Mengetahui Fungsi CMD atau Command Prompt Pada Laptop

Artikel Laptopnesia kali ini akan membahas fungsi CMD atau yang sering kita dengar sebagai command prompt pada laptop atau komputer. CMD atau command prompt merupakan perintah DOS yang ada pada sistem operasi Windows. Tujuan dari CMD ini adalah memudahkan pengguna untuk mengeksplorasi Windows. Namun, sayangnya CMD sering disalahgunakan oleh para cracker untuk menjebol pertahanan software sehingga mereka bisa membajak software-software tersebut.

Mengetahui Fungsi CMD atau Command Prompt Pada Laptop

Sebenarnya fungsi CMD atau command prompt itu banyak. Kamu bisa memperbaiki hardisk kamu yang terkena bad sector agar lebih aman. Nah berikut fungsi-fungsi lain dari CMD yang belum banyak diketahui banyak orang.

Fungsi CMD atau Command Prompt

  1. Menghentikan Aplikasi Secara Paksa
    Fungsi CMD atau command prompt yang pertama adalah menghentikan aplikasi secara paksa. Kamu sebenarnya dapat melakukannya dengan menggunakan task manager, tapi kali ini kamu hanya membahas tentang CMD, jadi kali ini dengan cara menggunakan CMD saja. Seringkali kita menemukan aplikasi yang kita jalankan tidak merespon atau not responding. Tentunya hal ini buat kita kesal dan frustrasi apalagi kita dikejar deadline. Nah, CMD dapat berfungsi untuk keluar atau memberhentikan aplikasi yang tidak merespon tersebut dengan paksa.
  2. Mengecek Status Aktivasi Windows
    Fungsi CMD kedua adalah mengecek status aktivasi Windows. Bagi kamu yang baru saja membeli Windows dan masih ragu apakah Windows kamu sudah diaktivasi atau belum, kamu dapat mengeceknya melalui CMD atau command prompt. Perintah yang dibutuhkan untuk mengecek status aktivasi Windows adalah slmgr/dlv.
  3. Memeriksa Kondisi Hardisk
    Bagi kamu yang khawatir hardisk kamu terkena bad sector atau nggak, kamu bisa menggunakan CMD untuk mengeceknya. Untuk mengecek kesehatan atau kondisi hardisk kamu, lakukan perintah wmic diskdrive get status.
  4. Memperbaiki Bad Sector pada Hardisk
    Setelah kamu mengecek kondisi hardisk kamu, dan ternyata terdapat bad sector pada hardisk kamu, kamu bisa memperbaikinya dengan command prompt dengan cara melakukan perindah chkdsk /r/f c:Mengetahui Fungsi CMD atau Command Prompt Pada Laptop
  5. Menyembunyikan File
    Fungsi CMD yang kelima adalah menyembunyikan file. Jika kamu memiliki file rahasia yang hanya diketahui oleh kamu secara pribadi atau tim kerja kamu, kamu bisa manyembunyikannya dengan CMD ini. Kamu dapat membuat file yang sebelumnya dapat terlihat oleh orang lain menjadi tidak bisa terlihat lagi. Apa perintahnya? Masukkan perintah attrib +s +h C:\Microsoft Games.
  6. Memeriksa Baterai Laptop
    Mengecek apakah kondisi baterai laptop kamu masih baik atau nggak, sebenarnya mudah. Kamu hanya perlu mengeceknya dengan CMD atau command prompt dengan memasukkan perintah powercfg energy.
  7. Mematikan Komputer
    Kamu bosan mematikan komputer dengan cara standard (klik start lalu klik shut down) karena kamu hipster/edgy dan mau coba cara lain? Nah, kamu sekarang bisa nih mematikan komputer kamu dengan menggunakan command prompt dengan cara memasukkan perintah slmgr/dlv. Mengetahui Fungsi CMD atau Command Prompt Pada Laptop
  8. Mengetahui MAC Address Computer
    MAC Address merupakan alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam 7 lapisan model OSI yang mempresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Masing-masing komputer mempunyai MAC Address berbeda. Untuk mengetahui MAC Address kamu, kamu dapat menggunakan command prompt. Kamu cukup memasukkan perintah ipconfig/all mengetahui alamat MAC dengan mudah.
  9. Memeriksa Kapan Instalasi Windows Dilakukan
    Bagi kamu yang sering menginstal ulang Windows pada laptop atau PC, kamu pasti lupa kapan terakhir kali Windows kamu diinstal. Nah, untungnya dengan menggunakan command prompt kamu bisa cek kapan terakhir kamu install. Caranya tinggal memasukkan perintah systeminfo I find/I “install date” (tetap masukkan tanda petiknya.
  10. Menjadikan laptop sebagai Wi-Fi Tambahan
    Fungsi CMD atau command prompt terakhir adalah menjadikan laptop sebagai Wi-Fi. Kalau kamu pernah melakukan tethering dengan menggunakan smartphone, kamu tentu juga bisa menjadikan laptop kamu sebagai perangkat yang dapat menyambungkan sinyal Wi-Fi atau menjadi perangkat tethering. Kamu bisa melakukannya tanpa menambahkan perangkat lunak sama sekali. Caranya? Kamu tinggal masuk ke CMD atau command prompt, lalu ketik perintah netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namassidkamu key=passwordkamu. Dan tadaaa. Sekarang laptop kamu bisa jadi semacam router atau modem. Bagaimana? Mudah kan?
Baca Juga  10 Game Horror PC Terbaik dan Terseram yang Bikin Merinding

Tentunya gunakan CMD atau command prompt dengan tanggung jawab dan jagan pernah merugikan orang lain. Demikian artikel Laptopnesia tentang fungsi CMD, mudah kan? Semoga bermanfaat!

Leave a Comment