Manfaat Jaringan Komputer, Pengertian & Manfaat untuk Bisnis

Jaringan komputer memberi banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Manfaat jaringan komputer yang paling besar adalah menghubungkan satu komputer dengan komputer lain ke dalam satu jaringan yang sama. Dengan begini, semua orang di dalam perusahaan atau suatu lingkungan bisa mengakses data yang sama. Jaringan komputer mulai dikembangkan pada tahun 1950an. Sejak saat itu, banyak perusahaan yang merasa terbantu untuk berkembang lebih baik dan lebih mudah mempekerjakan banyak orang di berbagai belahan dunia.

Manfaat jaringan komputer

Saat ini, jaringan komputer banyak dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya, tanpa harus terbatas oleh jarak. Sebagai contoh: seseorang yang berada ratusan KM jauhnya dari kantor bisa mengakses data yang dibutuhkan dari pusat data kantor, seakan-akan data tersebut ada di dalam komputernya sendiri. Jaringan komputer dapat membantu perusahaan atau bisnis untuk menghemat banyak waktu dan biaya. Selain itu, dengan jaringan komputer perusahaan bisa menghemat peralatan yang harus digunakan. Menariknya, teknologi jaringan komputer yang lebih sederhana kini juga bisa dinikmati di dalam rumah.

Manfaat Jaringan Komputer untuk Perusahaan, Organisasi, & Bisnis

Selain manfaat utama untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain, apalagi sih manfaat jaringan komputer untuk perusahaan, bisnis, organisasi, atau instansi? Berikut ini manfaatnya:

1. Memudahkan Berbagi Data

Suatu perusahaan besar pasti memiliki banyak dokumen atau data yang harus bisa dilihat oleh banyak divisi atau bagian. Terlebih lagi untuk perusahaan multinasional, dokumen dan data yang harus dibagikan bertambah banyak dan harus bisa dijangkau oleh banyak karyawannya di berbagai belahan dunia. Jaringan komputer memungkinkan setiap komputer dapat mengakses data yang mereka butuhkan dari mana saja dan kapan saja. Data yang disimpan dalam server dapat dibagikan dan diakses oleh karyawan melalui jaringan intranet atau internet.

Baca Juga  Mengenal USB Type C Lebih Jauh, Kelebihan dan Kekurangannya

2. Memudahkan Komunikasi Antar Divisi

Karena data dari setiap user dapat diakses oleh orang lain maka akan lebih mudah untuk mengkomunikasikan suatu pesan ke divisi atau bagian lain. Dengan mengaplikasikan jaringan komputer, setiap divisi dan personal dapat berkomunikasi dengan lebih mudah dan efisien. Kini kamu tak perlu repot lagi mengirim dokumen atau data secara fisik langsung melalui POS, karena semua data tersebut bisa langsung dikirim melalui jaringan komputer.

Manfaat jaringan komputer

3. Menghemat Biaya

Jaringan komputer memberi manfaat yang cukup besar untuk penghematan biaya operasional. Meskipun untuk membangun jaringan komputer membutuhkan biaya tinggi, namun sebanding dengan manfaat dalam jangka panjang. Dengan jaringan komputer, maka tidak ada lagi biaya antar jemput dokumen. Misalnya dulu ketika ada divisi yang harus mengambil data dari kantor pusat membutuhkan biaya untuk pengiriman dokumen. Namun kini tidak perlu lagi, karena dokumen bisa langsung dibagikan melalui jaringan internet.

4. Mempercepat Informasi dan Integrasi Data

Dengan bantuan jaringan komputer, perusahaan dapat membagikan informasi terbaru dengan lebih cepat. Arus komunikasi di dalam satu perusahaan pun bisa berjalan dengan lancar tanpa harus terbatas oleh waktu dan jarak. Kini informasi penting bisa dibagikan seketika sehingga setiap divisi bisa bersinergi dengan baik sesuai arah kebijakan perusahaan yang baru.

Jaringan komputer juga menawarkan kemudahan untuk mengintegrasikan data dan informasi. Setiap komputer yang terhubung ke jaringan yang sama bisa saling terhubung dan mengakses informasi yang sama dari server. Selain itu, setiap user dapat mengupdate informasi atau data terbaru. Ini membuat semua data yang tersimpan di server dan tersebar ke seluruh perusahaan selalu up to date.

5. Meningkatkan Reliabilitas

Jaringan komputer memungkinkan perusahaan meningkatkan reliabilitas data. Dengan begini, setiap data yang ada di perusahaan bisa terusĀ  ada dan dimanfaatkan oleh banyak orang. Semua data yang disimpan dapat dikopi ke satu atau dua server cadangan yang saling terhubung ke jaringan komputer. Sehingga bisa salah satu data mengalami corrupt atau rusak, masih ada salinannya di server lain.

Baca Juga  7 Rekomendasi Laptop ASUS Gaming Terbaik dan Terbaru 2019

Manfaat jaringan komputer

Selain 5 manfaat jaringan komputer untuk perusahaan di atas, jaringan komputer juga bisa memiliki manfaat yang tidak sedikit untuk masyarakat umum. Saat ini, dengan berbekal router dan hardisk NAS kamu sudah bisa ciptakan jaringan komputer sederhana di rumah. Membuat semua perangkat gadget saling terhubung di rumah kini lebih mudah berkat teknologi yang makin canggih dan internet.

Leave a Comment