Fungsi Processor pada Komputer (Semua yang Perlu Kamu Tahu)

Jika kamu bertanya-tanya apa fungsi processor, maka kamu bisa mendapatkan penjelasan lengkapnya di sini. Komponen pemrosesan inti atau sering disebut juga dengan Central Processing Unit (CPU), alias processor adalah salah satu komponen pada pc atau laptop yang bisa dibilang komponen paling penting. Processor bertugas untuk menangani sejumlah instruksi dan mengalokasikan tugas yang lebih kompleks ke chip tertentu lainnya agar bisa bekerja sama secara optimal. Processor merupakan inti dari komputer milikmu baik itu pc, laptop, smartphone, atau tablet. Processor-lah yang bertanggung jawab untuk menjawab semua perintah yang kamu berikan.

Fungsi Processor

Apa Itu Processor?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa processor adalah komponen yang membuat komputermu bekerja dengan sebagaimana mestinya. Namun processor memiliki peran hanya sebagai otak dari seluruh kinerja komputer.

Promo Laptop Lenovo Yoga Terbaru

Processor memiliki bentuk seperti chip berukuran kecil yang terletak di papan sirkuit utama atau motherboard dari sebuah komputer. Processor bukanlah tempat untuk menyimpan informasi, itu tugas memory. Processor juga tidak menangani semua proses render video dan grafis 3D ke layar monitor, itu tugas kartu grafis atau GPU.

Fungsi Processor

Processor terbuat dari miliaran transistor mikroskopik yang diletakkan pada sebuah chip komputer. Transistor tersebut membuatnya dapat mengerjakan kalkulasi yang dibutuhkan untuk menjalankan program yang tersimpan pada memori sistem.

Teknologi yang dikembangkan pada processor sudah semakin mutakhir di mana ukuran transistor yang terdapat di dalamnya menjadi semakin dan semakin kecil. Dengan begitu performa dari sebuah processor bisa terus meningkat dari tahun ke tahun.

Processor yang digunakan pada komputer seperti pc dan laptop berbeda dengan processor yang ada pada perangkat mobile. PC dan laptop dibekali dengan sebuah unit processor khusus dan terpisah untuk menjalankan serangkaian fungsi pemrosesan untuk sistem. Sedangkan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet dibekali dengan SoC (System on Chip). SoC merupakan sebuah chip yang tak hanya memuat processor, namun juga komponen lain.

Baca Juga  Sejarah Windows, Perjalanan Panjang dan Perkembangannya

Fungsi Processor

Selain itu, produsen processor AMD dan Intel juga memproduksi Accelerated Processing Unit (APU). Berbeda dengan CPU yang hanya memiliki satu tugas yakni memproses, APU menyertakan chip grafis dan memori yang tersimpan di dalamnya. Dengan kata lain, APU memiliki tugas yang lebih banyak dibandingkan dengan standar CPU.

Apa Fungsi Processor?

Tugas utama atau fungsi processor adalah menerima instruksi dari sebuah program atau aplikasi dan kemudian menjalankan sebuah kalkulasi. Proses ini dapat dijabarkan menjadi tiga tahap yakni Fetch (mengambil), Decode (membaca kode), lalu Execute (mengeksekusi). Sebuah processor mengambil instruksi dari RAM, kemudian instruksi tersebut dibaca dan dipahami sebelum akhirnya dieksekusi oleh komponen yang relevan.

Instruksi yang telah dieksekusi, atau kalkulasi yang telah dijalankan melibatkan proses penghitungan dasar, membandingkan sejumlah angka secara bersamaan, atau memindahkannya ke memory. Karena semua yang ada dalam komputer diwakilkan oleh rangkaian angka, maka tugas processor adalah mengolah semuanya. Mulai startup Windows  hingga membuka Facebook, semua difasilitasi oleh processor.

Fungsi Processor

Namun perlu diketahui bahwa processor juga bertugas untuk membagikan olahan angka tersebut ke komponen lain agar komponen tersebut dapat mengerjakan porsi tugasnya. Sebagai contoh, ketika kamu ingin membuka sebuah dokumen Word, maka processor akan menerima perintah tersebut, mengolahnya, kemudian mengeksekusi dengan memberitahu hardisk untuk memuat data yang diminta. Contoh lain ketika kamu menembak suatu bahan peledak dalam game, maka processor akan meminta kartu grafis untuk menampilkan ledakan pada layar monitor. Jadi, selain mengolah data, processor juga bertanggung jawab pada tugas dari setiap komponen lainnya.

Seberapa Penting Peran Processor?

Setelah mengetahui apa fungsi processor, maka selanjutnya adalah memahami pentingnya peran sebuah processor. Tidak seperti dulu, saat ini performa sebuah pc atau laptop tidak hanya ditentukan dari processor apa yang digunakan. Meskipun demikian, tetap saja sebuah processor memiliki peran yang besar dalam keseluruhan kinerja sistem. Karena processor-lah yang memiliki tanggung jawab untuk mengeksekusi perintah dalam program, maka semakin cepat sebuah processor, maka semakin cepat pula sebuah aplikasi dapat dijalankan.

Baca Juga  7 Game Mirip PUBG PC Terbaik yang Jangan Kamu Lewatkan!

Namun processor yang memiliki performa cepat bukanlah segalanya. Seberapapun cepatnya sebuah processor tidak akan bisa menjalankan game berat keluaran terbaru ataupun menyimpan informasi. Untuk itu processor membutuhkan bantuan dari komponen lain seperti kartu grafis dan juga memory.

Promo Lenovo Yoga Terbaru

Singkatnya, meskipun memiliki perang yang besar dan penting, namun sebuah processor bukanlah satu-satunya komponen yang paling diutamakan dalam sebuah komputer. Processor tetap memerlukan komponen lain untuk bisa menjalankan tugas tertentu dengan baik.

Leave a Comment