4 Fungsi RAM di Laptop/PC (Pengertian, Jenis, & Kapasitas)

Mengenal fungsi RAM untuk laptop sangat penting, terutama untuk kamu yang berencana mengupgrade laptop. RAM termasuk salah satu faktor penting untuk mengetahui seberapa tangguh laptop saat menjalankan aplikasi dan tugas yang berat. RAM itu sendiri merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM sendiri punya fungsi utama yaitu sebagai tempat penyimpanan data atau instruksi program secara sementara pada laptop atau komputer. Ini artinya, jika laptop dimatikan maka data yang disimpan dalam RAM akan terhapus. Data yang ada di dalam RAM adalah data-data dari sistem operasi, program, atau aplikasi yang sedang digunakan.

Fungsi RAM

RAM bukanlah satu-satunya faktor penentu laptop kencang atau tidak. Secara umum, RAM hanya berfungsi membantu prosesor dalam mengolah data. Jadi data-data sistem atau aplikasi yang dibutuhkan akan disimpan di dalam RAM dan akan dipanggil untuk diproses di prosesor hanya saat dibutuhkan saja. Besar kecilnya kapasitas RAM sangat berpengaruh terhadap performa laptop. Semakin besar kapasitas RAM artinya semakin banyak pula data sistem dan aplikasi yang bisa diproses.

Oleh karena itu, laptop dengan RAM besar biasanya sangat dibutuhkan oleh pekerja profesional yang terbiasa menghadapi banyak data dan gamer yang membutuhkan performa gaming mulus. Bahkan saat ini, ada laptop gaming yang punya kapasitas RAM 32 GB, atau 8 kali lebih besar dari laptop standar yang biasanya memiliki RAM 4GB.

Fungsi RAM

Selain besar kapasitas RAM, teknologi RAM juga sangat berpengaruh untuk menilai seberapa kencang kinerja laptop kamu. Saat ini di pasaran, kamu bisa menemukan laptop dengan RAM berjenis DDR3, DDR4, hingga yang terbaru DDR5. Semakin baru teknologi dan jenis RAM, maka semakin kencang pula performa laptop. Ini karena RAM yang lebih canggih mampu mengantarkan data lebih banyak dan lebih cepat ke prosesor sehingga berujung ke semakin baiknya performa laptop.

Baca Juga  Bagaimana Cara Video Call WhatsApp di Laptop ? Ini Dia !

Namun Begitu, tak sembarang laptop bisa dipasang RAM besar. Biasanya Mainboard atau Motherboard sebuah komputer hanya membatasi berapa besar kapasitas dan jumlah RAM yang bisa dipasang. Selain itu, prosesor dan sistem operasi juga kadang membatasi jumlah RAM yang bisa ditanganinya. Kompatibilitas RAM juga sangat berpengaruh, karena berbeda jenis RAM maka berbeda pula bentuk fisiknya.

Fungsi RAM

Berikut ini Laptopnesia, mau membahas apa saja fungsi RAM untuk laptop atau komputer. Yuk simak informasi berikut. Semoga bermanfaat.

Fungsi RAM Ke-1: Menyimpan Memory Sementara

Menyimpan data adalah fungsi paling utama dari sebuah RAM. Saat komputer beroperasi, RAM menyimpan data yang dibutuhkan oleh aplikasi atau program secara sementara. Program atau aplikasi yang sedang berjalan lalu akan memberikan informasi untuk disimpan di dalam RAM. Data yang disimpan di dalam RAM kemudian akan diteruskan ke prosesor atau CPU untuk diproses.

Secara singkat, data-data yang dibutuhkan aplikasi dan sistem untuk beroperasi akan disimpan di dalam RAM. Data-data tersebut kemudian akan dipasok ke CPU untuk diproses. Dengan begini, kita bisa simpulkan jika kapasitas RAM semakin besar maka semakin banyak pula data yang bisa disetor ke CPU. Maka dari itu, laptop yang punya RAM besar bisa bekerja lebih kencang dibanding laptop dengan RAM kecil.

Fungsi RAM Ke-2: Meningkatkan Performa Multitasking Laptop

Multitasking adalah suatu istilah yang biasa digunakan menggambarkan suatu keadaan di mana laptop bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam waktu bersamaan. Saat bekerja multitasking, RAM memegang peranan penting untuk membuat kinerja multitasking laptop semakin mulus. Bisa dibayangkan jika, satu aplikasi saja bisa menyetor banyak data, maka bagaimana dengan 2 atau 3 aplikasi yang berjalan bersamaan. Pasti akan semakin banyak data yang harus ditampung ke dalam RAM.

Baca Juga  10 Game PC Terbaru 2019 yang Jangan Sampai Kamu lewatkan

Oleh karena itu, supaya laptop kamu tidak lemot saat menggunakan banyak aplikasi, ada baiknya memilih laptop yang punya kapasitas RAM besar.

Fungsi RAM Ke-3: Mempercepat Pemrosesan Informasi

Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin banyak pula data dari sistem dan aplikasi yang disimpan. Dengan begini, RAM akan lebih banyak menyimpan dan meneruskan data dari ke CPU. Data yang semakin banyak akan memuluskan pemrosesan informasi karena CPU tak perlu menunggu lama data yang dibutuhkan oleh aplikasi.

Jika kamu membutuhkan performa laptop yang kencang, maka pilihlah laptop yang punya kapasitas RAM besar. Atau paling tidak sesuai dengan kebutuhan komputasi kamu sehari-hari. Laptop dengan RAM kecil tentu akan memiliki keterbatasan dalam mengolah informasi aplikasi.

Fungsi RAM Ke-4: Memuluskan Performa Grafis dan Pengolahan Data

Game dengan grafis 3D yang kompleks akan menyetor data sangat banyak ke dalam RAM. Oleh karena itu, untuk kamu yang membutuhkan laptop untuk game, pastikan memiliki RAM besar. Selain Gamers, pekerjaan yang biasa menangani data dalam jumlah besar dan desain grafis juga membutuhkan RAM besar. Semakin besar RAM maka semakin banyak pula data yang dapat diproses dalam waktu singkat. CPU akan mudah mengolah data karena pasokannya lancar sehingga tidak ada lagi hang saat menggunakan aplikasi berat.

Leave a Comment