Cara Main PS2 dengan Emulator PS2 PC Tanpa Lag dan Lancar

Emulator PS2 PC atau Android merupakan solusi bagi para gamers yang ingin bernostalgia dengan game-game dari konsol yang tercatat sebagai konsol terlaris sepanjang masa. Gamers tahu kan PS2 pada masanya adalah konsol revolusioner yang mencoba mewujudkan impian para penggemar PlayStation dengan menciptakan beragam judul game lanjutan maupun baru dengan grafis yang jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Emulator PS2 PC

Pada masa awal kemunculannya, PS2 mencuri banyak perhatian para gamers, terutama fanboy Sony PlayStation. Dengan bentuk yang unik dibalut dengan warna hitam dan logo berwarna biru tua menambah kesan garang yang ditampilkan oleh PS2. Selain itu, PS2 mengganti platform CD menjadi DVD yang mana memiliki kapasitas yang jauh lebih besar. Karena data untuk grafis yang lebih detail dan kompleks membutuhkan media yang lebih besar. Maka dari itu DVD adalah media yang tepat. Hal ini juga karena pamor media DVD juga sudah meningkat.

PlayStation 2 juga memiliki fitur yang membuatnya nggak hanya menjadi sebuah mesin konsol game yakni fitur DVD player. Fitur ini yang membuat PS2 menjadi sebuah home entertainment system yang lengkap. Nggak hanya itu saja. Meskipun sejak munculnya Sega Dreamcast sudah ada game online, Fitur ini nggak hanya jadi fitur yang cuma jadi kondimen saja. Banyak game-game online PS2 yang bermunculan dan digarap secara serius. Salah satunya adalah seri favorit penggemar RPG, Final Fantasy XI.

PS2 pun kini sudah nggak produksi lagi karena memang sudah discontinued dan sudah ketinggalan zaman. Namun, bagi sebagian orang game PS2 banyak yang memorable dan masih seru dimainkan. Membeli PS2 bukanlah solusi yang terlalu tepat, maka dari itu, kalian bisa mendownload emulator PS2 PC. Apabila kalian belum tahu caranya, yuk ikuti tutorial dari Laptopnesia ini

Cara Main PS2 dengan Emulator PS2 PC

Pada kali ini, kami akan menggunakan emulator PS2 PC bernama PCSX2. Hal ini karena emulator ini paling stabil dan paling mudah dioperasikan dibandingkan dengan emulator lainnya. Selain itu, emulator PS2 PC ini masih update hingga sekarang. Berikut cara menggunakan emulator PCSX2.

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi emulator PCSX2 di website resminya di sini.
  2. Setelah selesai download, aplikasi itu akan muncul sebagai installer yang mana kalian nggak bisa menggunakannya sebelum menginstalnya terlebih dahulu. Emulator PS2 PC
  3. Setelah diinstal muncul jendela seperti gambar di bawah yakni kalian akan diminta untuk memilih konfigurasi dari grafis, controller dan semacamnya. Emulator PS2 PC
  4. Kemudian apabila sudah terinstal, kalian jangan lupa mengunduh BIOS yang biasanya berformat .rar. BIOS memiliki peranan paling penting dalam menjalankan emulator PS2 ini. Emulator PS2 PC
  5. Setelah mengekstrak BIOS, letakan pada folder yang kalian tuju.
  6. Kemudian, pada jendela PCSX2, klik browse pada menu BIOS dan pilih salah satu BIOS.
  7. Setelah kalian memilih BIOS (biasanya ada 4 bios yang tersedia yang masing-masing berbeda regionalnya).
  8. Sebelum kalian memainkan pastikan kalian sudah memiliki ISO game PS2. Apakah itu ISO, ISO itu semacam virtual disk yang memungkinkan kalian memainkan gamenya tanpa perlu memasukkan DVD.
  9. Kalian bisa mengkopi DVD kalian ke dalam hard disk dengan aplikasi seperti Daemon Tools, PowerISO atau semacamnya.
  10. Contoh, masukkan game Final Fantasy X, dan lalu buat ISO tersebut dan beri nama.
  11. Buka jendela PCSX2 dan pilih CDVD > Iso Selector dan cari game yang sudah kalian copy ke hard disk kalian.
  12. Apabila game tersebut telah dimuat, kembali ke jendela PCSX2 dan pilih menu System > Reboot CDVD yang full atau fast.
  13. Nah setelah kalian memilih game tersebut, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Nah game bisa dimainkan di PC kalian.
Baca Juga  Cara Memasang Hard Disk di Komputer (Mudah dan Cepat)

Spesifikasi Minimum PCSX2

  • Sistem operasi: Windows Vista SP2 atau GNU/Linux (32-bit or 64-bit) atau yang lebih baru
  • CPU: Apapun yang mendukung SSE2 (Pentium 4 ke atas, Athlon64 ke atas) @ 1600 STR atau lebih baik lagi
  • GPU: DirectX 10 atau lebih baik
  • RAM: 2 GB atau lebih

Spesifikasi Rekomendasi

  • Sistem operasi: Windows 7/8/8.1/10 (64-bit) atau GNU/Linux (64-bit)
  • CPU: Intel Haswell 4xxx series (atau setara AMD) @ 2000 STR atau lebih baik
  • GPU: DirectX 11 GPU
  • RAM: 4 GB

Leave a Comment