Home » Review » Lenovo G40-30 – Laptop Jadul Untuk Partai Besar atau Kantor

Lenovo G40-30 – Laptop Jadul Untuk Partai Besar atau Kantor

Lenovo G40-30

Laptop keluaran lama tidak selalu harus ditinggalkan, karena Lenovo G40-30 masih cukup mumpuni digunakan untuk kebutuhan harian hari ini. Meski tahun ini sudah beranjak di tahun 2021, Lenovo G40-30 masih bisa diandalkan di beberapa skenario, terutama untuk pekerjaan. Laptop ini pada dasarnya adalah laptop keluaran 2014. Tentu harganya sudah sangat murah apabila kalian mencarinya di tahun ini. Karena laptop ini keluaran 6 sekitaran 6-7 tahun lalu, secara desain dan spesifikasi tentu sudah cukup ketinggalan. Pada kesempatan kali ini, kami dari Laptopnesia mencoba memberikan resensi laptop cukup jadul ini dan mencoba menguji apakah laptop ini masih benar-benar cukup mumpuni untuk kebutuhan komputasi hari ini atau tidak. Penasaran? Yuk segera simak artikel Laptopnesia satu ini hingga akhir.

Lenovo G40-30

Desain Laptop Lenovo G40-30

Di setiap bulannya, para produsen laptop merilis laptop seri terbaru mereka dengan desain terkini. Laptop-laptop hari ini tampil dengan desain setipis mungkin dan bobot seringan mungkin. Tak hanya itu saja, desain layar tanpa bezel atau bezel tipis kini sudah menjadi keharusan di laptop generasi terkini. Akan tetapi, apabila kalian mencari laptop murah dengan desain terkini dan memilih Lenovo G40-30 sebagai pilihan tentu bukan pilihan yang tepat. Laptop jadul dari Lenovo ini masih tetap menggunakan bezel tebal layaknya laptop-laptop yang keluar di tahun 2014.

Lenovo G40-30

Meski secara desain layarnya nampak sudah ketinggalan zaman, laptop ini tampil dengan desain yang ramping dan tetap menjaga ke-elegan-annya. Selain itu, laptop dari Lenovo ini terlihat cukup kokoh, walaupun materialnya dari plastik. Ditambah lagi, berkat corak pada bodinya ini, laptop ini tidak akan meninggalkan banyak sidik jari kalian ketika kalian pegang.

Baca Juga  Acer Aspire 3 Spesifikasi AMD Ryzen Terbaru, Harganya?

Layar Lenovo G40-30

Tadi sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa laptop ini memiliki layar dengan desain yang cukup jadul. Tak ada yang namanya bezel tipis layaknya laptop-laptop hari ini. Bezel atau bingkai layar yang dipamerkan oleh laptop ini masih tebal. Bagi para pengguna laptop dengan desain terkini, tentu akan merasa ada yang kurang sreg apabila menggunakan laptop ini. Laptop ini menggunakan resolusi layar HD atau 720p, alih-alih resolusi Full HD. Hal ini dikarenakan pada tahun 2014 silam, laptop kelas entry level dengan resolusi Full HD sangatlah jarang atau bahkan belum ada.

Processor dan GPU Lenovo G40-30

Salah satu yang menjadi perhatian para konsumen ketika ingin membeli laptop adalah processornya. Meski mereka tidak tahu secara spesifik, mereka akan melihat nama processor pada laptop tersebut. Tentu merek Intel akan lebih populer di kalangan user awam dibandingkan dengan AMD. Untuk Lenovo G40-30, laptop ini disematkan processor Intel Celeron N2830 yang memiliki clock speed 2.16 GHz. Namanya juga laptop jadul, tentu saja processor yang digunakan masih keluaran tahun 2014. Sedangkan untuk GPU-nya, laptopini menggunakan GPU yang terintegrasi. Tak ada ekspektasi besar apabila kalian ingin membeli laptop ini. Pada divisi penyimpanan data, Lenovo membekalinya dengan hard disk berkapasitas 500 GB. Untuk hari ini sepertinya kapasitas hard disk sebesar itu masih cukup. 500 GB sudah cukup banyak menampung dokumen-dokumen penting, dan juga foto-foto dengan resolusi tinggi.

Sistem Audio dan Fitur Tambahan

Laptop Lenovo G40-30 memiliki audio yang menurut kami cukup. Dalam artian, audio ini sudah cukup lumayan untuk menyetel musik atau menonton film tanpa menggunakan speaker tambahan. Laptop ini disertai dengan speaker ganda Dolby yang secara kualitas ya seadanya. Untuk kalian yang ingin mendengarkan detail lebih, tentu kami menyarankan untuk membeli speaker tambahan.

Baca Juga  Dell XPS 13 9310 - Laptop 11 inci dengan Layar OLED

Kesimpulan

Sebagai laptop keluaran lama, laptop besutan Lenovo ini tentu masih bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan produktivitas seperti mengetik ataupun bekerja. Aplikasi-aplikasi seperti MS Office ataupun desain grafis seri lama masih bisa mengandalkan laptop ini. Namun, untuk kalian yang sedang mencari sebuah laptop dengan resolusi Full HD dan dengan GPU diskrit, tentu laptop ini harus kalian lupakan dan tidak perlu tulis di list impian (siapa juga yang mau jadikan laptop ini sebagai laptop impian?). Namun untuk para pemilik perusahaan, laptop ini bisa dijadikan aset atau alat produksi untuk para karyawan Anda di divisi yang hanya butuh menggunakan program seperti MS Office.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *