Perbedaan Windows 10 Home dan Pro (Apa yang Signifikan?)

Seperti Windows keluaran sebelumnya, Microsoft merilis beberapa edisi di setiap sistem operasi keluarannya,  namun apa sih membedakan mereka terutama perbedaan Windows 10 Home dan Pro, dan apa yang signifikan diantara mereka? Windows 10 dapat dikatakan sebagai sistem operasi yang laris dibandingkan dengan seri 8 atau 8.1. Windows 10 mengembalikan kejayaan yang pernah dialami oleh Windows XP dan juga 7. Untuk pengguna yang baru menggunakan sistem operasi ini pun tidak perlu bersusah payah untuk adaptasi.

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro

Pada seri ini, Microsoft menghadirkan 4 edisi diantaranya adalah Windows 10 Home yang digunakan untuk keperluan pribadi atau rumahan, Windows 10 Pro yang ditujukan pada profesional, Windows 10 Enterprise yang digunakan untuk kepentingan perusahaan, dan yang terakhir Windows 10 yang digunakan untuk kepentingan edukasi yakni edisi Education.

Laptopnesia kini akan memberikan sejumlah informasi tentang perbedaan Windows 10 Home dan Pro. Kamu mungkin masih bertanya-tanya dalam sukma dan kalbu, tentang perbedaan diantara mereka, dan mereka memiliki harga yang lebih berbeda. Edisi Pro memiliki harga yang lebih mahal daripada seri Home. Nah, bagi kamu yang mau beli versi original dari Windows 10, artikel ini cocok banget buat kamu. Ikuti aja ya.

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro

Pada dasarnya kedua edisi Windows 10 ini memiliki inti yang sama, namun apa sih yang membedakan mereka? Keduanya memiliki beberapa fitur yang berbeda yang mungkin bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Kami akan membagikannya ke dalam beberapa kategori diantaranya fitur utama, pengaturan automatic update, dan fitur business experience (fitur bisnis) Berikut beberapa perbedaan dari kedua edisi Windows 10 tersebut.

Baca Juga  10 Game PC RAM 4 GB untuk Spesifikasi Laptop/PC Kentang

Fitur Utama (Core Feature)

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro pertama adalah dari fitur intinya. Sebelumnya kami sudah menyebutkan kalau kedua edisi Windows 10 tersebut memiliki fitur inti yang sama. Fitur-fitur inti tersebut adalah Start Menu, User Experience, User Interface, Cortana, Virtual Desktop, Windows Hello, dan beberapa yang lainnya. Mungkin jika kamu penasaran untuk lebih lengkapnya fitur-fitur inti apa dan bagaimana yang ada pada Windows 10 dikedua edisi tersebut, berikut tabelnya.

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro

Fitur Business Experience

Nah, fitur ini yang membedakan kedua fitur pada kedua edisi Windows 10 tersebut. Sebagaimana namanya, Windows 10 Home merupakan sistem operasi yang ditujukan untuk penggunaan rumahan. Ada beberapa fitur yang dipangkas, sehingga kamu nggak akan bisa nemuin fitur edisi Windows 10 Pro di edisi Home.

Begitu juga seri Pro. Kamu nggak akan nemuin beberapa fitur yang ada pada kedua edisi lainnya, Enterprise dan Education. Microsoft juga menyertakan fitur bisnis pada sistem operasi terbaru keluaran mereka ini. Nah, berikut tabel dari beberapa fitur bisnis lain yang membedakan keempat edisi tersebut.

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro

Beberapa fitur bisnis yang berbeda diantaranya adalah:

Bitlocker

Microsoft menyediakan sistem enkripsi khusus yang secara langsung sudah terintegrasi dengan Windows yang dinamakan Bitlocker. Sebenarnya fitur ini sudah ada pada Windows 7. Bitlocker berfungsi untuk mengamankan data. Anda dapat mengunci akses data Anda dengan menggunakan Bitlocker.

Windows 10 memiliki program yang sama, yakni device encryption. Kedua seri ini memiliki fitur ini. Jadi jika Windows 10 yang kamu punya adalah seri Home, kamu nggak perlu mengupgradenya ke edisi Pro untuk mendapatkan fitur ini.

Remote Desktop

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh dengan perangkat tambahan. Fitur ini berguna bagi kamu yang ingin presentasi dengan laptop kamu. Selain itu, bagi para teknisi, fitur ini dapat digunakan untuk memperbaiki permasalahan yang ada pada software tanpa harus berada di jarak yang dekat dengan laptop atau komputer.

Baca Juga  6 Game PC Online Terbaik Sepanjang Masa (Semuanya Gratis)

Sayangnya bagi kamu pengguna Windows 10 edisi Home, kamu nggak akan mendapatkan fitur ini. Akan tetapi, kamu masih bisa menginstal aplikasi serupa untuk menggunakan remote desktop.

Group Policy

Fitur ini biasanya digunakan oleh admin untuk mengatur beberapa komputer secara bersamaan. Fitur ini dapat digunakan di kantor yang komputernya saling terhubung dan juga warnet. Fitur ini juga berisi beragam pengaturan yang lebih mendetil. Fitur ini juga tidak akan kamu temukan di edisi Home.

Automatic Update

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro yang lain adalah update-annya. Jika sistem operasi yang kamu gunakan adalah Windows 10 Home kamu nggak bisa mematikan update-annya secara defaulr. Sedangkan edisi Pro bisa ditunda update-annya sampai 8 bulan maksimalnya. Namun kamu masih bisa mematikan updatenya.

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro

Kesimpulan

Kami sangat menganjurkan untuk membeli Windows 10 yang asli. Namun, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan kamu. Jika kamu hanya membutuhkan sistem operasi yang digunakan untuk kepentingan pribadi, kami sarankan untuk menggunakan Windows 10 edisi Home, karena kamu nggak akan membutuhkan fitur-fitur bisnis secara penuh. Dan terlebih lagi edisi ini harganya juga lebih murah. Demikian artikel Laptopnesia tentang perbedaan windows 10 Home dan Pro. Bagaimana sudah mempertimbangkan yang mana yang bakalan kamu gunakan? Semoga bermanfaat teman-teman.

Leave a Comment