Skip to content
Home » Info » Review ASUS ZenBook Duo UX481: Dual Layar Buat Multitasking

Review ASUS ZenBook Duo UX481: Dual Layar Buat Multitasking

  • by
Review ASUS ZenBook Duo UX481

ASUS ZenBook Duo UX481 adalah laptop high-end terbaru ASUS dengan sederet keunggulan. Sebagai salah satu produsen perangkat laptop dan PC terkenal di dunia, ASUS selalu berusaha mencari pemecahan masalah untuk para penggunanya dari berbagai kalangan. Mulai dari content creator, web developer, bahkan hingga para pengusaha yang membutuhkan perangkat serba bisa dan tangguh. Khusus untuk ASUS ZenBook Duo UX481, adalah laptop multitasking handal yang bisa content creator gunakan dengan mudah.

ASUS ZenBook Duo UX481 memiliki sederet kelebihan untuk memudahkan penggunanya. Mulai dari multitasking, layar hebat hingga kecepatan performa yang tangguh. Berikut kelebihan ASUS ZenBook Duo UX481.

Review ASUS ZenBook Duo UX481

Body dan Desain ZenBook Duo UX481

Jadi laptop dengan desain dual layar pertama, ASUS ZenBook Duo UX481 jadi representasi desain laptop masa depan. Tampilannya yang dengan bodi simetris yang unik dan modern sehingga membuat pengguna “asyik”  ketika membawanya. Tak ketinggalan dengan ciri khasnya, ASUS pun tetap menampilkan desain ZenBook dengan spun-metal finish di bagian belakang layarnya.

Laptop ini tampil dengan balutan warna Celestial Blue yang elegan dan mengantongi sertifikasi ketahanan standar militer MIL-STD 810G. Sertifikasi tersebut membuktikan bahwa ZenBook Duo UX481 telah lolos berbagai pengujian ekstrem mulai dari uji penggunaan di ketinggian ekstrem, uji ketahanan jika laptop ini dijatuhkan dari ketinggian tertentu, uji ketahanan terhadap getaran, hingga uji penggunaan di suhu ekstrem.

ASUS tak berhenti sampai di sana, ASUS ZenBook Duo UX481 telah dilengkapi dengan fitur ErgoLift Design yang membuat bodi utamanya terangkat dan menghadirkan rongga udara ekstra. Rongga udara udara tersebut dapat membantu menghadirkan aliran udara yang lebih lancar. Tidak hanya membuat aliran udara untuk sistem pendingin lebih baik, ErgoLift Design juga membuat pengalaman mengetik di ZenBook Duo UX481 menjadi lebih baik. Hal tersebut dikarenakan ErgoLift Design juga membuat posisi keyboard menjadi sedikit miring dan lebih nyaman untuk mengetik.

Berbagai Fitur ScreenPad Plus

Fitur utama yang membedakan ZenBook Duo UX481 dengan laptop lainnya adalah ScreenPad Plus. Berbeda dengan ScreenPad yang ada di seri ZenBook sebelumnya. ScreenPad Plus pada dasarnya merupakan layar kedua dengan ukuran setengah dari layar utama. Dengan kata lain ukuran resolusi ScreenPad Plus di ZenBook Duo UX481 juga sama-sama 4K. ScreenPad Plus di ZenBook Duo UX481 juga memiliki kualitas panel yang sama dengan layar utamanya.

Baca Juga  4 Fungsi RAM di Laptop/PC (Pengertian, Jenis, & Kapasitas)

Review ASUS ZenBook Duo UX481

Pengguna ZenBook Duo UX481 dapat menampilkan hingga tiga window atau aplikasi di ScreenPad Plus. Cukup drag-and-drop aplikasi yang diinginkan dan posisikan sesuai dengan layout yang disediakan. Jika hanya ingin menampilkan dua aplikasi, drag aplikasi yang dipilih ke tepi layar ScreenPad Plus dan sistem akan membagi layar menjadi dua bagian secara otomatis.

Antarmuka khusus dari ZenBook Duo UX481 lebih mudah untuk mengatur berbagai aplikasi yang sedang ditampilkan baik di layar utama maupun di ScreenPad Plus. Berikut keunggulan ScreenPad Plus ASUS ZenBook Duo UX481.

  • App Switcher, untuk memindahkan aplikasi dari layar utama ke ScreenPad Plus dengan instan dan menampilkan aplikasinya secara penuh layar utama dan ScreenPad Plus
  • Tas Swap, untuk memindahkan aplikasi dari layar utama ke ScreenPad Plus begitu pun sebaliknya dengan mudah
  • App Navigator dan Task Group, Memudahkan pengguna untuk mengatur sekaligus memonitor aplikasi yang sedang berjalan secara mudah melalui ScreenPad Plus
  • Quick Key, untuk menampilkan tombol pintasan (shortcut) di layar ScreenPad Plus. Dapat diintegrasi dengan aplikasi apapun yang sedang dijalankan. Selain itu, dapat menampilkan tombol pintasan sesuai dengan aplikasi yang sedang berjalan

Enak Buat Multitasking

Istilah multitasking sudah cukup lama hadir, khususnya sejak perangkat komputasi memiliki performa yang semakin kencang berkat perkembangan teknologi. Multitasking berarti menjalankan dua atau lebih aplikasi secara bersamaan. Dengan kualitas multitasking yang handal tentunya akan meningkatkan produktivitas Anda.

Dengan adanya layar tambahan alias dual layar yang dihadirkan ASUS tentunya akan bisa membuat kerja aplikasi yang kamu jalankan semakin optimal dan efisien. Persoalan efisien dan multitasking ini dijawab ASUS dengan ASUS ZenBook Duo UX481. Laptop layar 14 inci tampil unik pertama kali di dunia dengan ScreenPad Plus yang dirancang khusus untuk meningkatkan produktivitas Anda.

Performa dan Benchmark

Tak hanya ScreenPad Plus yang jadi andalan, prosesor Intel Core generasi ke-10 yang menjadi otak laptop ini juga memiliki performa yang powerful untuk berbagai aktivitas, mulai dari bekerja hingga menikmati konten multimedia. Laptop ini menggunakan urutan processor Intel terbaru yang paling kencang. Tak hanya itu, prosesor Intel ini juga memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dari generasi sebelumnya, sehingga pengguna laptop ini dapat bekerja lebih lama tanpa harus terhubung ke sumber listrik. Dukungan baterai kapasitas 70Whrs mampu membuat laptop ini bertahan hingga 8 jam.

Baca Juga  10 Game MOBA PC Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan Bersama Teman

Benchmark ASUS ZenBook Duo UX481

Benchmark ASUS ZenBook Duo UX481

Untuk multitasking yang cepat, dibekalkan RAM DDR4 16GB pada laptop ASUS ini. RAM berkapasitas cukup besar tersebut juga didukung oleh penyimpanan berupa M.2 PCIe NVMe SSD yang kencang dan berkapasitas hingga 1TB. Kombinasi keduanya memastikan semua aplikasi berjalan tanpa hambatan. Laptop ini pun hadir dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX250 yang cukup powerful untuk berbagai kegiatan komputasi seperti bekerja dan menikmati ragam konten multimedia.

Meski tidak setipis varian ZenBook lainnya, ZenBook Duo UX481 masih tetap sangat mudah dibawa bepergian karena dimensinya yang ringkas serta bobotnya yang cukup ringan. Adapter yang ukurannya tidak besar juga semakin membuat laptop ini mudah untuk dibawa bepergian. Dengan demikian, ZenBook Duo UX481 bisa dikatakan sebagai perangkat penunjang produktivitas yang bias digunakan di manapun dan kapanpun.

Benchmark ASUS ZenBook Duo UX481

Spesifikasi dan Harga ASUS ZenBook Duo UX481

Harga TerbaruRp 16.299.000 (Core i5, UMA, 8GB/512GB)Rp 18.299.000 (Core i5, MX250, 8GB/512GB)

Rp 20.299.000 (Core i7, MX250, 16GB/512GB)

Rp 23.999.000 (Core i7, MX250, 16GB/1TB)

Main Spec.ASUS ZenBook Duo UX481
CPUIntel Core i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 4.2 GHz)Intel Core i7-10510U Processor 1.8 GHz (8M Cache, up to 4.9 GHz)
Operating SystemWindows 10
Memory8GB DDR4 (Core i5 Variant)16GB DDR4 (Core i7 variant)
Storage512GB M.2 NVMe PCIe SSD

1TB M.2 NVMe PCIe SSD

DisplayMain Display:14 inci (16:9) IPS FHD (1920×1080), 100% sRGB, Pantone Validated Display, 300nits

ScreenPad Plus:

12.6 inci (16:4,5) FHD Touch Screen (1920×240) wide-view

GraphicsNVIDIA GeForce MX250 with 2GB VRAM
Input/OutputUSB 3.1 Type-A (Gen1), USB 3.1 Type-A (Gen2),USB 3.1 Type-C (Gen2), Combo Audio Jack, HDMI
CameraIR HD Web Camera (support Windows Hello facial recognition)
ConnectivityWi-Fi 5(802.11ax) 2*2 + Bluetooth 5.0
AudioBuilt-in Harman / Kardon certified speaker, Built-in array microphone
Battery70WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension32.3(W) x 22.3(D) x 1.99 ~ 1.99 (H) cm
Weight1.5 Kg
ColorsCelestial Blue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *