Cara Mengatasi Windows Script Host Disabled dengan Mudah

Cara mengatasi Windows Script Host yang ter-disable pada laptop sebenarnya sangat mudah. Windows Script Host atau WSH adalah fitur bawaan Microsoft yang berfungsi menjalankan script pada komputer seperti Java atau VB. Sebenarnya WSH ini sudah aktif secara default pada sistem operasi Windows. WSH memungkinkan kamu bisa mengotomatisasi sejumlah proses pada sistem Windows melalui script misalnya jaringan drive dan koneksi printer.

Cara Mengatasi Windows Script Host

Pada Windows 7, 8, atau 10 jika Windows Script Host dalam keadan disable atau mati maka akan muncul pesan bertuliskan “script host run.vbs” atau “error script host access is disabled on this machine.” Sebenarnya masalah ini bisa ditangani dengan cukup mudah lho. Untuk memperbaikinya pun tidak membutuhkan aplikasi khusus. Untuk memperbaiki permasalahan WHS, kamu hanya memerlukan bantuan regedit (Registry Editor).

Cara Mengatasi Windows Script Host is Disabled on This Machine

1. Dengan Bantuan Regedit

Cara mengatasi Windows Script Host di sistem operasi Windows 7, 8, dan 10 bisa dengan bantuan aplikasi Regedit. Langkah pertama adalah tekan tombol Windows + R untuk memunculkan jendela Run. Setelah itu ketik “regedit” dan tekan tombol OK atau langsung Enter. Setelah jendela Registry Editor terbuka, selanjutnya buka HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings. Pada menu Setting klik kanan lalu pilih New.

Setelah itu pilih DWORD (32) bit Value. Beri nama Enabled. Setelah selesai, klik kanan pada nama Enabled lalu pilih Modify. Pada Value Data ganti angka 0 menjadi 1. Kemudian Restart Windows, dan proses memperbaiki Windows Script Host selesai.

Baca Juga  Cara Mengecilkan File PDF (Jadi 200kb Aja!)

Cara Mengatasi Windows Script Host

Harap diperhatikan sebelumnya, jika di Windows Script Host\Settings sudah ada registry dengan nama enabled maka tidak usah dibuat lagi. Cukup ubah value data registry dari 0 ke 1. Jangan membuat registry baru karena dikhawatirkan akan menimbulkan double registry nantinya.

2. Dengan System Configuration

Permasalah Windows Script Host error juga bisa diselesaika dengan bantuan System Configuration. Kamu bisa mengatur setingan Windows untuk mengatasi masalah WHS pada laptopmu. Untuk memulainya ketik “System Configuration” pada tabel pencarian Windows. Setelah itu pilih tab Generasi dan pilih Selective Startup. Klik centang pada pilihan Load system services dan Load startup items. Setelah itu pindah ke tab Services lalu pilih “Disable all” dan “Hide all Microsoft services.” Setelah semua selesai tekan OK.

Cara Mengatasi Windows Script Host

Jika dua cara di atas masih belum bisa menangani permasalahan Windows Script Host di laptopmu. Kamu bisa download aplikasi SMADAV atau antivirus lokal buatan Indonesia.

3. Dengan SMADAV

SMADAV adalah aplikasi antivirus yang berfungsi memberi proteksi tambahan pada laptop kamu. SMADAV bisa memberi proteksi total pada flashdisk dan membersihkan virus secara tuntas. Selain itu, SMADAV juga bisa memperbaiki beberapa error pada komputer. Kamu bisa download aplikasi SMADAV di sini. Untuk memperbaiki masalah Windows Script Host, klik kanan ikon SMADAV di taskbar lalu pilih Allow Windows Script & Macro (Forever). Setelah itu akan muncul notifikasi bahwa Windows Script Host telah dinonaktifkan.

Cara Mengatasi Windows Script Host

Nah itu dia 3 cara untuk mengatasi Windows Script Host Disabled pada laptop. Semoga tutorial ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Leave a Comment