6 Game Catur PC Terbaik Untuk Mengisi Waktu Luang Kamu

Game catur PC walaupun kini hampir dilupakan, masih bisa menjadi pengalih kebosanan kamu, terutama buat kamu yang sedang bosan main game berat.

Pada dasarnya bermain game catur di komputer bisa dilakukan berdua dengan temanmu tanpa terhubung dengan internet atau LAN.

Hal ini karena game dengan genre ini bisa dimainkan secara bergantian dalam satu permainan. Selain itu, game catur pc sebenarnya nggak membutuhkan spesifikasi berat, karena nggak ada grafik yang terlalu kompleks, walaupun format grafiknya itu 3D.

Nah, buat kamu yang laptopnya bukan laptop gaming dengan spesifikasi sultan nggak usah khawatir karena ada beberapa game catur asyik yang nggak cuma mengusir bosan, namun juga mengasah otak kamu.

5 Game Catur PC Terbaik Untuk Mengisi Waktu Luang Kamu

1. Battle Vs Chess

Game satu ini bisa dibilang menjadi game catur yang revolusioner di dalam sejarah gaming PC. Karena yang biasa kita lihat game catur pada umumnya hanya menampilkan papan catur beserta dengan bidak-bidaknya.

Yang menarik dari game ini adalah, membuat permainan game catur lebih hidup. Kamu akan disuguhkan bidak-bidak catur berbentuk raja, ratu, berserta tentara-tentaranya.

Selain itu, kamu juga bisa memilih arena pertandingan caturnya. Beberapa opsi pilihan arenanya diantara lain adalah neraka, papan catur biasa, hingga jembatan.

Mungkin dari beberapa kamu punya imajinasi tentang ini, nah game ini memanifestasikan imajinasi kamu tersebut. Bagi kamu yang pengin coba, kamu bisa mendapatkan game ini di Steam.

Baca Juga  Review The Sims 4 + Expansion Pack (Dunia Baru yang Fun!)

Game Catur PC

Spesifikasi Minimum

  • Sistem Operasi: Windows XP (SP2), Windows Vista, Windows 7
  • Processor: Intel Pentium 4 2.5 GHz
  • VGA Card: 128 MB VRAM mendukung DirectX 9.0c
  • Memory: 512 MB RAM
  • HDD Space: 1 GB

2. Battle Chess: Game of Kings

Walaupun game catur PC satu ini memiliki nama yang hampir sama dengan Battle Vs Chess dan kemiripan gameplay, pada dasarnya game ini memiliki sedikit perbedaan.

Battle Vs Chess memiliki judul yang hampir mirip dengan game satu ini, dan nggak dirilis di Amerika Serikat. Pada dasarnya game ini merupakan seri 3D dari game Battle Chess yang dirilis pada tahun 1988 yang dirilis pada platform MS-DOS.

Bedanya dengan game Battle Vs Chess, Battle Chess hadir dengan karakter bukan dari dunia fantasi seperti apa yang dihadirkan oleh Battle Vs Chess. Kamu juga bisa mendapatkan game ini di Steam.

Game Catur PC

Spesifikasi Minimum

  • Sistem Operasi: Windows XP, Windows 7, Windows 8
  • Processor: 1 GHz
  • VGA Card: Mendukung DirectX 9.0c
  • Memory: 750 MB RAM
  • HDD Space: 3 GB

3. Windows Chess

Bagi gamers dari generasi yang pernah hidup di generasi 90an, pasti nggak asing lagi dengan game catur yang ada di komputer.

Biasanya jika menginstal Windows 98 ke bawah, pasti ada beberapa game bawaan yang bisa kamu mainkan seperti Chip Challenge, Beragam game kartu (seperti Solitaire, Heart, dll) Ski, Chess, dan masih banyak yang lainnya.

Setelah Windows 7 rilis, Microsoft sepertinya nggak mau melupakan game bonus satu ini. Game ini hadir dengan grafik 3D.

Bagi kamu yang masih suka dengan tampilan 2D klasik, kamu juga bisa mengubahnya ke tampilan tersebut. Sedangkan pada game catur Windows 10, kamu bisa memilih warna bidak dan papan catur sesuai dengan yang kamu inginkan.

Game Catur PC

4. Chessmaster: Grandmaster Edition

Chessmaster termasuk salah satu judul game catur yang cukup populer. Salah satu seri terbarunya adalah Chessmaster: Grandmaster Edition.

Biasanya seri Chessmaster hadir dengan tampilan 2D dengan bidak catur standard, namun game ini bisa dikatakan sebuah game yang membuat permainan catur menjadi lebih menyenangkan.

Baca Juga  7 Aplikasi Edit Audio PC Terbaik Gratis Gak Pake Bayar

Kamu akan disuguhkan bidak-bidak catur hidup dengan karakter-karakter yang lucu. Tertarik bermain catur dengan lebih menyenangkan?

Game Catur PC

Spesifikasi Minimum

  • Sistem Operasi: Windows XP (SP2), Windows Vista
  • Processor: Intel Pentium III 1 GHz
  • VGA Card: 32 MB VRAM mendukung DirectX 9.0c
  • Memory: 256 MB RAM
  • HDD Space: 600 MB

5. War Chess 3D

Bisa dilihat dari namanya, bahwa game War Chess 3D ini merupakan game catur PC dengan tampilan seperti arena perang. Pada dasarnya game ini memiliki konsep yang nggak jauh dengan Battle Chess dan juga Battle Vs Chess.

Game yang masuk ke dalam Game House ini hadir dengan bidak-bidak catur dengan karakter fantasi seperti penyihir, pegasus, tengkorak hidup, dan masih banyak yang lainnya.

Game Catur PC

6. Chess 2: The Sequel

Pada dasarnya game catur PC satu ini memiliki konsep game catur pada umumnya dengan bidak catur biasa. Tapi yang menarik dari game catur PC satu ini adalah selain hadir dengan grafik 3D yang cukup apik, Chess 2: The Sequel memungkinkan kamu untuk memilih opsi bentuk bidak catur yang akan kamu mainkan.

Bagi kamu yang mau belajar bermain catur, dengan memainkan Chess 2: The Sequel, belajar bermain catur kamu lebih menyenangkan.

Game Catur PC

Spesifikasi Minimum

  • Sistem Operasi: Windows XP, Windows 7, Windows 8
  • Processor: 1 GHz
  • VGA Card: Mendukung DirectX 9.0c
  • Memory: 300 MB RAM
  • HDD Space: 350 MB

Leave a Comment