10 Motherboard Gaming High-end Terbaik Kelas Sultan 2020

Motherboard gaming sebenarnya secara fungsi nggak berbeda dengan motherboard biasanya, namun ada beberapa hal yang motherboard biasa nggak punya seperti komponen kelas atas atau fitur-fitur lain.

Beberapa vendor kelas atas seperti ASUS, Gigabyte, dan MSI hingga sekarang masih bersaing menunjukkan siapa yang unggul dalam hal motherboard gaming.

ASUS dengan ROG dan TUF Gamingnya, MSI dengan MSI gamingnya, dan Gigabyte dengan Aorusnya saling menghajar satu sama lain dengan menyuguhkan fitur-fitur mewah motherboard gaming.

Mereka juga saling bersaing masalah price to performance. Nah bagi kamu yang mau beli motherboard gaming kelas sultan, kami akan berikan 10 rekomendasinya. Penasaran?

10 Motherboard Gaming Terbaik High-end kelas Sultan 2020

1. ASUS ROG Rampage VI Extreme Omega

Harga: Rp 12,190,000

Motherboard Gaming 1

Coba kamu perhatiin motherboard gaming ini, dari namanya saja sudah sangar, ASUS ROG Rampage VI Extreme Omega. Motherboard ini diperuntukkan bagi kamu yang pengin membangun rig dengan platform 2066.

Sudah pasti dengan soket ini kamu bisa menggunakan memori RAM DDR4 hingga 8 buah keping dengan total RAM 128 GB. Begitu juga dengan GPU-nya, kamu bisa memasang 3 buah kartu grafis secara bersamaan atau disebut juga dengan SLI (untuk NVIDIA) maupun CrossFireX (untuk AMD).

Bagi kamu yang ingin kecepatan media penyimpanan lebih, motherboard ini sudah menyediakan slot M.2. Dan yang lebih hebatnya lagi motherboard ini sudah mendukung Intel Optane.

2. MSI MEG Z390 Godlike

Harga: Rp 9,990,000

 MSI

Motherboard gaming satu ini merupakan seri tertinggi dari motherboard gaming MSI dengan soket 1151. Yang kerennya MSI MEG Z390 Godlike ini nggak hanya sudah mendukung processor Intel Core generasi ke-9, namun juga dilengkapi dengan fitur-fitur kelas atas.

Kamu bisa mengupgrade prosesor hingga ke Intel Core i9. Soal slot memori RAM, tentu soket 1151 nggak memberikan slot sebanyak platform 2066. Tapi kamu bisa mengupgrade memorinya hingga 128.

Terus, bagi kamu yang suka fitur RGB LED, motherboard besutan MSI ini menyuguhkan fitur kostumisasi motherboard dengan LED kaya pelangi. Keren banget kan?

Baca Juga  Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer (Penjelasan Lengkap)

3. ASUS ROG Zenith Extreme

Harga: Rp 8,700,000

ASUS

Motherboard gaming satu ini ditujukan untuk kamu yang lebih condong ke kubu merah dengan soket kelas tertinggi yakni AMD Threadripper. Walaupun harganya nggak mencapai Rp 10 jutaan, ASUS ROG Zenith Extreme memiliki segudang fitur kelas dewa yang jangan kamu lewatin.

Salah satunya adalah 8 buah slot DIMM yang memungkinkan kamu untuk memasang slot memori RAM hingga 8 buah. Selain itu kamu bisa mengoverclock memori RAM kamu sampai ke tingkat yang terkencang.

Bila motherboard ASUS ROG Rampage VI Extreme Omega hanya memberikan 3 buah slot PCI-Express x16, pada motherboard untuk Ryzen Threadripper ini, kamu dimungkinkan untuk memasang 4 buah kartu grafis. Nah makin bingung kan pilih kubu biru atau merah?

4. Gigabyte Z390 Aorus Xtreme Waterforce

Harga: Rp 13,450,000

Gigabyte Aorus

Impresi awal ketika kami melihat motherboard gaming satu ini adalah kagum dengan desainnya yang keren banget. Gigabyte Z390 Aorus Xtreme Waterforce ini hadir dengan desain yang sangat inovatif.

Ini bisa dilihat dari desain watercoolernya yang mencuri pandangan dan juga warna-warni RGB yang mengelilinginya.

Motherboard ini juga mendukung processor Intel Core generasi ke-9 yang memiliki performa yang secara signifikan lebih tinggi. Audionya sudah menggunakan High Definition Audio dengan ESS ES9018K2M DAC yang mampu menyuguhkan pengalaman audio yang lebih imersif.

5. ASRock Z390 Phantom Gaming 9

Harga: Rp 4,400,000

Motherboard Gaming 5

Kamu mau bangun PC dengan processor Intel Core terbaru tanpa harus mengeluarkan kocek lebih? Nah, motherboard gaming satu ini adalah jawabannya. Hal yang bisa mendefinisikan produk-produk ASRock adalah murah dan berkualitas.

Namun, yang nggak bisa kamu temukan dari motherboard satu ini adalah lampu RGB dengan warna pelangi pada motherboardnya. Walaupun begitu, motherboard ini mampu menyuguhkan warna LED berserta dengan efek yang beragam.

6. Gigabyte X399 Aorus Extreme

Harga: Rp 7,446,000

Motherboard Gaming 6

Bukan hanya seri motherboard gaming Intelnya saja yang keren, Gigabyte juga merancang motherboard khusus AMD Ryzen Threadripper yang nggak kalah mewah dan megahnya. Motherboard satu ini dibekali 4 buah slot PCI-Express x16 yang memungkinkan kamu untuk memasang 4 buah kartu grafis.

Sistem pendinginnya juga nggak hanya dirancang dengan tekonologi terkini, namun juga desain yang keren. Selain itu, sistem pendingin Gigabyte X399 Aorus Extreme mampu memberikan perfoma pendingin MOSFET yang mengagumkan.

Hal ini sangat penting banget buat kamu para pembuat konten, overclocker, gamer professional yang menginginkan performa lebih.

7. MSI X299 Gaming Pro Carbon AC

Harga: Rp 6,641,000

Motherboard Gaming 7

Mungkin motherboard gaming soket 2066 seri tertinggi dari MSI ini termasuk salah satu yang paling murah. Harganya nggak mencapai diangka 7 jutaan.

Baca Juga  4 Browser Terbaik untuk Laptop/PC, Kelebihan & Kekurangannya

Tampilannya memang sih nggak semegah produk ASUS yang kami tempatkan pada urutan pertama dan juga Gigabyte Z390 Aorus Xtreme Waterforce, akan tetapi bukannya produk ini nggak bisa menawarkan performa yang hebat lho ya.

MSI X299 Gaming Pro Carbon AC hadir dengan sistem pendingin yang bisa diandalkan. Sistem pendingin pada motherboard gaming besutan MSI satu ini hadir dengan material berkalitas tinggi yang memastikan agar motherboard ini bisa berjalan normal ketika melakukan kinerja yang berat.

8. ASUS ROG CROSSHAIR VII Hero (Wi-Fi)

Harga: Rp 5,850,000

Motherboard Gaming 8

Apabila kamu sedang mencari motherboard gaming yang sudah terdapat penangkap sinyal WiFi, ASUS ROG CROSSHAIR VII Hero WiFi bisa jadi jawabannya. Motherboard ini mendukung processor AMD Ryzen generasi kedua yang memiliki performa yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Selain itu, bagi kamu yang suka motherboard dengan warna cahaya LED RGB dengan kelap kelip warna-warni, motherboard ini bisa dijadikan pilihan.

9. MSI X470 Gaming Pro Carbon

Harga: Rp 3,660,000

Motherboard Gaming 9

Motherboard besutan MSI satu ini sudah mendukung processor AMD Ryzen generasi ke-2. Selain itu, apabila kamu belum puas dengan performa memori RAM default, kamu bisa meningkatkannya dengan fitur DDR4 Boost.

Dengan dilengkapinya fitur Mystic Light Sync kamu bisa mengkostumisasi motherboard satu ini dengan 16 mode RGB LED yang apik dilihat dari luar casing.

Walaupun harganya terbilang terjangkau, MSI X470 Gaming Pro Carbon hadir dengan sistem pendingin yang bagus banget. Kamu nggak perlu khawatir ketika PC kamu, kamu gempur dengan game-game berat karena suhu akan tetap terjaga dengan baik.

10. ASUS TUF X470-PLUS Gaming

Harga: Rp 2,950,000

Motherboard Gaming 10

Mungkin nggak sih dengan motherboard yang harganya nggak mencapai 3 juta, bisa mendapatkan performa gaming yang dihasilkan dari processor AMD Ryzen 7 generasi ke-2 seri tertinggi? Tentu saja bisa.

ASUS TUF X470-PLUS Gaming menawarkan peforma yang hampir menyerupai seri ROGnya karena komponen-komponen yang digunkan berkualitas tinggi.

Selain itu, dengan disertakannya TUF Protection pada slot kartu grafis menjadikan kartu grarfis yang kamu pasang pada motherboard ini tetap terjaga.

Daftar Harga Motherboard Asus ROG Terbaru

Kesimpulan: Motherboard Gaming Mana yang Dipilih?

Tentu ketika memilih sebuah motherboard kita harus memperhatikan soket atau processor apa yang bakalan kita gunakan. Jika kamu fanboy AMD kamu bisa mengambil motherboard flagship yang ditawarkan oleh beberapa brand seperti ASUS, MSI, Gigabyte, ASRock, dan yang lainnya. Begitu juga sebaliknya. Untuk Intel, kamu juga harus memperhatikan soketnya, karena masing-masing soket memiliki kompatibilitas berbeda.

Leave a Comment