Jenis-Jenis Keyboard (Yang Mana Punyamu?)

Keyboard merupakan sebuah periferal komputer yang sangat diperlukan. Sebagai salah satu perangkat input paling mendasar, keyboard komputer memiliki banyak fungsi seperti navigasi, mengeksekusi proses, programming, dan masih banyak lainnya. Beberapa aplikasi di komputer juga tidak bisa digunakan dengan sempurna apabila tidak ada keyboard. Sebagai contoh, aplikasi komunikasi chat, aplikasi pemrograman, dan lain sebagainya sangat membutuhkan keberadaan keyboard. Bahkan artikel yang kamu baca ini tidak akan ada tanpa keyboard.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa jenis keyboard yang biasa kamu temui. Beberapa dari keyboard tersebut mungkin saat ini ada di meja komputermu. Atau mungkin kamu punya keyboard yang lain daripada yang lain? Mari langsung saja kita simak jenis-jenis keyboard yang ada di pasaran.

Keyboard Standar

Jenis-jenis keyboard

Pada dasarnya, keyboard merupakan alat ketik elektrik yang dilengkapi dengan tombol tambahan berupa tombol Command atau Windows. Keyboard komputer standar seperti keyboard tradisional US dengan 101 tombol atau keyboard Windows dengan 104 tombol standarnya terdiri dari karakter afabetis, simbol tanda baca, nomor, dan sejumlah tombol fungsi (F). Umumnya keyboard standar hadir dengan tombol shift kiri yang lebih kecil dan beberapa tombol tambahan antara tombol shift dengan tombol yang ada di sebelah kanannya. Selain itu tombol enter pada keyboard standar juga biasanya memiliki bentuk yang sedikit berbeda.

Keyboard Laptop

Jenis-jenis keyboard

Keyboard yang dirancang untuk laptop atau notebook biasanya lebih datar, memiliki jarak tekan yang lebih pendek, dan juga menghilangkan beberapa tombol seperti tombol numerik, meskipun ada beberapa laptop yang dilengkapi dengan tombol tersebut. Selain itu tombol fungsi pada keyboard laptop juga biasanya memiliki penempatan yang sedikit berda dengan yang ada pada keyboard berukuran penuh. Mekanisme switch pada keyboard laptop juga biasanya bukan menggunakan rubber dome, melainkan switch scissor.

Baca Juga  Sejarah Komputer Dari Masa Ke Masa dan Perkembangannya

Keyboard Nirkabel

Jenis-jenis keyboard

Nama dari keyboard ini sepertinya sudah cukup menjelaskan bagaimana cara kerjyanya. Ya, keyboard ini bisa digunakan untuk mengetik tanpa harus terhubung melalui kabel. Keyboard nirkabel yang biasanya juga disebut dengan keyboard wireless ini membutuhkan baterai untuk bisa memberikan daya yang biasanya didapatkan melalui kabel USB atau PS/2 pada keyboard standar. Baterai yang digunakan umumnya AA atau AAA, namun ada juga keyboard yang baterainya tertanam dan bisa diisi ulang. Keyboard nirkabel biasanya beroperasi menggunakan koenksi Bluetooth atau menggunakan receiver USB pada frekuensi 2,4 GHz untuk bisa memberikan perintah ke komputer.

Keyboard Gaming

Jenis-jenis keyboard

Di antara yang lainnya, mungkin jenis keyboard ini hadir dengan rata-rata harga yang lebih mahal. Hal tersebut dikarenaka keyboard ini dilengkapi dengan banyak sekali fitur untuk mendukung performa gaming penggunanya seperti penggunaan switch khusus, pencahayaan RGB, fungsi makro, dan masih banyak lainnya. Selain itu, keyboard ini juga tersedia dalam pilihan yang sangat beragam mulai dari yang berkabel, nirkabel, dengan tombol numerik, tanpa tombol numerik (TKL), dan lain sebagainya.

Leave a Comment