Sejarah Komputer Dari Masa Ke Masa dan Perkembangannya

Sejarah komputer sangatlah panjang dan salah satu benda yang sangat penting ini masih berkembang teknologinya. Komputer tentunya merupakan benda yang kini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dari kota hingga pedesaan menggunakan alat ini. Mulai dari untuk kerja sampai untuk bermain game. Sekarang, dimana hampir semua lini didigitalisasi, sangat banyak bidang pekerjaan yang menggunakan komputer. Pada artikel kali ini Laptopnesia akan membahas sejarah komputer. Kamu bakal mendapatan wawasan tambahan bila mengikuti artikel ini sampai selesai.

Sejarah komputer sendiri dibagi kebeberapa generasi. Namun, sebelum kita berangkat ke sejarahnya, apakah kamu tahu apa itu komputer dan apa arti komputer itu? Berikut beberapa hal mendasar tentang komputer.

Pengertian komputer

Komputer kini sudah digunakan oleh banyak orang, dari anak-anak hingga dewasa kini banyak yang menggunakan komputer, namun apakah kamuu tahu definisi dari komputer? Komputer pada dasarnya adalah sebuah peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang antar komponennya bekerja satu sama lain yang bertujuan untuk menghasilkan informasi berdasarkan program dan juga data.

Istilah komputer sendiri berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berarti alat hitung. Hal ini dikarenakan komputer pada awalnya digunakan sebagai alat yang berfungsi untuk mengolah angka. Kini evolusi komputer dapat kita lihat. Komputer kini berkembang menjadi sebuah alat yang dapat melakukan apa saja. Komputer tidak hanya digunakan untuk “mengolah angka”, namun juga dapat digunakan untuk menikmati hiburan.

Setelah kamu sudah mengetahui apa arti dari komputer. Kami akan membawa kamu kembali ke zaman dimana pertama kali komputer ditemukan.

Sejarah Komputer Dari Masa Ke Masa dan Perkembangannya

Sejarah Komputer Menurut Generasinya

Komputer pertama kali ditemukan oleh seorang matematikawan asal Inggris yang bernama Charles Babbage. Charles Babbage juga dijuluki sebagai bapak komputer. Pada zaman sebelum Babbage menemukan komputer, perhitungan masih mengginakan tabel matematika yang mana masih mengalami banyak kesalahan. Oleh karena itu, Babbage mengembangkan metode perhitungan yang dilakukan secara mekanik untuk menekan kesalahan. Ketika menciptakan sebuah alat hitung mekanik, Babbage terinspirasi dengan mesin hitung yang dikembangkan oleh Blaise Pascal, Wilhelm Schickard, dan Gottfried Leibniz.

Mesin yang diciptakan Charles Babbage adalah beberapa komputer mekanik. Sayanganya, mesin yang diciptakan Babbage tidaklah selesai karena masalah biaya. Babbage meninggal pada 18 Oktober 1871 pada umur 79, dan warisannya kini sangat berarti bagi perkembangan teknologi informasi di dunia. Beberapa bagian dari mesin yang belum selesai yang diciptakan Babbage, dipamerkan di Science Museum di London, Inggris.

Baca Juga  4 Browser Terbaik untuk Laptop/PC, Kelebihan & Kekurangannya

Sejarah Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)

Generasi pertama komputer berawal pada tahun 1946. Komputer generasi pertama dibangun dengan menggunakan komponen dasar tabung vakum. Komputer generasi pertama salah satunya adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Komponen ini tidak efisien dalam beberapa aspek karena tabung vakum cepat panas ketika digunakan. Tak hanya itu, ketika beroperasi, komponen ini harus dialiri daya listrik yang sangat besar.

Komputer dengan tabung vakum ini pertama kali dibangun di University of Pennsylvania di Amerika Serikat oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly. Untuk membuat komputer ini mereka menggunakan 18,000 tabung vakum dengan ukuran 1,800 kaku yang memiliki bobot hingga 30 ton. Sebenarnya ENIAC sudah dirancang programnya sejak 1942, namun baru mulai dikembangkan pada tahun 1943. Komputer in memiliki bentuk yang sangat besar sehingga untuk meletakkan ENIAC, dibutuhkan ruangan berukuran 500 m2. Komputer ini juga membutuhkan daya yang sangat besar, ketika baru menyala saja komputer ini memerlukan daya listrik 140 kilo watt.

Selain itu, dana pembuatan ENIAC mencapai 1 juta Dollar. Sayangnya kemampuan ENIAC sangatlah terbatas. Orang yang mengoperasikan ENIAC wajib menggunakan punched card atau kartu berlubang dan juga pita kertas agar bisa diinput. Software yang digunakan komputer jenis ini sama dengan software yang didesain untuk pesawat perang.

Sedangkan di universitas yang sama, John Von Neuman, pada tahun 1940 ikut bergamung. Namun, John Von Neuman menciptakan komputer dengan nama EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer yang menggunakan memori yang dapat menyimpan data pada tahun 1945. Komputer generasi pertama memiliki instruksi yang ada pada pengoperasian yang dirancang secara spesifik yang digunakan untuk suatu tugas.

Sejarah Komputer Dari Masa Ke Masa dan Perkembangannya

Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965)

Berbeda dengan komputer generasi pertama, komputer generasi kedua memanfaatkan teknologi transistor yang menggantikan tabung vakum yang digunakan komputer generasi pertama. Komponen ini ditengarai memiliki daya yang lebih efisien dibanding dengan tabung vakum. Ukuran pada komputer generasi kedua juga lebih kecil dibanding dengan generasi sebelumnya. Biaya pembuatan dan penggunaan dayanya pun juga lebih rendah.

Ketika komputer generasi pertama menggunakan bahasa mesin sebagai bahasa pemrogramannya, komputer generasi ini menggunakan bahasa Assembly dan juga bahasa simbolik. Oleh karena itu, programmer mampu memberikan instruksi dengan menggunakan bahasa pemrograman tersebut. Super komputer adalah mesin pertama yang menggunakan teknologi ini. Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yakni IBM, juga membangun super komputer yang diberi nama Stretch dan Spery-rand.

Sejarah Komputer Dari Masa Ke Masa dan Perkembangannya

Pada awal tahun 1960an, banyak komputer generasi kedua yang sukses dibidang bisnis yang digunakan di instansi pemerintah dan juga universitas. Komponen yang dimiliki komputer generasi ini dapat disatukan dengan komputer yang ada pada ini, sebagai contoh printer, memori, penyimpanan yang ada pada disket, dan juga sistem operasi.

Baca Juga  Urutan Processor Intel Terbaru 2018, Terendah ke Tertinggi

Pada tahun 1965, banyak bisnis yang menggunakan komputer generasi ini untuk dipakai sebagai pemroses informasi. Namun, fungsi komputer generasi ini hanya digunakan untuk pehitungan ilmiah.

Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1971) Integrated Circuit

Setelah komputer generasi kedua dirasa memiliki kekurangan, munculah komputer dengan integrated circuit yang menggantikan teknologi transistor sebagai komponen utama. Walaupun begitu, transistor masih digunakan sebagai komponen pada komputer, namun ukurannya lebih lebih kecil. Transistor-transistor berukuran kecil tersebut diletakkan di dalam sebuah IC bersamaan dengan kapasitor dan resistor.

Sirkuit terintegrasi pertama kali dikembangkan oleh seorang insinyur listrik asal Amerika Serikat bernama Jack Kilby. IC ditengarai sebagai teknologi yang membuat secara signifikan performa komputer lebih cepat dan efisien dari generasi sebelumnya. Dapat dikatakan pengembangan komputer generasi ini sangat cepat.

Sejarah Komputer Dari Masa Ke Masa dan Perkembangannya

Sejarah Komputer Generasi Keempat (1971 Hingga Sekarang) Microprocessor

Komputer generasi keempat adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini. Komponen dasar yang digunakan komputer generasi keempat adalah mikroprosesor. Komponen ini berupa chip yang di dalamnya terdiri dari ribuan transistor dan bermacam-macam elemen sirkuit yang terhubung satu sama lain. Perusahaan yang paling berpengaruh akan perkembangan chip mikroprosesor ini adalah Intel karena sudah menciptakan chip Intel 4004. Intel juga menciptakan komputer dengan ukuran yang lebih kecil dan daya yang lebih efisien.

Pada tahun 1971 IBM memproduksi komputer untuk rumahan. Di samping itu, Apple, pertama kali mengenalkan Macintosh pada khalayak ramai pada tahun 1984. Macintosh merupakan sistem operasi yang berfungsi untuk menjalankan komputer. Beberapa tahun selanjutnya, perkembangan teknologi informasi dan komputer tidaklah berhenti. Kini kita dapat menikmati internet, dan semacamnya.

Dan hingga sekarang komputer generasi ini terus menerus berevolusi dan berinovasi. Banyak produsen-produsen yang saling bersaing untuk menciptakan komputer yang mampu digunakan untuk segala hal, mulai dari bekerja hingga bermain game.

Sejarah Komputer Dari Masa Ke Masa dan Perkembangannya

Sejarah Komputer Generasi Kelima (Sekarang Hingga Masa Depan) Artificial Intelligence

Kini teknologi komputer semakin canggih. Komputer kini menggunakan teknologi dengan kecerdasan buatan atau yang disebut sebagai artificial intelligence (AI). Komputer generasi ini dibangun agar komputer dapat merespon dengan menggunkan bahasa yang digunakan manusia. Komputer generasi kelima ini ditengarai akan memiliki kecerdasan yang sama dengan kecerdasan yang dimiliki manusia. Kamu bakal menemukan apa yang kamu lihat di film-film yang menggambarkan masa depan.

Sejarah Komputer Dari Masa Ke Masa dan Perkembangannya

Demikian artikel Laptopnesia tentang sejarah masa ke masa dan juga perkembangannya. Kami harap kamu bisa mendapatkan informasi agar dapat menambah pengetahuan kamu dalam mengetahui dunia perkomputeran. Semoga bermanfaat teman-teman.

Leave a Comment