Home » Review » Hardware » MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio – VGA Ideal Gaming 2K

MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio – VGA Ideal Gaming 2K

  • by
MSI GeForce RTX 3070

MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio telah mencuri perhatian para gamers yang ingin upgrade VGA card-nya. Seri RTX 3000 sudah ditunggu-tunggu sejak lama karena usut punya usut performa yang ditawarkan oleh seri VGA card ini melampaui seri RTX 2000. Dan alhasil, kartu grafis dari NVIDIA ini mampu memenuhi ekspektasi tersebut. NVIDIA merilis seri RTX 3000 ini di tahun 2020, tepat di waktu pandemi Covid-19 sedang berlangsung. Bagi sebagian orang, terutama para gamers, hal ini menjadi kabar gembira.

MSI GeForce RTX 3070

Tak hanya itu saja, harga yang ditawarkan pun cukup menyenangkan di saat awal-awal keluar. NVIDIA langsung merilis tiga buah seri RTX 3000 di antaranya RTX 3070, RTX 3080, dan yang terakhir RTX 3090. Perilisan kartu grafis ini juga bersamaan dengan rilisnya sebuah game yang hingga saat ini menjadi salah satu game paling berat dan tinggi secara spesifikasi, yakni Cyberpunk 2077.

Game dengan teknologi ray-tracing pun akhirnya menjadi semakin populer seiringan dengan perilisan gaming console generasi terbaru yaitu PS5 dan Xbox Series X (S). Kedua konsol tersebut sudah mampu mengaplikasikan teknologi ray tracing dan resolusi 4K dengan 60 fps di setiap gamenya. Bahkan, untuk PS5, kualitas grafisnya bisa diatur sesuai dengan keinginan para gamers.

Industri PC gaming pun juga menjadi sangat meriah bersamaan dengan rilisnya kedua konsol tersebut. Ada beberapa game lain yang memanfaatkan teknologi ray-tracing ini. Tak usah bertele-tele lagi, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas sebuah VGA card terbaru dari NVIDIA dan MSI, yakni MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio. Penasaran dengan performanya? Yuk ikuti artikel ini hingga akhir.

Spesifikasi MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio

MSI menghadirkan beberapa seri untuk RTX-nya, di antaranya VENTUS 2X, TWIN FAN, TWIN FAN OC, VENTUS 2X OC, VENTUS 3X, VENTUS 3X OC, Gaming Trio, Gaming X Trio, SUPRIM SE, SUPRIM, dan SUPRIM X. Seri Gaming X Trio ini adalah seri yang masuk ke kelas atas, meski bukan yang paling atas. Seri ini dilengkapi dengan RGB dan apabila mengacu pada aplikasi GPU-Z, MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio sudah di-oc dari pabriknya. Boost clock yang dihasilkan oleh seri ini mencapai 1830 Mhz.

MSI GeForce RTX 3070

Kemudian, untuk pendinginnya, GPU ini menggunakan sistem pendingin bernama Tri Frozr 2 dengan 3 kipas. Kipas Tri Frozr 2 ini dibuat dengan material aluminium dan memiliki ukuran yang sangat besar. Kemudian, terdapat enam heat-pipes untuk mengusir suhu panas pada GPU. Selain itu, yang membedakan seri ini dengan seri VENTUS adalah fitur RGB-nya. Di sini tentu kalian bisa mengkustomisasi RGB-nya dengan aplikasi MSI Mystic Light. Selanjutnya, PCB VGA card ini dioptimasikan dengan pembatas daya tinggi yang menarik daya dari konektor 8-pin. Untuk desain backplatenya, GPU ini menggunakan desain yang sama dengan kakaknya, RTX 3080 Gaming X Trio.

MSI GeForce RTX 3070

GPU dengan aristektur Ampere adalah GPU yang sudah mendukung HDMI 2.1 yang mampu meningkatkan bandwidth hingga 48 Gbps. Dengan ini, VGA card arsitektur amper mampu menampilkan visual resolusi tinggi hingga 8K hanya dengan sebuah kabel. Sementara itu, untuk input powernya, MSI memiliki slot yang berbeda dengan versi Founders Edition. Apabila, seri Founders Edition menggunakan 12-pin power input, RTX Gaming X Trio menggunakan konfigurasi daya 8+8.

Performa MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio

Performa yang dipamerkan oleh GPU dari MSI dan NVIDIA ini sangat memuaskan. Bahkan bisa menyaingi oleh seri high-end di generasi sebelumnya RTX 2080 Ti. Hasil dari beberapa benchmark dari aplikasi seperti 3DMark dan juga beberapa game yang sudah mendukung ray tracing, bahkan bisa menyaingi GeForce RTX 2080 Ti yang notabene memorinya lebih tinggi dibandingkan GPU ini.

Dipasangkan dengan AMD Ryzen 7 3800X, GPU ini mampu mencapai mencapai skor 34212 pada resolusi 1080p untuk graphics score-nya dan 26656 untuk total score-nya. Untuk resolusi 2K atau 1440p, GPU ini mampu mencapai skor 17132 untuk graphic score-nya dan 16235 untuk totalnya. Sedangkan untuk resolusi tertinggi untuk gaming hari ini, 4K, mampu mencapai 8831 (graphic score) dan 8873 (total score).

Selanjutnya, untuk menguji performa gamingnya, ada beberapa game yang dijadikan pengujian. Yang pertama adalah Metro Exodus yang sudah mendukung teknologi ray tracing dan DLSS. Pada resolusi FHD, GPU ini mampu berjalan 76 fps di average-nya dan minimumnya 43 fps.

Untuk resolusi 4K, game ini mampu mencapai 63 fps pada average dan 38 pada minimumnya. Setelah itu, pengujian selanjutnya menggunakan game Control yang juga dikenal sebagai game baru yang mengoptimasi teknologi ray tracing. Resolusi FHD GPU ini mampu mencapai kisaran 110 fps dan 73.1 fps untuk resolusi 4K. Sedangkan untuk resolusi 4K, GPU ini hanya mencapai 36.8 fps.

Kesimpulan

GPU ini bagi kami adalah GPU yang tepat untuk para gamers yang ingin mendapatkan performa lebih dengan budget yang agak lebih. Selain itu, GPU ini adalah GPU paling optimal untuk gaming para resolusi 2K.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *