsi Modem dan Jenis-jenisnya

Umumnya fungsi modem adalah sebagai perangkat yang mengubah fungsi dua arah, mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, dan juga sebaliknya. Namun jika dijabarkan lebih spesifik fungsi modem adalah:

  1. Sebagai alat pengubah sinyal digital menjadi analog
  2. Menghubungkan perangkat dalam jaringan
  3. Melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi
  4. Melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi
  5. Melakukan kompres data yang dikirimkan sinyal melalui sinyal

Ada beberapa jenis modem yang biasa dipakai untuk kebutuhan berinternet, yaitu:

  1. Modem Eksternal: alat yang digunakan untuk mengubah sinyal digital yang berupa data yang berasal dari komputer ke sinyal analog
  2. Modem Internal: Data yang diubah menjadi sinyal analog, nanti akan diubah kembali menjadi sinyal digital oleh modem internal ini dan langsung dikirimkan ke komputer.
  3. Modem ISDN: ISDN merupakan singkatan dari Integrated Services Digital Network. Modem ini adalah perangkat sistem telekomunikasi yang terdapat dalam layanan berupa data, suara, atau gambar yang dipadukan ke dalam suatu jaringan yang mana jaringan tersebut menyediakan konektivitas digital dari ujung ke ujung demi menunjang ruang lingkup pelayanan yang luas.
  4. Modem GSM: Modem ini dapat kita gunakan pada telepon seluler sebagai media pentransfer data.
  5. Modem ASL: ASL merupakan kependekan dari Asymetric Digital Subscribe. Modem ini berfungsi untuk mengakses internet dan menggunakan telepon secara bersamaan.
  6. Modem Kabel: Jenis modem yang dipakai untuk menerima data secara langsung dari suatu penyedia layanan melalui langganan TV kabel.

Fungsi Modem Untuk Kebutuhan Berinternet Kita Sehari-hari

 

Leave a Comment