Pengertian Mouse Pen dan Rekomendasi Terbaik (Dengan Harga)

Mouse pen adalah salah satu periferal komputer yang memiliki fungsi sama seperti sebuah mouse pada umumnya namun dengan bentuk seperti pulpen. Hal tersebut membuatmu dapat memegangnya dengan lebih nyaman dan membuat gerakan yang lebih presisi untuk kebutuhan tertentu.

Memang menggunakan sebuah pena merupakan cara yang paling nyaman untuk membuat tulisan atau gambar dengan tangan. Akan tetapi kendalanya adalah sebuah pena dirancang untuk ditorehkan di kertas, bukan di perangkat digital. Lalu pada akhirnya dikembangkanlah mouse pen atau juga sering disebut dengan digital pen yang berfungsi untuk menjadi periferal input pada komputer atau laptop dengan bentuk pena. Namun bagaimana cara kerjanya?

Promo Laptop Lenovo Yoga Terbaru

Cara Kerja Mouse Pen

Pengertian Mouse Pen

Saat ini kemungkinan besar kamu sudah menggunakan teknologi yang terdapat pada sebuah mouse pen. Ya, teknologi yang sama bisa kamu temukan pada mouse komputermu. Kedua alat tersebut memiliki mekanisme yang sama yakni dengan memanfaatkan sensor optik. Apabila kamu melihat bagian bawah dari mouse-mu, maka kamu akan melihat dua buah komponen yang terdiri dari pemancar cahaya berwarna merah dan juga sebuah sensor yang membaca gerakan dari cahaya merah yang telah direfleksikan di sebuah permukaan.

Ketika kamu menggerakkan mouse, cahaya berwarna merah tersebut dipancarkan ke arah bawah yang kemudian dipantulkan ke arah sensor. Sensor tersebut membaca pola gerakan dan kemudian menerjemahkannya menjadi gerakan kursor di layar komputer.

Mungkin kamu sudah pernah mencoba menulis atau menggambar menggunakan mouse. Namun dengan bentuk mouse yang kurang mendukung untuk kebutuhan tersebut, maka hasil yang keluar juga akan tampak berantakan. Lain halnya jika kamu memegang sebuah benda berbentuk pena yang membuatmu jauh lebih mudah dalam membuat bentuk dan tulisan karena kamu bisa membuat gerakan dengan jauh lebih presisi.

Baca Juga  10 Game Pesawat Tempur PC Terbaik Untuk Segala Spesifikasi

Mouse pen wireless sangat banyak dijual di pasaran dengan harga yang beragam. Tidak sulit untuk menemukan mouse pen murah dengan kualitas yang bagus. Untuk bisa menggunakannya, yang perlu kamu lakukan hanyalah menghubungkan transmitter USB ke komputermu. Beberapa mouse pen juga menawarkan konektivitas Bluetooth.

Mouse Pen untuk Menggambar

Pengertian Mouse Pen

Dalam hal menghasilkan karya seni, kamu bisa memanfaatkan alat ini untuk menggambar. Pada awalnya memang kamu harus beradaptasi dengan bentuk dari sebuah mouse pen yang umumnya sedikit lebih tebal daripada pena standar. Ketika kamu sudah terbiasa, maka kamu bisa menghasilkan karya digital yang lebih memenuhi ekspektasi dibandingkan ketika kamu menggunakan mouse yang lebih sulit untuk keperluan tersebut.

Selain itu, alat ini juga sangat cocok bagi kamu desainer yang menggunakan laptop dan sering bepergian. Selain bentuknya yang sangat ringkas dan tidak memakan banyak tempat di tas kamu, kamu juga bisa memanfaatkan alat ini sebagai sebuah mouse biasa atau bisa juga untuk menggambar. Hal tersebut tentunya jauh lebih nyaman apabila dibandingkan kamu menggunakan trackpad pada laptop.

Rekomendasi Mouse Pen Terbaik

Bagaimana? Sudah tahu kan apa fungsi dari mouse pen? Bagi kamu yang ingin memulai menjadi seorang desainer grafis, kamu bisa mencoba menggunakan jenis mouse ini karena menggambar dengan mouse jenis ini jauh memudahkan dibandingkan dengan menggunakan mouse tradisional. Nah, berikut rekomendasi mouse pen terbaik dari Laptopnesia yang bisa kamu jadikan pilihan.

  1. Wacom Intuos Small CTL-4100WL

Harga: Rp 1,899,000

Wacom bisa dibilang adalah brand yang cukup populer di kalangan para desainer grafis. Merk satu ini menawarkan sebuah pen beserta dengan tablet dengan harga yang beragam. Bagi para desainer grafis pemula, menggunakan Wacom Intuos Small CTL-4100WL bisa dijadikan pilihan. Pen tablet besutan Wacom ini hadir dengan tiga varian warna yang bisa kalian pilih, di antaranya adalah hijau, hitam, dan juga pink. Pen tablet ini dilengkapi dengan teknologi bluetooth sehingga meja kalian akan tetap rapi tanpa kabel-kabel yang membuatnya terlihat berantakan. Nggak hanya itu, ketika membeli pen tablet ini, kamu nggak perlu membeli lagi aplikasi desain grafis (apalagi yang bajakan), karena kamu bisa mengunduh secara gratis beberapa aplikasi seperti Corel Painter Essential 6, Corel Aftershit, dan juga CLIP STUDIO PRO.

Baca Juga  Pengertian dan Fungsi Sound Card (Perlukah Kamu Membelinya?)

Mouse Pen

  1. XP-Pen Deco 01

Harga: Rp 935,000

Pen tablet kedua rekomendasi dari kami adalah sebuah produk bernama XP-Pen Deco 01 yang mana memiliki ketebalan yang tipis yakni hanya 8 mm. Hal ini sangat memudahkan kalian yang ingin membawa pen tablet ini ke mana saja, terlebih bagi kalian para desainer grafis dengan mobillitas tinggi. Selain itu, XP-Pen Deco 01 dilengkapi dengan stylus stand yang membuatnya sangat praktis.

Promo Lenovo Yoga Terbaru

Mouse Pen

  1. Wacom One Medium CTL-672

Harga: Rp 1,050,000

Salah satu keunggulan dari produk besutan Wacom ini adalah dilengkapinya dengan stylus pen tablet dengan teknologi elektromagnetik. Teknologi ini memungkinkan kamu menggambar garis dengan lebih akurat sehingga ketika mengedit foto atau membuat gambar di aplikasi desain seperti Adobe Photoshop ataupun Illustrator menjadi lebih mudah.

Mouse Pen

 

Leave a Comment