Inilah Kelebihan dan Kekurangan Windows, Apa Saja?

Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan. Meskipun populer, sebenarnya tetap ada kelebihan dan kekurangan Windows yang sebenarnya harus kamu ketahui. Mudah digunakan adalah salah satu kelebihan Windows, sementara harganya yang mahal adalah kekurangan dari sistem operasi sejuta umat ini. Jika kamu terbiasa menggunakan komputer, pastinya kamu sudah sangat terbiasa dengan sistem operasi Windows.

Kelebihan dan kekurangan Windows

Untuk segmen komputer sendiri, Windows relatif tidak memiliki banyak pesaing. Saingan terdekatnya adalah macOS dan Linux. Walau memiliki dua pesaing, namun pangsa pasar Windows di dunia terbilang sangat besar sehingga agak sulit untuk disaingi. Pangsa pasar Windows di dunia bisa mencapai 90.5%, di posisi kedua menyusul macOS dari Apple sebesar 9.2%, dan terakhir adalah Linux.

Kelebihan dan kekurangan Windows

Windows adalah pemain lama dan pertama di sistem operasi komputer. Inilah yang menjadi alasan kenapa pangsa pasar Windows begitu besar. Hingga saat ini sudah banyak versi sistem operasi Windows yang dikeluarkan. Mulai dari yang paling populer yaitu Windows XP dan yang terbaru Windows 10. Walaupun sudah menelurkan banyak generasi, sistem operasi Windows tetap saja memiliki kelebihan dan kekurangan yang sama. Apa saja kelebihan dan kekurangan Windows?

Kelebihan dan Kekurangan Windows

Meskipun jadi sistem operasi paling populer di dunia, Windows tetap memiliki kekurangan yang rasanya sulit untuk diperbaiki. Sebelum kita mengupas apa saja kekurangan Windows, yuk simak apa saja kelebihan sistem operasi sejuta umat ini.

Kelebihan Sistem Operasi Microsoft Windows

Kelebihan Windows yang paling umum adalah paling mudah digunakan. Hal ini sangat wajar mengingat Windows merupakan pemain lama, sehingga banyak instansi sekolah maupun orangtua dari dulu sudah mengajarkan komputer ke anaknya dengan sistem operasi tersebut. Karena sudah lama dipelajari oleh jutaan orang di seluruh dunia, wajar saja sistem operasi ini mudah digunakan.  Selain itu, Windows juga dijadikan bahan pembelajaran utama bagi anak-anak sebelum mulai menggunakan komputer. Dengan begini, mau tidak mau setiap orang seakan dipaksa untuk lebih mengenal Windows. Ditambah lagi Windows juga memiliki antarmuka (user interface) yang lebih simpel sehingga lebih mudah dipahami dan dipelajari oleh pengguna pemula.

Baca Juga  Game Perang Terbaik PC dengan Grafis dan Gameplay Memukau

Kelebihan dan kekurangan Windows

Nah, selain lebih mudah digunakan, sistem operasi Windows juga memiliki kelebihan lainnya lho. Apa saja?

  1. Pilihan Aplikasi Berlimpah. Kebanyakan aplikasi dirancang khusus untuk bisa berjalan di sistem operasi Windows. Ini dikarenakan Windows memiliki pangsa pasar yang sangat besar di dunia. Oleh karena itu, jika Developer ingin mendapatkan konsumen yang banyak, mau tidak mau mereka harus membuat aplikasi yang kompatibel dengan Windows
  2. Mudah Diperbaiki dan Dikembangkan. Karena sudah lama dipelajari, kini banyak orang yang sanggup tangani segala macam permasalahan atau error sistem operasi Windows. Selain itu, Windows juga menyediakan opsi untuk memperbaiki error di sistem operasinya dengan cukup mudah. Ditambah lagi karena banyak orang atau programmer yang paham dengan Windows, maka sistem operasi ini relatif lebih mudah dikembangkan dan digunakan dalam jaringan komputer perusahaan
  3. Mendukung Sistem Partisi. Windows mendukung banyak sistem partisi, seperti: NTFS, exFAT, FAT 32, dan lain sebagainya. Partisi memungkinkan kamu membagi satu hardisk untuk banyak kegunaan. Jadi dengan begini, kamu bisa membagi kapasitas penyimpanan besar untuk sistem, penyimpanan file, dan lainnya
  4. Mendukung Aplikasi Office yang Ramah Pengguna. Sama halnya dengan Windows, Microsoft Office adalah aplikasi pengolah dokumen yang berasal dari satu induk yang sama yakni Microsoft. Office juga merupakan pemain lama sehingga banyak orang yang sudah mempelajarinya sejak kecil. Bahkan dulu sistem operasi Windows juga dilengkapi Microsoft Office sehingga memudahkan pengguna komputer untuk membuat dokumen, buat slide presentasi, dan kalkulasi data melalui Excel. Antarmuka Office juga simpel dan kaya fitur yang sangat berguna untuk penggunanya. Karena berasal dari satu induk perusahaan yang sama, Windows sangat kompatibel dengan aplikasi Microsoft Office.

Kekurangan Sistem Operasi Microsoft Windows

Walaupun pemain lama dan memiliki pangsa pasar yang luas, Windows tetap memiliki beberapa kekurangan yang rasanya sulit untuk ditangani. Meskipun sudah mengeluarkan banyak generasi sistem operasi terbaru, beberapa kekurangan Windows ini tetap masih saja ada. Kekurangan utama dari sistem operasi Windows adalah harganya yang mahal.

Pangsa pasar yang besar rupanya tidak membuat Microsoft berbaik hati untuk menurunkan harga jual Windows. Bagi sebagian kalangan Windows terbaru versi Home saja sudah cukup mahal. Sehingga mau tidak mau banyak orang yang berusaha menjebol sistem operasi ini dan menggunakan Windows versi bajakan. Namun masalah tersebut kini sudah mulai bisa ditangani karena beberapa laptop atau PC baru yang dijual sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows, sehingga kamu tak perlu membelinya secara terpisah lagi.

Baca Juga  Cara Shutdown Otomatis Laptop Atau Komputer (Mudah dan Cepat)

Selain harga yang mahal, apa lagi kekurangan sistem operasi Windows?

  1. Rentan Virus. Karena merupakan pemimpin pangsa pasar sistem operasi komputer di dunia, banyak orang yang tak bertanggung jawab merancang virus yang lebih kompatibel dengan Windows ketimbang sistem operasi lain. Walaupun dari segi keamanan Windows ini cukup bisa diandalkan namun karena semakin banyaknya serangan virus baru, membuat Microsoft cukup kewalahan untuk melindungi sistem operasinya
  2. Mudah di-Hack. Windows adalah sistem operasi yang sudah dipelajari puluhan tahun oleh banyak orang. Oleh karena itu sangat mudah untuk para hacker profesional membobol sistem operasi ini dengan berbekal ilmu yang dipelajarinya sejak kecil. Saat ini kamu bisa menemukan banyak versi Windows bajakan beredar. Selain merugikan Microsoft, sistem operasi bajakan juga sangat berbahaya untuk kamu sendiri
  3. Terlalu Sering Update. Banyaknya kekurangan dan ancaman terbaru pada sistem operasi Windows, mau tidak mau membuat Microsoft harus lebih rutin memberikan Update pada sistem operasinya. Terutama Service Pack Windows yang cukup menggangu membuat pengguna kerap bermasalah dengan sistem operasinya jika lupa mendownload versi update terbaru
    Kelebihan dan kekurangan Windows
  4. Rakus RAM. Banyak orang yang mengeluhkan untuk menginstal dan mengunakan sistem operasi Windows membutuhkan RAM yang besar. Bahkan banyak orang mengeluhkan Windows semakin lama semakin lambat dan menguras banyak memori RAM. Banyak orang yang membandingkan Windows dan macOS yang lebih ringan, walaupun sudah lama digunakan.

Nah itu dia kelebihan dan kekurangan Windows. Walaupun kekurangan Windows cukup menggangu namun karena sistem operasi ini bisa digunakan di banyak laptop atau PC, mau tidak mau kamu harus betah menggunakannya. Jika beralih ke sistem operasi lain semisal macOS, bersiaplah mengeluarkan uang lebih banyak karena sistem operasi tersebut hanya bisa digunakan di laptop/PC besutan Apple, yang kalian pasti tahu sendiri harganya sangat mahal.

Leave a Comment