Fungsi VGA Card pada Laptop/PC (Pengertian & Jenisnya)

Kenali fungsi VGA Card pada laptop dan PC sehingga nanti kamu bisa menyesuaikan atau memilih laptop yang paling sesuai dengan kebutuhan. VGA Card adalah kependekan dari Video Graphics Adapter. Komponen satu ini bisa dibilang penting dan tidak penting. Kenapa tidak penting? Ini karena, saat ini semua jenis processor untuk laptop/PC sudah terintegrasi dengan VGA card. Sehingga walaupun tidak menggunakan VGA Card, laptop/PC tetap bisa berjalan dengan baik.

Fungsi VGA Card

Namun itu bukan berarti VGA Card sudah tidak laku lagi. Saat ini laptop kelas gaming atau profesional masih menggunakan VGA Card karena untuk menampilkan grafis berkualitas tinggi dibutuhkan bantuan VGA card atau pengolah grafis tambahan. Laptop yang tidak menggunakan VGA Card biasanya dijual dengan harga lebih murah dan performanya terbatas untuk menangani kebutuhan harian saja. Sementara itu, laptop dengan VGA Card tambahan dijual lebih mahal karena mampu mengerjakan tugas yang jauh lebih berat dibanding laptop/PC biasa.

Fungsi VGA Card pada Laptop/PC

Sebenarnya apa sih fungsi VGA Card pada laptop/PC? Fungsi utama dari VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari sistem lalu mengubahnya menjadi tampilan grafis pada layar monitor. VGA Card juga memiliki fungsi mengolah informasi grafis pada komputer seperti merender grafis 2D/3D dan decoding MPEG-2 atau MPEG4. Selain itu, VGA Card juga bisa menghubungkan komputer atau laptopmu ke TV atau beberapa monitor sekaligus.

Fungsi VGA Card

VGA Card terhubung langsung dengan processor (CPU) sehingga bisa mengambil data grafis dari CPU lalu memprosesnya agar bisa tampil lebih sempurna di layar. Laptop atau komputer yang tidak menggunakan VGA card cenderung memiliki tampilan layar yang kurang baik. Apalagi saat memutar adegan action berkecepatan tinggi dan grafis game, layar tanpa VGA card akan terlihat blur dan sering patah-patah. Di sisi lain, jika laptop atau PC menggunakan VGA card, tampilan grafis di layarnya terlihat lebih sempurna.

Baca Juga  Apa Perbedaan Linux dan Windows Paling Signifikan?

Jadi, kita bisa simpulkan fungsi VGA card pada laptop atau PC adalah:

  • Menerjemahkan sinyal digital menjadi visual
  • Membantu membuat grafis 3D lebih detail dan mulus
  • Membantu tampilan layar menjadi lebih tajam
  • Memungkinkan laptop/PC terhubung ke banyak monitor beresolusi tinggi
  • Cocok untuk laptop/PC gaming atau profesional yang membutuhkan kinerja grafis tinggi.

Komponen di Dalam VGA Card

VGA Card untuk PC terdiri dari sebuah papan sirkuit dengan berbagai macam komponen yang melekat padanya. Beberapa komponen tersebut adalah:

  1. GPU (Graphics Processing Unit). Adalah komponen utama yang bertugas menerjemahkan data dengan cepat dan memodifikasi memori untuk mempercepat pembuatan gambar pada frame buffer. Bisa dibilang GPU bekerja seperti CPU, namun hanya untuk menangani grafis saja
  2. Memory. Lokasi di mana tekstur dan informasi grafis disimpan. GPU mengambil sinyal data dari memori lalu memprosesnya kemudian mengirimnya ke RAMDAC agar bisa ditampilkan pada layar monitor. RAMDAC bertugas mengkonversi gambar digital menjadi sinyal analog agar gambar bisa ditayangkan di layar
  3. Heat Sink. Adalah sistem pendingin yang berfungsi menyebarkan panas dari GPU. Heat Sink biasanya dilengkapi kipas untuk mendinginkan GPU sekaligus mengeluarkan panas keluar dari sistem. Selain Heat Sink, beberapa merk VGA card canggih menggunakan cairan pendingin untuk mendinginkan GPU.

Fungsi VGA Card

Pada laptop, biasanya GPU dan CPU disusun secara berdekatan. Keduanya pun sama-sama dialiri kipas pendingin untuk mengusir hawa panas lebih cepat dan mencegah sistem overheat. Selebihnya komponen VGA card yang digunakan pada laptop dan PC adalah sama yakni terdiri dari GPU dan juga Memory.

Jenis VGA Card pada Laptop/PC

Secara umum, VGA card pada laptop dan PC bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:

  1. VGA On Board. Sesuai dengan namanya, VGA card ini tertanam langsung pada Motherboard. Hal ini menyebabkan VGA card tidak bisa diganti atau upgrade. VGA On Board biasanya digunakan pada laptop karena komponen GPU dan Memory diletakan bersamaan dengan CPU untuk menghemat banyak tempat. Bagus atau tidaknya grafis pada laptop ditentukan oleh dipakai atau tidak GPU di dalam laptop. Jika laptop hanya mengandalkan grafis pada processor maka performa grafisnya standar. Sebaliknya jika ada GPU tambahan maka performa grafisnya akan luar biasa.
  2. VGA Card. PC atau desktop biasanya menggunakan VGA card yang terpisah dari motherboard. Hal ini membuat VGA card pada dekstop lebih mudah diganti atau diupgrade sesuai kebutuhan. Komponen VGA card pada desktop terdiri dari GPU, Memory, dan kipas pendingin yang dijadikan satu pada satu papan sirkuit.
Baca Juga  10 Game PC Gratis yang Harus Kamu Mainkan Ketika Kamu Bokek

Fungsi VGA Card

Nah, itu dia penjelasan fungsi VGA card, komponen di dalamnya, dan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini bisa bantu meningkatkan pengetahuanmu. Terima kasih.

Leave a Comment