Cara Memasang Prosesor Intel atau AMD di Komputer

Mengetahui cara memasang prosesor Intel atau AMD di komputer adalah sebuah keharusan karena otak dari sebuah komputer adalah prosesor. Oleh karena itu, prosesor yang cepat sangat didambakan oleh para pengguna komputer dengan pekerjaan yang menuntut performa pemrosesan.

Sebelum mulai memasang prosesor, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa kamu memerlukan sebuah motherboard yang kompatibel dengan prosesor yang akan kamu gunakan. Selain itu kamu juga tidak perlu terlalu memusatkan anggaran terbesar yang kamu punya untuk membeli prosesor paling mahal. Ketika kamu diberikan pilihan antara dua prosesor dengan harga 3 juta dan 4,5 juta, kamu bisa tetap memiliki komputer yang hebat dengan prosesor 3 juta. Selisih 1,5 juta tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli komponen lain seperti kartu grafis atau SSD. Jika memang anggaranmu terbatas, maka trik tersebut bisa sangat menolong karena SSD bisa memberikan peningkatan performa yang cukup signifikan dibandingkan kamu menggunakan prosesor dengan harga 4,5 juta tadi dengan sebuah hard disk konvensional.

Cara Memasang Prosesor Intel atau AMD di Komputer

Satu hal lagi yang bisa kamu pertimbangkan adalah sistem pendinginan yang dibeli secara terpisah. Pada dasarnya, setiap prosesor baru yang kamu beli akan disertai dengan sistem pendingin standar yang sudah cukup memadai kebutuhan pendinginan. Akan tetapi jika kamu menginginkan sistem pendingin yang lebih hening kinerjanya, jika kamu berencana untuk meng-overclock prosesor, atau jika kamu ingin memiliki tampilan komputer yang keren, maka kamu bisa menggunakan sistem pendingin dengan model tower atau cair.

Cara Memasang Prosesor Intel

Dimulai dengan memposisikan motherboard dalam posisi tidur di atas meja (sebelum dimasukkan ke case), kemudian buka tuas pengunci pada bagian slot prosesor yang berbahan logam. Dalam bidang prosesor, slot tersebut umumnya disebut dengan istilah socket. Jika penutup prosesor sudah terbuka, maka selanjutnya kamu bisa memasukkan prosesormu ke dalam socket tersebut. Pastikan kamu memasukkan prosesor dengan arah yang benar. Kamu bisa menemukan segitiga putih kecil di salah satu dari empat sudut prosesor tersebut. Penunjuk tersebut didesain agar kamu tidak salah arah dalam memasukkan prosesor ke dalam socket.

Baca Juga  Cara Mengecilkan File PDF (Jadi 200kb Aja!)

Cara Memasang Prosesor Intel atau AMD di Komputer

Jika prosesor sudah terpasang dengan posisi yang pas di socketnya, kemudian kamu bisa menutup kembali penutup prosesor dan menguncinya dengan tuas logam yang tersedia.

Langkah selanjutnya adalah memasang sistem pendingin prosesor. Apabila kamu menggunakan sistem pendingin bawaannya, maka kamu tidak perlu lagi mengoles pasta thermal karena pasta tersebut sudah menempel di bagian dasar dari sistem pendingin tersebut. Nah, jika kamu menggunakan sistem pendingin yang dibeli secara terpisah, pastikan terlebih dahulu apakah bagian dasar dari sistem pendingin tersebut sudah diolesi dengan pasta termal. Jika belum, kamu bisa menaruh sedikit pasta thermal (seukuran biji jagung) di bagian tengah permukaan prosesor.

Cara Memasang Prosesor Intel atau AMD di Komputer

Mekanisme pemasangan sistem pendingin pada prosesor Intel sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menempatkan sistem pendingin di atas prosesor kemudian tekan pin yang tersedia ke lubang di setiap sudutnya. Jika keempat pin tersebut sudah masuk ke lubang dengan pas, selanjutnya kamu bisa mendorong pasak berwarna hitam dan memutarnya agar posisi heatsink bisa terkunci dengan kuat.

Langkah terakhir adalah dengan menghubungkan kabel kipas dari sistem pendingin tersebut ke header dari motherboard agar kipas bisa berputar.

Untuk beberapa model sistem pendingin yang kamu beli secara terpisah, mungkin ada sedikit perbedaan dalam proses pemasangannya. Untuk itu sebaiknya kamu membaca panduan pemasangan yang disertakan dalam paket pembelian.

Cara Memasang Prosesor AMD

Prosesor AMD memiliki socket dan metode pemasangan sitem pendinginan yang berbeda dengan yang dimiliki Intel. Dimulai dengan membuka tuas pengunci prosesor ke atas, kemudian kamu bisa meletakkan prosesor di socket tersebut dengan arah yang sesuai. Kamu bisa mencocokkan segitiga kecil di salah satu ujung prosesor dengan bentuk segitiga terukir yang terdapat pada socket. Letakkan prosesor dengan perhalan tanpa menggunakan tenaga, lalu jika sudah di posisinya dengan benar, turunkan kembali tuas pengunci.

Baca Juga  Cara Mengembalikan File yang Terhidden di Flashdisk/Hardisk

Cara Memasang Prosesor Intel atau AMD di Komputer

Sama seperti prosesor Intel, AMD juga menyertakan sistem pendingin standar untuk prosesornya. Satu hal besar yang membedakan keduanya adalah mekanisme pemasangannya. Pemasangan sistem pendingin prosesor AMD menggunakan mekanisme tuas dan pengait tradisional.

Jika pasta thermal sudah dioles ke salah satu bagian baik itu permukaan prosesor atau bagian bawah sistem pendingin, maka pertama-tama letakkan sistem pendingin di atas permukaan prosesor dengan posisi yang pas. Kaitkan bagian bracket ke pengait plastik yang ada di socket. Kemudian setelah itu lakukan hal yang sama dengan bracket di sisi satunya. Setelah itu kamu bisa kencangkan tuas pengaitnya agar posisi sistem pendingin menempel dengan kuat ke prosesor.

Leave a Comment