Cara Mengubah Format (Convert) Video Menjadi MP4 dan Lainnya

Bagaimana cara mengubah format video? Teknologi sudah semakin canggih di mana kamu bisa menonton video yang tersimpan di dalam flash disk melalui tv yang menyediakan port USB. Namun sayangnya beberapa model tv atau mungkin perangkat multimedia lainnya masih belum mendukung beberapa format video. Nah di sini kami akan menunjukkan bagaimana cara untuk mengganti format video menjadi MP4 atau format yang lainnya.

Cara Mengubah Format Video

Tidak seperti foto digital yang didominasi oleh format JPEG, video memiliki pilihan format yang lebih beragam. Meskipun demikian, hampir semua perangkat mobile seperti smartphone dan tablet mendukung pemutaran video dengan format MP4, dan format ini bisa dibilang adalah yang paling sering digunakan.

Jika kamu memiliki video yang tidak bisa diputar di salah satu media seperti tv, smartphone, atau tablet, maka langkah paling sederhana sebagai solusinya adalah dengan mengganti formatnya.

Cara Mengubah Format Video Menjadi MP4 (atau Format Lainnya)

Mengubah suatu format video dapat dilakukan dengan mudah jika menggunakan alat (software) yang tepat. Software ini biasanya disebut dengan video converter. Nah, saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk keperluan ini. Beberapa di antaranya menawarkan penggunaan yang mudah, dan yang lainnya menawarkan fitur yang melimpah seperti memotong video dan menambahkan subtitle.

Cara Mengubah Format Video

Beberapa aplikasi juga menawarkanmu untuk memilih sendiri format sesuai dengan perangkat di mana video akan di putar seperti apakah kamu ingin memutar video di iPhone atau di perangkat lainnya. Tapi bisa dibilang format MP4 adalah pilihan format yang paling aman untuk dimainkan di berbagai macam perangkat berbeda.

Di sini kami akan memberikan contoh cara mengubah format video dengan menggunakan aplikasi Freemake. Singkatnya, yang perlu kamu lakukan adalah memilih video, pilih format yang diinginkan atau sesuai perangkat, menentukan folder di mana hasil video akan disimpan, kemudian menekan tombol “Convert”. Dan kamu hanya membutuhkan laptop atau pc yang kamu miliki.

Baca Juga  Laptop Tidak Bisa Connect WiFi? Begini Cara Mengatasinya

Freemake merupakan sebuah aplikasi video converter yang sangat mudah digunakan. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengubah format video dengan mengunduh aplikasi tersebut tanpa membayar alias gratis.

Langkah pertama, kamu bisa mengunduh Freemake di link ini. Setelah download selesai, lanjutkan dengan menginstalnya di laptop atau pc milikmu. Buka file yang sudah diunduh tersebut kemudian ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses instalasi.

Cara Mengubah Format Video

Jika sudah terinstal, buka aplikasi kemudian klik tombol + Video. Di situ kamu bisa memilih video mana yang ingin kamu ubah formatnya. Misalnya kamu ingin mengubah video dengan format AVI, maka pilihlah video tersebut.

Langkah selanjutnya kamu bisa menekan tombol “to MP4” yang terletak di bagian bawah. Kemudian sebuah window baru akan muncul untuk menentukan parameter output. Di situ kamu bisa memilih di folder mana video baru akan disimpan.

Terakhir, kamu hanya perlu menekan tombol berwarna biru dengan tulisan Convert. Tunggu hingga proses konversi selesai, kemudian kamu bisa membuka folder tempat menyimpan video tersebut. Selesai, begitulah cara mengubah format video. Mudah, bukan?

Leave a Comment