Mengenal Game MMORPG dan istilah-Istilah di Dalamnya

Kali ini Laptopnesia akan membahas tentang apa itu MMORPG ? Dan apa bedanya dengan RPG. Buat kamu yang suka main game, pasti sudah gak asing dengan genre game MMORPG. Sama seperti MOBA, FPS, dan Adventure, MMORPG adalah salah satu jenis genre game yang paling banyak dimainkan di laptop atau PC. Genre game ini juga jadi salah satu genre game online yang paling banyak dimainkan saat ini.

game mmorpg

Buat kamu yang belum mengerti apa itu MMORPG, berikut ini penjelasannya.

Pengertian MMORPG

MMORPG adalah singkatan dari Massively Multiplayer Online Role Playing Game. Genre game ini paling banyak dimainkan secara online. Permainan game ini berbasis RPG di mana setiap pemain terhubung ke server game saat memainkan permainannya. Perbedaan game MMORPG dan RPG adalah kamu bisa memainkan game bersama orang lain atau semua pemain yang online dalam satu server. Setiap pemain bisa berinteraksi satu sama lain dalam dunia virtual.

pengertian mmorpg

Fungsi server pada game MMORPG adalah sebagai pusat pengendali dari setiap karakter yang sedang bermain. Pemain yang ingin bermain diharuskan menginstal aplikasi game di komputer supaya bisa terhubung ke server game. Kendala yang paling sering dirasakan saat bermain game MMORPG adalah ketika server down, maka game tidak bisa dimainkan sama sekali.

contoh game mmorpg

RPG atau Role Playing Game adalah game yang memungkinkan kamu bisa mengontrol suatu karakter dalam bentuk avatar. Karakter tersebut bisa berkembang dan menjadi semakin kuat selama kamu mengembangkannya dengan benar. Penampilan karakter avatar tersebut juga bisa diubah sesuai kebutuhan. Karakter dalam game bisa berinteraksi dengan karakter lain dan memiliki alur cerita yang beraneka ragam.

Contoh Game

Contoh game MMORPG yang populer untuk pengguna PC dan laptop gaming adalah Ragnarok Online dan World of Warcraft. Kedua game online untuk PC ini paling populer dimainkan. Ragnarok Online diluncurkan pertama kali pada tahun 2002, sedangkan World of Warcraft diluncurkan pada tahun 2004. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja game MMORPG terbaik saat ini, silakan cek Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC.

Baca Juga  10 Laptop Gaming Termahal 2020 Harga Sampai 60 Juta Ke atas

mmorpg adalah

Istilah dalam Game MMORPG

Di dalam game MMORPG ada beberapa istilah yang mungkin akan sulit dipahami oleh pemain pemula. Oleh karena itu, biar gak gaptek dan tetap up to date, berikut ini istilah pada game MMORPG yang paling sering dipakai:

  1. HP/MP
    HP adalah singkatan dari Health Points, sedangkan MP adalah singkatan dari Mana Points. Jika HP habis maka karakter akan mati. Sedangkan jika MP penuh maka karakter bisa mengeluarkan skill sebanyak dan sesering mungkin.
  2. POT
    Singkatan dari ‘potion’, atau item untuk menambah HP dan MP.
  3. EXP
    Singkatan dari Experience Points. EXP inilah yang berpengaruh pada level karakter. Semakin tinggi EXP semakin tinggi level karakternya.
  4. NOOB/NEWBIE
    Sebutan untuk Player pemula dan baru dalam game. Sebutan ini juga sering dipakai untuk menyebut pemain yang teralu ceroboh saat bermain.
  5. PAKET/BUFF
    Istilah untuk meminta support skill dari anggota team yang bisa melakukan support skill seperti priest.
  6. HEAL PLZ
    Istilah untuk meminta skill penyembuhan dari karakter yang memiliki skill untuk menyembuhkan HP (Health Point).
  7. HODE 😡
    Istilah untuk menyebut pemain yang memakai avatar dengan jenis kelamin yang berbeda dari aslinya.
  8. COLOK/ENCHANT
    Istilah untuk upgrade equipment. Equipment yang sudah di upgrade bisa memiliki kemampuan khusus, atau memiliki elemen tambahan.
  9. TEMPA/NEMPA
    Istilah yg dipakai untuk mengupgrade senjata atau armor supaya bertambah kekuatan dan levelnya.
  10. GB
    Istilah untuk seorang pemain yang membutuhkan bantuan dalam game.
  11. LEVELING
    Bermain game dan bertujuan untuk menaikan level karakter hingga level tertentu.
  12. POL/PUL/FULL
    Istilah untuk menjelaskan kepada karakter yang ingin gabung dalam suatu team, tapi kapasitas team tersebut sudah penuh.
  13. TB
    Tipe karakter yang memiliki def point yang tinggi dan health point yg tinggi juga.
  14. HITTER
    Sebutan untuk karakter penyerang dalam sebuah team. Hitter biasanya dilindungi oleh TB.
  15. SKILL AREA
    Skill yang mampu menyerang banyak monster dalam radius jarak yang cukup luas.
  16. MOB/NGEMOB
    Karakter yang memiliki tingkat penghindaran serangan yang tinggi.
  17. CLAN/GUILD
    Perkumpulan antar pemain dalam suatu game. Setiap clan bisa melakukan perang antar clan/guild untuk memperebutkan wilayah atau rangking tertentu.
  18. SOLO
    Istilah untuk menyebut pemain yang melakukan kegiatan hunting sendirian atau tidak bersama grup/clan/guild.
  19. HUNTING
    Istilah untuk menyebut kegiatan berburu dan mengalahkan monster dalam map.
  20. DROP ITEM
    Barang yang didapatkan dari monster yang sudah dikalahkan.
  21. COLLECTING/FARMING
    Istilah yang dipakai saat pemain sedang mengumpulkan item mentah untuk dipakai membuat senjata atau armor atau untuk keperluan quest.
  22. MOMON
    Sebutan untuk monster.
  23. PARTY
    Kegiatan Hunting atau menyelesaikan quest bersama 2 atau lebih anggota team sehingga misi akan jauh lebih mudah dan cepat diselesaikan.
  24. QUEST/MISI
    Istilah untuk melakukan suatu misi dalam permainan.
  25. PET
    Pet adalah rekan pemain dalam permainan. Bisa berupa hewan, atau mahluk-mahluk ajaib lainnya.
  26. NGELAG/NGEBUG
    Sebutan untuk keadaan yang dialami pemain saat koneksi internetnya mengalami gangguan sehingga karakter terlambat merespon karakter lain.
  27. DC/diskonek
    Sebutan untuk situasi yang dialami pemain saat koneksi internetnya terputus. Biasanya dia harus melakukan login ulang untuk masuk ke dalam permainan.
Baca Juga  Cara Cek Suhu Prosesor Termudah dan Tercepat

Nah itu dia pengertian MMORPG dan istilah-istilah yang sering digunakan di dalamnya. Semoga menambah pengetahuan kamu sebelum mulai bermain game.

Leave a Comment