Pengertian Hardware (Perangkat Keras) Pada Komputer Lengkap!

Apabila kamu sering mengoprek komputer kemungkinan besar kamu tahu pengertian hardware. Akan tetapi bagi kamu yang doyan main game aja tanpa sering mengoprek-oprek, kamu mungkin nggak tahu apa pengertian hardware ini.

Pada kesempatan kali ini, Laptopnesia akan menjelaskan pengertian hardware untuk kamu yang mau tahu apa itu hardware atau perangkat keras.

Pengertian Hardware

Pada komputer ada yang namanya perangkat lunak atau software, atau perangkat keras atau hardware. Keduanya merupakan unsur penting yang ada pada komputer dan harus melengkapi satu sama lain.

Nggak ada komputer yang berjalan tanpa ada software, begitu pula untuk hardware. Berikut penjelasan pengertian tentang hardware.

Pengertian Hardware (Perangkat Keras) Komputer

Pada dasarnya komputer terdiri dari beberapa komponen yang membentuk sebuah sistem. Kemudian sistem yang terdiri dari beberapa komponen-komponen itu yang akan menjalankan sebuah komputer.

Pada sebuah sistem, masing-masing komponen harus bisa berjalan satu sama lain, maka dari itu, apabila ada sebuah komponen yang ada pada sistem tidak berjalan dengan baik, suatu sistem itu tidak akan berjalan dengan baik. Hardware komputer, pada dasarnya, dibagi berdasarkan fungsinya. Berikut pembagiannya:

  1. Unit masukan (input device).
  2. Unit pemrosesan (processing device).
  3. Unit keluaran (output device).
  4. Unit penyimpanan (backing storage).
  5. Periferal (unit tambahan)

Bila dibagi, komponen dasar pada komputer, terdiri dari input, process, storage dan output. Processing device merupakan perangkat yang berfungsi untuk memproses jalannya komputer.

Perangkat yang berfungsi sebagai unit pemrosesan adalah processor. Kemudian output device yang terdiri dari printer dan monitor. Selanjtunya ada unit penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan data, contohnya adalah hardisk atau SSD.

Yang terakhir adalah periferal device yang berfungsi sebagai komponen tambahan yang diantaranya adalah: TV Tuner, Modem, dan yang lainnya. Berikut tentang masing-masing penjelasan pengertian hardware:

Input Device

Input device atau unit masukan memilki kegunaan sebagai perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data dari luar ke processor atau memori yang selanjutnya diolah demi menghasilkan informasi yang dibutuhkan.

Beberapa komponen yang tergolong input device diantaranya adalah keyboard dan mouse. Keyboard dan mouse bisa dibilang adalah sebuah perangkat yang mengatur penggunaan komputer.

Baca Juga  Rekomendasi 15 Game MMORPG PC Terbaik 2020

Tanpa adanya kedua komponen tersebut, Anda takkan bisa mengoperasikan komputer Anda. Selain keyboard dan mouse ada input device lain diantaranya adalah joystice atau gamepad yang biasa digunakan sebagai game controller, scanner dan printer yang berfungsi untuk mengambil gambar secara digital dan juga untuk mencetak gambar ke sebuah kertas, dan juga microphone yang berfungsi untuk merekam suara ke komputer.

Pada input device, terdapat data yang bisa berbentuk maintenance input, dan signal input yang dimasukkan de dalam komputer.

Processing Device

Unit pemrosesan adalah komponen utama yang ada pada komputer. Bila salah satunya tidak ada, kemungkinan besar kamu nggak bisa menyalakan komputer kamu, atau komputer kamu nggak berjalan dengan sempurna. Ada beberapa komponen processing device, diantaranya adalah:

1. Power Supply Unit

Power supply unit atau PSU bisa dikatakan menjadi jantung dari sebuah komputer. Komponen ini berfungsi untuk menyediakan arus listrik yang dialirkan ke komponen-kompoen utama pada komputer dan menyediakan aliran listrik tetap yang berfungsi untuk komputer.

Pengertian Hardware 2

Untuk memiliki PSU yang baik sebaiknya kamu memilih brand-brand terkenal seperti Corsair, Cooler Master, Thermaltake, Seasonic, dan yang lainnya yang sudah memiliki sertifikasi 80 PLUS.

Selain itu, kamu juga harus mencari informasi tentang komponen yang akan kamu pasang ke dalam komputer kamu, semakin baru komponen yang kamu beli, semakin besar daya yang digunakan.

2. Motherboard

Seperti namanya, motherboard yang berarti papan induk, komponen ini berfungsi sebagai sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan segala macam perangkat keras seperti RAM, kartu grafis, processor, hardisk dan yang lainnya.

Pengertian Hardware 3

Sekarang-sekarang ini, masing-masing produsen mengeluarkan motherboard-motherboard yang dilengkapi dengan beragam fitur, terutama fitur RGB atau cahaya warna-warni yang muncul pada bagian-bagian tertentu pada motherboard.

3. Processor

Hardware satu ini bisa dibilang menjadi otaknya dari sebuah sistem. Komponen ini berfungsi untuk melakukan perhitungan yang kompleks yang memungkinkan untuk mengoperasikan segala aplikasi atau hal lainnya yang ada pada komputer. Ada dua merk processor yang digunakan oleh para pengguna komputer, diantaranya adalah AMD dan Intel.

Pengertian Hardware 4

4. Memory RAM (Random Access Memory)

Memory RAM merupakan hardware komputer yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan data yang bersifat sementara.

Pengertian Hardware 5

RAM atau sebutan lain memory akan mengirim dan menyimpan data-data yang dibutuhkan processor secara cepat lalu diubah menjadi informasi.

5. VGA Card atau GPU

Pengertian hardware yang bernama VGA card atau pengolah grafis adalah perangkat kartu ekspansi yang memiliki kegunaan untuk menampilkan visual-visual yang kemudian dimunculkan ke sebuah monitor.

Baca Juga  Cara Menginstal Windows 10 di Komputer atau Laptop, Mudah !

Pengertian Hardware 6

Bagi kamu yang suka bermain game, VGA card merupakan komponen yang paling penting untuk mampu menjalankan game-game 3D terkini. Begitu juga dengan VGA card, ada dua brand yang hingga saat kini masih menjadi rival, diantaranya NVIDIA dan AMD.

Output Device

Pengertian Hardware satu ini adalah hardware yang berfungsi untuk memberikan output berupa visual ataupun kertas cetak, contoh hardware output device adalah monitor, printer, dan juga speaker. Berikut penjelasan pengertian hardware output device.

1. Monitor

Monitor berfungsi untuk menampilkan gambar yang diproses dari komponen-komponen processing unit. Karena monitor mengeluarkan signal elektronik yang mampu menampilkan gambar, maka, monitor komputer merupakan soft-copy device.

Pada hari ini, monitor yang digunakan adalah monitor LCD atau LED. Monitor ini berbeda dengan monitor yang digunakan pada beberapa dekade lalu yang masih menggunakan monitor bentuk tabung. Monitor memiliki varian yang beragam yang bisa disesuaikan dengan fungsi konsumennya.

2. Printer

Pengertian harware yang disebut printer adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menghasilkan cetakan berupa gambar ataupun tulisan pada media kertas dari komputer. Ada tiga macam jenis printer, diantaranya printer ink jet, Printer dot metrix, printer laser jet.

3. Speaker

Sama seperti dengan speaker-speaker pada umumnya, speaker pada komputer berfungsi mengubah sinyal elektrik ke frekuensi suara dengan menggetarkan selaput yang ada pada perangkat keras output device ini.

Storage Unit

Sebagaimana namanya, unit ini berfungsi sebagai media penyimpanan. Media penyimpanan ini berfungsi untuk menyimpan data atau dokumen penting. Ada beberapa jenis media penyimpanan diantaranya HDD dan juga SSD. Berbeda dengan SSD, HDD memiliki lempengan pada bagian tengah. Masalah kecepatan, SSD memiliki kecepatan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan HDD.

Periferal atau Unit tambahan

Periferal merupakan perangkat keras yang kalau tidak adapun tidak akan memengaruhi pengoperasian komputer Anda. Beberapa contoh unit tambahan diantaranya: modem yang berfungsi untuk melakukan proses modulasi dan jura kartu suara yang berfungsi untuk merekam dan mengeluarkan suara.

Kesimpulan

Hardware pada dasarnya merupakan komponen yang paling penting untuk menjalankan komputer. Jenis-jenis unit tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan signifikan. Demikian artikel Laptopnesia tentang pengertian hardware. Bagimana sudah paham kan? Semoga bermanfaat!

Leave a Comment