VPN Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Kelebihannya

VPN Adalah 3

Apa kamu tahu apa itu VPN? Pengertian VPN adalah suatu upaya memperpanjang sebuah jaringan pribadi melalui jaringan publik dan memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan publik seolah-olah perangkat komputasi mereka secara langsung dihubungkan ke jaringan pribadi.

Atau sesuai dengan singkatannya VPN atau Virtual Private Network merupakan jaringan koneksi virtual atau maya pribadi.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa VPN adalah koneksi virtual pada jaringan tertentu danpa ada koneksi asli yang terenkripsi.

Teknologi dikembangkan dengan tujuan untuk memungkinkan pengguna yang tidak terhubung dengan kabel dan kantor cabang untuk mengakses aplikasi dan sumber-sumber lain.

Koneksi jaringan pribadi didirikan menggunakan tunneling protocol berlapis-lapis yang terenkripsi dan juga metode autentikasi seperti memasukkan password atau sertifikat untuk memastikan keamanannya.

Selain itu, fungsi VPN adalah bagi pengguna internet yang ingin mengamankan identitas pribadinya agar tetap anonimus di internet.

Seperti kita tahu ada beberapa website yang tidak bisa dibuka seperti Reddit di Indonesia. Akan tetapi, pengguna bisa tetap membukannya melalui VPN tersebut.

VPN dibuat dengan mendirikan koneksi titik ke titik virtual melalui penggunaan sirkuit terdedikasi dengan tunneling protocol pada jaringan yang ada. VPN sendiri memilliki tipe-tipenya sendiri. Berikut tipe-tipe VPN.

VPN Adalah (Tipe-tipe VPN)

Pada dasarnya, VPN bisa dicirikan dengan akses remot dengan menghubungkan sebuah komputer ke sebuah jaringan.

VPN juga bisa digunakan untuk menginterkoneksi dua jaringan yang sama melalui sebuah jaringan yang berbeda. Contohnya: 2 jaringan IPv6 melalui jaringan IPv4.

Baca Juga  Review Resident Evil Revelations 2 PC (Claire Telah Kembali!)

Sistem-sistem VPN bisa diklasifikasi oleh:

  • Tunneling protocol yang digunakan untuk menembus traffic.
  • Lokasi titik pemberhentian terowongan, contoh: pada edge pelanggan ke edge jaringan-provide.
  • Tipe topologi koneksi seperti situs-ke-situs atau jaringan-ke-jaringan.
  • Tingkatan keamanan yang diberikan.
  • Lapisan OSI yang mereka berikan pada jaringan yang terhubung seperti konektivitas jaringan sirkuit Layer 2 atau Layer 3.
  • Beberapa koneksi yang bersamaan.

Selain itu, ada beberapa fungsi VPN secara umum, berikut fungsi-fungsi tersebut:

VPN Adalah (Fungsi-fungsi VPN)

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa VPN memiliki fungsi salah satunya untuk mengakses sebuah webseite yang ditutup di suatu negara, contoh: Reddit di Indonesia. VPN juga memiliki fungsi lain, diantaranya.

VPN Adalah 2

1. Menjaga Kerahasiaan Data (Confidentially)

Salah satu kegunaan VPN adalah menjaga kerahasiaan data dan informasi agar tidak dipersalah gunakan oleh orang lain.

Semakin berkembangnya teknologi internet, sebaiknya pengguna harus lebih waspada karena menggunakan jaringan bersifat publik seperti di cafe atau di tempat ramai memiliki potensi bahaya, apalagi bagi kamu para pebisnis yang memiliki dokumen-dokumen penting. Maka dari itu, penggunaan VPN bisa mengamankan keluar masuknya data dengan menggunakan metode enkripsi.

2. Keutuhan Data (Data Integrity)

Selain menjaga kerahasiaan data, fungsi lain VPN adalah untuk menyelamatkan data-data pengguna internet dari oknum yang nggak bertanggung jawab.

Aplikasi VPN akan menjamin proses pengiriman data diterima sesuai dengan permintaan user tanpa adanya manipulasi data.

3. Otentikasi Sumber

Fungsi terakhir dari VPN adalah mampu mengautentikasi sumber pengirim data yang akan diterima. Aplikasi VPN akan memastikan data yang masuk sesuai dari sumbernya.

Selain itu, aplikasi VPN juga memiliki kegunaan untuk mencegah virus dengan cara memeriksa sumber data yang diterima.

Baca Juga  Speaker Komputer Terbaik dan Terbaru Untuk Tahun 2019

VPN Adalah (Cara Kerja VPN)

Setelah kamu tahu apa itu VPN atau fungsi VPN, mungkin bagi sebagian dari kamu bertanya mengapa kok bisa aplikasi VPN mampu mencegah penyalah gunaan data, pada bab ini kami akan membahas cara kerja VPN.

VPN Adalah 1

Pada dasarnya, VPN membuat jaringan di dalam jaringan yang sering juga disebut dengan tunneling. Tunneling ini memiliki tujuan untuk membuat jalur koneksi secara pribadi yang memanfaatkan jaringan lain.

Kemudian ketika mengakses sebuah website, segala traffic data yang diminta oleh website akan diakses melalui server ISP (Internet Service Provider). Nah, disini VPN bertugas mengenkripsi data sehingga server VPN mampu mengetahui traffic data penguna.

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa penggunaan VPN bisa menjaga data kamu dari orang-orang yang nggak bertanggung jawab. Apalagi bagi kamu yang sering menggunakan WiFi cafe yang kamu nggak tahu siapa saja yang ada di dalam cafe tersebut.

Akan tetapi dibalik segala kegunaannya, VPN juga sering disalah gunakan. Banyak orang yang menggunakan VPN untuk mengakses konten-konten terlarang dan juga untuk menggunakan VPN kita memerlukan perhatian lebih dalam penetapan sistem keamanan.

Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang VPN adalah. Bagaimana? Semoga bermanfaat!

Leave a Comment