Aplikasi Edit Video Terbaik PC (Gratis!)

Untuk bisa membuat hasil editan video yang bagus tak harus menggunakan software video editing yang mahal. Kali ini kami akan memberikan rekomendasi aplikasi edit video terbaik pc yang bisa kamu unduh secara gratis. Baik kamu adalah seorang videografer profesional maupun seseorang yang baru terjun ke dunia video editing, aplikasi ini dapat membantumu menghasilkan karya yang bagus.

Jika kamu hanya membutuhkan aplikasi edit video untuk memotong sebuah klip atau menambahkan lagu, ada pilihan aplikasi ringan yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan tugas tersebut dengan cepat. Kamu juga bisa menyimpan video tersebut dalam format yang memungkinkan untuk dibagikan melalui media sosial.

Aplikasi Edit Video Terbaik PC

Selain itu, jika kamu menginginkan alat yang lebih mutakhir seperti untuk mengedit green screen (chroma key) dan gradasi warna, ada juga aplikasi yang bisa menyediakannya layaknya kamu menggunakan aplikasi kelas premium, tanpa harus membayar tentunya.

Tetapi pada intinya, tidak semua aplikasi edit video dibuat dengan kualitas yang sama. Beberapa dari aplikasi tersebut tidak memperbolehkanmu mengekspor proyek video lebih dari 10 menit, menawarkan alat editing yang sangat terbatas, hingga menambahkan watermark pada hasil karyamu. Di sini kami telah merangkum aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video dengan fitur yang memadai dan bisa kamu dapatkan secara gratis.

VSDC Free Video Editor

Aplikasi Edit Video Terbaik PC

VSDC Free Video Editor menawarkan rangkaian efek dan filter dalam jumlah yang banyak untuk dapat memberikan sentuhan pada hasil rekamanmu dengan bantuan opsi wizard maupun manual yang cocok digunakan oleh pemula ataupun profesional.

VSDC memiliki kapabilitas yang tinggi dan dapat memberikan hasil yang bagus. Sebagai editor non-linier, aplikasi ini bekerja dengan cara yang sedikit berbeda dengan memungkinkanmu untuk dapat memposisikan klip dan elemen lainnya secara lebih bebas dan kamu bisa mengeditnya di situ.

Selain itu aplikasi ini juga bisa mengerjakan sejumlah adegan dan transisi serta menambahkan sprite dan teks pada video. Dengan begitu kamu dapat menciptakan hasil video dengan kualitas seperti profesional jika kamu mau berhadapan dengan antarmukanya yang sedikit berbeda daripada yang lain.

Baca Juga  Mouse Gaming Wireless Terbaik untuk Semua Game

Versi terbaru dari VSDC menambahkan efek artistik ekstra seperti smoke. Selain itu terdapat pula profil ekspor Instagram khusus dan stabilisasi gambar secara otomatis. Proses pengerjaannya pun terbilang cepat.

Shotcut

Aplikasi Edit Video Terbaik PC

Shotcut juga bisa memberikan sentuhan profesional dengan kapabilitas yang cukup memadai. Akan tetapi antarmuka yang dimiliki oleh aplikasi ini juga sedikit berbeda dan bisa dibilang bahwa mungkin aplikasi ini tadinya ditukukan untuk pengguna Linux kemudian mendapat sedikit perubahan untuk digunakan di Windows.

Sebagai permulaan, antarmuka yang kamu dapatkan akan terlihat sedikit kaku. Kamu tak hanya harus memuat video terlebih dahulu, namun juga memilih mode editing mana yang kamu inginkan serta alat mana yang kamu perlu gunakan.

Kamu juga tak bisa mengelak bahwa kamu perlu waktu lebih untuk terbiasa dengan penggunaan Shotcut. Memang memungkinkan untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus dengan cara menerapkan salah satu dari banyak filter yang bisa dipilih untuk videomu, namun kamu harus benar-benar mengeluarkan energi lebih untuk mempelajari dan menguasai semua fitur yang dimilikinya.

DaVinci Resolve

Aplikasi Edit Video Terbaik PC

DaVinci Resolve merupakan aplikasi video editing kelas profesional yang dilengkapi dengan antarmuka intuitif untuk mengedit video, mengoreksi warna, memanipulasi audio, dan mengekspor hasil videonya. Aplikasi ini menghadirkan multi-track timeline untuk menyusun klik audio dan video, ditambah dengan pemotongan dan koleksi efek dan filter yang sangat banyak.

Koreksi warna adalah salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh DaVinci Resolve baik itu untuk mengatur video secara keseluruhan ataupun hanya sebagian saja. Selain itu terdapat pula dukungan HDR dan kamu juga bisa mengerjakan file raw secara langsung dari kamera.

Aplikasi ini juga menawarkan sejumlah filter eksklusif yang bisa kamu dapatkan jika memiliki versi premium dan juga batasan untuk mengekspor video dalam resolusi 3.840 x 2.160. Aplikasi ini sudah lebih dari cukup jika kamu hanya ingin memotong video dan mengunggahnya ke YouTube. Akan tetapi jika kamu memiliki proyek video yang lebih besar, maka DaVinci Resolve ini sulit untuk ditandingi.

Baca Juga  Mengetahui Fungsi CMD atau Command Prompt Pada Laptop

Hitfilm Express

Aplikasi Edit Video Terbaik PC

Hitfilm Express adalah aplikasi edit video yang menjanjikan fitur level profesional untuk kelas aplikasi gratis. Peralatan dasar yang dihadirkan oleh aplikasi ini cukup mengesankan dengan alat untuk memotong video yang canggih, serangkaian filter video dan audio yang hebat, layer dan masking, opsi untuk mengkomposisi, serta chroma key untuk menciptakan efek green screen.

Kamu juga bisa membeli beberapa alat tambahan yang dihargai mulai dari 10 dolar untuk koleksi alat seperti koreksi warna, penyesuaian exposure, split screen masking, dan filter kreatif yang variatif.

Satu hal yang perlu diketahui adalah aplikasi ini agak berat dan membutuhkan system requirement yang cukup tinggi sehingga kamu harus memastikan dulu apakah spesifikasi laptop atau komputer kamu sudah memenuhi sebelum mengunduh aplikasi ini.

Lightworks

Aplikasi Edit Video Terbaik PC

Lightworks adalah sebuah alat untuk mengedit video yang sangat hebat dan lebih hebatnya lagi, aplikasi ini tersedia untuk diunduh secara gratis sehingga semua orang bisa mengedit video dengan sentuhan profesional.

Aplikasi ini bukanlah aplikasi edit video yang sederhana, melainkan memiliki kapabilitas untuk dapat mengkombinasikan klip video dan mengaplikasikan filter di mana beberapa film Hollywood diproduksi menggunakan Lightworks.

Sebagaimana aplikasi edit video kelas profesional lainnya, kamu juga tak bisa menguasai Lightworks secara instan. Namun akan merasa sepadan ketika sudah menghabiskan waktu untuk mempelajari aplikasi ini karena kapabilitas yang dimilikinya.

Lightworks memiliki tagline yang berbunyi “The professional editor for everyone” dan memang tagline tersebut dianggap sangat pas. Meskipun kemampuannya sangat besar, namun aplikasi ini tetap bisa dijalankan pada sistem spesifikasi kelas menengah dan memungkinkanmu untuk dapat mengedit video dengan percaya diri.

Leave a Comment