Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 yang Harus Kamu Ketahui

Apakah kelebihan dan kekurangan Windows 10 sebagai sistem operasi terbaru keluaran Microsoft? Mungkin pertanyaan itu yang keluar dibenak kamu yang baru saja atau menggunakan sistem operasi ini. Bagi kamu yang belum pernah mencoba Windows 8 dan ingin mencoba Windows 10 sepertinya nggak perlu ragu, pada dasarnya banyak hal yang dari Windows 10 tidak berbeda dengan Windows 7 ke bawah.

Selain itu, Windows 10 adalah perbaikan dari Windows 8 yang mana sistem operasi ini memiliki antarmuka yang sangat berbeda dengan seri sebelumnya sehingga pengguna lama bisa lebih beradaptasi dengan mudah. Nah, bagi kamu yang masih penasaran akan kelebihan dan kekurangan Windows 10, kamu bisa mengikuti artikel ini sampai tuntas. Berikut penjelasannya.

Promo Asus ZenBook Pro Duo Bhinneka - Banner

Kelebihan Windows 10

  1. Start Menu yang Dinamis

    Seperti yang kita tahu bahwa Windows 8 banyak dikeluhkan karena start menu yang membingungkan dan sama sekali berbeda dengan seri-seri sebelumnya sehingga penggunanya harus beradaptasi lebih lama. Untuk menanggapi keluhan pada Windows 8, Microsoft merilis Windows 10 dengan start menu yang mirip dengan Windows 7 atau sebelumnya namun lebih menarik dan banyak pilihan. Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 yang Harus Kamu Ketahui

  2. Teknologi Virtual Desktop

    Teknologi ini memungkinkan kamu untuk membuat desktop dengan tema dan tujuan berbeda. Selain itu, Virtual desktop menawarkan hal yang belum pernah ada di sistem operasi lain. Virtual Desktop juga memudahkan penggunanya untuk mencari file dengan akurat karena mampu berpindah desktop dengan cepat. Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 yang Harus Kamu Ketahui

  3. Sangat Powerful Untuk Gaming

    Sistem operasi terbaru keluaran Microsoft ini sudah mendukung DirectX 12 sehingga sesi gaming pengguna akan lebih optimal dan bertenaga karena software ini hanya didukung oleh GPU terkini. Windows 10 juga dilengkapi dengan mode Gaming yang berguna untuk meningkatkan performa gaming. Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 yang Harus Kamu Ketahui

  4. Sekuritas yang Lebih Baik

    Hal lain yang dimiliki Windows 10 yang tidak dimiliki seri sebelumnya adalah keamanan yang lebih ketat karena dilengkapi dengan Windows Defender yang memiliki perlindungan yang sangat baik. Windows 10 juga akan menambahkan fitur proteksi folder yang membuat file dan data yang kamu miliki aman dari serangan ransomware. Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 yang Harus Kamu Ketahui

  5. Windows Store

    Windows 10 sudah disertai dengan Windows Store. Windows Store memiliki fungsi seperti App Store pada perangkat Apple ataupun Play Store milik Google. Kamu bisa membeli macam-macam aplikasi pada Windows Store seperti game atau software-software lain. Windows juga mengadakan diskon untuk produk-produknya. Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 yang Harus Kamu Ketahui

  6. Kompatibel di Segala Perangkat

    Yang keren dari Windows 10 adalah kompatibilitasannya yang tidak hanya di komputer atau laptop saja, namun bisa digunakan pada smartphone atau tablet.

Kekurangan Windows 10

Walaupun memiliki kelebihan yang tidak dimiliki seri-seri sebelumnya, sebagaimana ciptaan manusia yang nggak pernah luput dari kesalahan, Windows 10 memiliki kekurangan, diantaranya adalah.

  1. Sering Mengupdate

    Ini pasti bikin kamu kesel buat kamu pengguna Windows 10. Microsoft, dengan Windows terbarunya ini, menganggap OS-nya ini sebagai layanan dan bukan sebagai software lagi seperti seri sebelumnya. Maka dari itu, Windows 10 sering melakukan update secara otomatis. Alih-alih terjadwal, update yang dilakukan oleh Windows 10 sangat random sesuai dengan kapanpun fitur yang akan Microsoft rilis.

  2. Tidak Pernah Final

    Berbeda dengan seri sebelumnya yang memiliki versi final, Windows 10, hingga kini, belum memilikinya. Fitur baru akan selalu dirilis sesuai dengan yang Microsoft inginkan. Hal ini mungkin karena Microsoft menjadikan Windows 10 sebagai sistem operasi berbasis layanan. Oleh karena itu, Microsoft akan terus mengupdate sesuka hati mereka.

  3. Aplikasi yang Ada Pada Windows Store Masih Sedikit

    Tidak seperti Play Store ataupun App Store, aplikasi yang disediakan Windows Store belum banyak. Jika kamu gamers dan ingin membeli game secara online, banyak game-game terbaru yang belum dirilis di Windows Store. Untuk membeli game kamu lebih baik melalui Steam ataupun Origin. Disana banyak library game yang dapat kamu dapatkan, selain itu Steam sering mengadakan promo dan diskon besar-besaran.

  4. Boros Kuota Internet

    Nah ini pasti membuat kamu bete ketika menggunakan Windows 10. Hal ini dikarenakan Windows 10 sering mengadakan update mayor yang bisa memakan storage kamu hingga 2.5 – 4 GB kuota. Belum lagi update-update karena fitur-fitur baru.

Nah bagaimana? Tertarik upgrade Windows kamu ke Windows 10 atau mau tetap pada OS lama kamu? Demikian artikel Laptopnesia tentang kelebihan dan kekurangan WIndows 10 yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat ya teman-teman!

Leave a Comment