HP Pavilion Power 15 (Review Lengkap dan Harga Terbaru)

HP Pavilion Power 15  merupakan seri laptop gaming dari HP yang mampu memberikan pengalaman hiburan yang imersif karena ditenagai dengan komponen-komponen yang kencang. Sebenarnya, untuk prosesor, HP Pavilion agak ketinggalan karena masih menggunakan Intel Core i7-7700HQ yang mana kini laptop yang disandingkan dengan NVIDIA GeForce GTX Pascal sudah menggunakan Intel Core i7 generasi ke-8.

HP Pavilion Power 15

Selain itu, untuk media penyimpanan, laptop ini belum menggunakan SSD. Mungkin HP ingin menekan harga sehingga bagi kamu yang ingin bermain game di laptop, tapi belum bisa membeli produk-produk berharga diatas Rp 20 jutaan, laptop ini bisa menjadi pilihan.

Harga HP Pavilion Power 15

Seperti yang kami beritahu sebelumnya, bagi kamu yang ingin laptop gaming tapi uang kamu belum mencukupi untuk membeli laptop-laptop gaming seperti ASUS ROG Zephyrus, Gigabyte Aero, dan semacamnya yang dibanderol dengan harga minimal hampir Rp 20 jutaan, laptop ini bisa dijadikan alternatif. Walaupun prosesornya masih menggunakan Intel Core i7 generasi ke-7, prosesor tersebut belum usang untuk masalah performa.

Harga yang dibanderol pun cukup beragam, namun harganya pun tidak mencapai Rp 20 juta. Untuk kamu yang cuma ingin penyimpanan datanya berupa HDD atau Hardisk, kamu bisa membawa pulang laptop HP Pavilion Power 15 hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 14,409,000. Dengan harga segitu kamu sudah bisa merasakan performa yang mumpuni untuk game-game AAA.

HP Pavilion Power 15

Nah bagi kamu yang ingin memiliki performa lebih kencang, kamu bisa menebusnya dengan mahar sebesar Rp 17,346,000. Kamu akan mendapatkan memori berkapasitas 16 GB DDR4 RAM. Selain itu, versi harga Rp 17 jutaan ini sudah dibekali dengan SSD sebesar 128 GB. Dengan bantuan SSD, booting akan terasa jauh lebih cepat daripada menggunakan HDD bahkan yang kecepatannya 7200 RPM.

Performa Prosesor yang Belum Usang

HP Pavilion Power 15 masih menggunakan platform Intel Core i7 generasi ke-7 yang mana sudah banyak laptop yang beralih ke Intel Core generasi ke-8. Hal ini mungkin karena HP ingin menekan biaya produksi karena pada dasarnya karena prosesor generasi ke-7 lebih murah. Namun, menurut kami kenapa HP tidak menyematkan Intel Core i5 generasi ke-8 yang mana secara performa dan harga tidak berbeda jauh dengan i7-7700HQ.

HP Pavilion Power 15

Namun walaupun seri ini sudah cukup lama, performanya juga tidak bisa diremehkan kok. Untuk melibas game-game terbaru, berkat kerjasama dengan GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 kamu bisa tetap bermain game-game AAA terkini dengan setting medium ke high dengan fps yang sangat playable. Memang sih, untuk beberapa tahun kedepan membeli laptop dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke-7 cukup nanggung.

Masih Sangat Playable untuk Memainkan Game Terkini

HP Pavilion Power 15 memang dipersiapkan untuk menjalankan game-game terkini. Berkat GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 4 GB, kamu tetap bisa menjalankan game-game AAA yang sempat laris beberapa tahun lalu (sebenarnya hingga sekarang) seperti Grand Theft Auto V (GTA V), The Witcher 3, dan juga game-game yang baru-baru saja rilis seperti Shadows of the Tomb Raider dan Assassin’s Creed Odyssey dapat meraih performa yang prima pada settingan high dan resolusi full HD.

Laptop ini ketika dicoba dengan memainkan GTA V, hasil yang dicapai pun cukup impresif. Pada settingan high diresolusi FHD, HP Pavilion Power 15 mampu mencapai frame rate 65.9 fps. Namun, ketika dinaikkan ke setting ultra, hasil average frame ratenya turun cukup jauh yakni mencapai 17.9 fps.

Untuk franchise terbaru dari Ubisoft yakni Assassin’s Creed Odyseey, average frame rate yang dihasilkan dari HP Pavilion Power 15 mampu mencapai 31 fps pada settingan high diresolusi 1080p. Kita pinda ke game terbarunya Lara Croft. Average frame rate yang dihasilkan pada settingan high cukup rendah yakni hanya mencapai 28 fps. Kami sarankan untuk mengatur konfigurasinya ke setting medium untuk mendapatkan fps yang playable.

Spesifikasi HP Pavilion Power 15

Platform
Tipe Laptop
OS Windows 10
Tipe Prosesor Intel Core i7
Prosesor OnBoard Intel® Core™ i7-7700HQ Processor (6M Cache, 2.80 GHz)
Grafis Intel HD Graphics 630
Memori
RAM 8 GB

16 GB

Tipe RAM DDR4
HDD 1 TB
SSD 128GB
Grafis
GPU Nvidia Geforce GTX 1050 4 GB
Ukuran Layar 15.6 inci
Resolusi Layar Full HD 1920 x 1080 piksel
Bodi
Ukuran 37.8 x 25.22 x 2.41 cm
Berat 2.12 kg
Pilihan Warna Black
Lainnya
Speaker Integrated 4x2W
WebCam Yes
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth Yes
Keyboard Backlit Keyboard
Touchpad Yes
Port USB Type C, USB 3.0, USB 2.0, RJ45, Card Reader, HDMI
Battery 4-Cell Li-Ion

Apakah Tepat Untuk Membeli HP Pavilion Power 15 Sekarang-sekarang Ini?

Jawabannya adalah masih, karena performa Intel Core i7 generasi ke-7 masih dapat diandalkan untuk gaming ataupun produktivitas. Namun bila kamu berpikir bahwa membeli laptop ini adalah nanggung, kamu sebaiknya membeli laptop dengan Intel Core i5 generasi ke-8 karena performanya hampir sama. So, you decide! Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang HP Pavilion Power 15. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Comment