Fungsi Adobe Illustrator – Aplikasi Desain Grafis Dari Adobe

Bagi kamu yang ingin belajar desain grafis Laptopnesia akan menjelaskan fungsi Adobe Illustrator. Desain grafis kini sudah menjadi profesi penting di sebuah perusahaan besar maupun start up. Desain pada sebuah logo perusahaan dapat merepresentasikan persuhaan itu tersebut.

Fungsi Adobe Illustrator 1

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat logo adalah Adobe Illustrator. Pada dasarnya aplikasi ini merupakan aplikasi untuk menggambar dan merancang suatu gambar. Fungsinya nggak jauh beda dari Corel Draw.

Seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator merupakan aplikasi yang dirancang oleh sebuah perusahaan bernaman Adobe. Memang, Illustrator nggak sepopuler Photoshop, namun aplikasi ini cukup populer dikalangan desainer grafis.

Fungsi Adobe Illustrator (Sejarah Adobe Illustrator)

Adobe Illustrator merupakan aplikasi desainer grafis yang pertama kali dikembangkan pada tahun 1986 akhir untuk komputer Apple Macintosh dan dirilis pada Januari 1987.

Alih-alih menjadi aplikasi utama, pada awalnya, Adobe Illustrator merupakan aplikasi pendamping Photoshop. Secara perbedaan, Illustrator merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengolah gambar vektor, sedangkan Photoshop mengolah gambar bitmap.

Jika ingin mengetahui perbedaan gambar vektor dan gambar bitmap adalah dengan caara memperbesar skala atau zoom gambar tersebut.

Apabila ketika diperbesar gambar tersebut terlihat pecah, maka gambar yang kamu lihat adalah gambar raster, begitu pula dengan sebaliknya, apabila ketika gambar yang kamu perbesar skalanya nggak pecah, gambar tersebut berformat vektor.

Fungsi Adobe Illustrator (Versi Adobe Illustrator)

Sejak awal kelahirannya hingga sekarang, Adobe Illustrator memiliki versinya, dan tentunya masing-masing versi memiliki perkembangannya. Berikut versi-versi dari Adobe Illustrator.

1. Versi 1-1.6 (Illustrator 88)

Pengembangan awal Adobe Illustrator sebagai software komersil untuk komputer Apple Macintosh pertama kali dimulai pada tahun 1985. Selain itu, pada awalnya, software ini merupakan software pendamping Adobe Photoshop.

Baca Juga  5 Cooling Pad Terbaik Terbaru 2018 Gaming Lancar Tanpa Panas

Fungsi kedua software ini juga dibedakan. Ketika Photoshop dirancang untuk memanipulasi foto digital dan gaya fotorealistik ilustrasi komputer, Adobe Illustrator berada dalam area dalam pembuatan grafis logo dan tipografi.

Fungsi Adobe Illustrator 2

2. Versi 2-6

Pada versi ini, Adobe Illustrator mendukung platform lain. Pada awal 90an, Adobe merilis versi Illustrator untuk platform Silicon Graphics, Sun Polaris, dan NeXT, namun platform-platform tersebut tidak dilanjutkan produksinya karena pasar yang kurang baik.

Versi Illustrator pertama untuk Windows, versi 2.0, dirilis pada awal tahun 1989, dan berakhir kurang baik. Lalu Adobe melanjutkan versi yang mendukung platform WIndows, yakni versi 4.0, yang mana dikritisi karena mirip dengan Ilustrator 1.1. Versi ini kalah populer dengan software desain grafis lain, CorelDRAW.

Fungsi Adobe Illustrator 3

2. Versi 7-10

Pada tahun 1997, Adobe membuat perubahan yang signifikan dalam antar muka. Pada versi selanjutnya ini, Adobe Illustrator mendukung TrueType.

Seperti Photoshop, Illustrator juga sudah mendukung banyak plug-in. Giliran CorelDRAW mulai melakukan port ke Macintosh pada tahun 1996, akan tetapi animonya tidak begitu besar. Para desainer cenderung memilih Illustrator, Drawcord, atau Freehand.

Fungsi Adobe Illustrator 4

3. Versi CS-CS6

Illustrator CS adalah versi pertama yang mampu merancang objek 3 dimensi. Kemudian, Adobe Illustrator CS2 dirilis untuk sistem operasi Mac OS X dan juga Microsoft Windows.

Sistem operasi dari Apple tersebut merupakan versi terakhir dari MAC yang tidak bisa berjalan secara natif pada processor Intel.

Pada versi ini terdapat fitur-fitur seperti Live Trace yang mampu mengkonversi gambar dengan format bitmap ke vector, Live Paint yang memungkinkan pengguna untuk mengaplikasikan warna ke objek dengan lebih fleksibel, dan sebuah palet kontrol dan custom workspace.

Fungsi Adobe Illustrator 5

Selanjutnya pada 27 Maret, tahun 2007 CS3 muncul dengan antarmuka yang diupdate pada Control Bar. Pada Oktober 2008, muncullah CS4 yang menghadirkan tool baru dari FreeHand.

Baca Juga  Mengenal Sejarah dan Pendiri Apple Lebih Jauh dan Lengkap

Selanjutnya pada April 2010, CS5 dirilis dengan fitur baru seperti tool Perspective Grid dari FreeHand, Bristle Brush, dan goresan yang sudah diupdate,

Versi ke-16 yakni Adobe Illustrator CS6 yang menambahkan banyak fitur dan perbaikan bug. Versi ini dirilis pada 23 April, 2012.

4. Versi CC

Beriringan dengan Creative Cloud dirilis, Adobe Illustrator CC akhirnya diluncurkan. Versi ke-17 ini merupakan versi pertama yang hanya dijual melalui berlangganan.

Versi ini memberikan perkembangan dalam subjek seperti warna, font, dan menyimpan dokumen ke cloud yang nggak mengharuskan kamu menyimpan di hardisk.

Fungsi Adobe Illustrator 6

Fungsi Adobe Illustrator

Pada dasarnya Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator memiliki fungsi yang sama yakni sebagai aplikasi desain grafis. Namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Adobe Illustrator umumnya dibuat menjadi aplikasi desain grafis yang memang untuk menggambar, sedangkan Photoshop sering digunakan untuk mengedit foto ataupun membuat kolase.

Hal ini dikarenakan kepadatan yang dimiliki oleh gambar yang dihasilkan Adobe Illustrator lebih tinggi dibandingkan photoshop.

Bagi kamu yang suka bikin logo atau bikin gambar komik, aplikasi gambar dengan format vektor adalah yang terbaik.

Alasannya karena kepadatan pikselnya membuat kamu juga bisa membuat gambar yang semakin detil. Beberapa karya lain dengan menggunakan Adobe Illustrator selain membuat logo perusahaan adalah gambar komik, media promosi print ataupun digital.

Maka dari itu, Adobe Illustrator memiliki fungsi yang sangat banyak. Beberapa karya yang bisa kamu gunakan dnegan menggunakan Adobe Illustrator adalah:

  1. 1.Grafik.
  2. 2.Desain aplikasi.
  3. 3.Logo perusahaan.
  4. 4.Watermark.
  5. 5.Logo website/blog.
  6. 6.Desain gambar.
  7. 7.Ikon aplikasi.
  8. Banner/spanduk.
  9. Wallpaper.
  10. Desain Kaos.
  11. 11.Diagram.
  12. 1Ilustrasi.
  13. Tabel.
  14. Kartun.
  15. Dan masih banyak yang lainnya

Bagi kamu seorang calon desainer grafis, tentu mencoba software ini adalah hal yang tepat. Tidak ada salahnya memulai untuk mencoba. Demikian artikel Laptopnesia tentang fungsi Adobe Illustrator. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Comment