Layar Laptop Bergaris? Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya?

Kemungkinan layar laptop bergaris jauh lebih besar apabila dibandingkan dengan layar monitor komputer desktop. Memang begitulah sebuah perangkat yang memiliki portabilitas tinggi, semakin tinggi pula risiko rusak karena fitur pendukung mobilitasnya. Layar laptop bergaris bisa saja disebabkan oleh masalah software ataupun masalah hardware.

Layar Laptop Bergaris

Akan tetapi kamu tak perlu khawatir. Kamu beruntung karena kami akan menjelaskan mengenai cara mengatasi layar laptop bergaris dengan beberapa cara yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Mencari Tahu Penyebab Layar Laptop Bergaris

Sebelum kami menjelaskan mengenai cara mengatasi layar laptop bergaris, pertama-tama kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Apakah disebabkan oleh masalah dari software atau hardware. Nah untungnya, kamu bisa mencari tahu penyebabnya dengan mudah.

Kamu hanya perlu merestart laptop, kemudian masuk ke pengaturan BIOS. Setiap laptop memiliki cara yang berbeda-beda untuk bisa masuk ke BIOS tergantung pada merek laptop yang digunakan. Untuk mengetahui caranya, kamu bisa membuka buku manual laptopmu, atau dengen mencarinya di Google.

Secara teknis, BIOS bukanlah bagian dari sistem operasi laptop. Nah, jika pada halaman BIOS kamu tidak mendapati adanya garis, maka masalahnya berarti berasal dari software. Sebaliknya, jika di BIOS kamu melihat ada garis, itu artinya masalah berasal dari hardware.

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris Jika Masalah Berasal dari Software

Apabila kamu sudah mengetahui bahwa layar laptopmu bergaris yang dikarenakan oleh masalah software, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah driver yang tidak terinstal dengan sempurna atau sudah usang (tidak update). Jika demikian, cara untuk mengatasinya sangatlah sederhana dan mudah.

Baca Juga  Touchpad Tidak Berfungsi? Ini Cara Mengatasinya!

Kamu hanya perlu masuk ke situs resmi dari merek motherboard atau GPU pada laptopmu. Pada situs tersebut, temukan halaman dukungan (support) atau halaman download. Cari driver yang tersedia untuk laptopmu. Download driver layar laptopmu dengan versi terbaru yang tersedia, lalu install driver tersebut. Jika proses instal sudah selesai, restart laptop dan periksa apakah layar laptopmu sudah tidak bergaris lagi.

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris Jika Masalah Berasal dari Hardware

Lain cerita jika layar laptop kamu bergaris yang diakibatkan oleh kesalaha atau kerusakan hardware, maka ada dua cara yang bisa kamu coba untuk memperbaikinya. Akan tetapi kedua cara tersebut mengharuskanmu untuk membuka plat belakang layar laptop. Sekali lagi, cara untuk membuka plat tersebut berbeda-beda tergantung dari merek dan model laptop. Jadi sebaiknya kamu mencari tahu hal tersebut melalui Google.

Cara 1: Cari Penyebab Kerusakan Layar

Setelah kamu membuka plat belakang layar laptop, lihat semua komponen yang ada di dalam situ dan cari tahu apakah ada yang salah. Tekan beberapa bagian dan lihat apakah hal tersebut berpengaruh dan membuat garis pada layar menghilang. Jika dengan menekan bagian tertentu tersebut membuat garis menghilang, maka solusinya adalah dengan meletakkan selembar kardus untuk mengganjalnya.

Cara 2: Mengganti Kabel Fleksibel Layar

Jika cara pertama tidak membuahkan hasil, maka kemungkinan selanjutnya penyebab layar laptopmu bergaris adalah kabel fleksibelnya. Kabel tersebut menghubungkan layar laptop dengan motherboard. Layar laptop yang sudah sangat sering dibuka-tutup akan berkurang usia pakainya dan pada akhirnya akan rusak. Hal tersebut bisa saja berakhir pada munculnya garis pada layar laptop.

Mengganti kabel fleksibel gampang-gampang susah. Sama seperti sebelumnya, kamu diharuskan untuk membuka plat belakang layar laptop agar bisa mengakses kabel tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Kamu perlu berhati-hati dalam melakukannya. Jika kamu merasa ragu, lebih baik kamu menyerahkan hal tersebut ke tempat reparasi laptop yang tepercaya.

Leave a Comment