Perbedaan Lenovo IdeaPad dan Thinkpad, Jangan Salah Beli!

Perbedaan IdeaPad dan Thinkpad belum banyak diketahui orang. Kadang, ketika kamu akan membeli laptop Lenovo, kamu harus memilih antara IdePad atau ThinkPad. Nah, biar kamu nggak salah beli berikut perbedaan kedua laptop dari Lenovo ini. Namun, sebelum ke perbedaan berikut fakta menarik soal Lenovo Group.

Lenovo Group Limited atau sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group adalah produsen PC dari  Republik Rakyat Tiongkok. Pada 2004, Lenovo adalah produsen PC terbesar kedelapan di dunia. Pada tahun yang sama, perusahaan ini mengumumkan keinginannya untuk mengambil alih divisi PC IBM yang merupakan perusahaan Amerika Serikat yang pernah mempunyai monopoli dalam pasar PC. Pengambilalihan ini membuat Lenovo bisa mengembangkan pasarnya di Amerika. Pada tahun 2005 barulah Lenovo resmi mengambil alih divisi PC IBM tersebut.

Dari sana Lenovo lebih giat memproduksi berbagai PC dan laptop andalan. Salah satunya adalah ThinkPad yang diluncurkan Lenovo tahun 2005. Kemudian, tak ketinggalan Lenovo meluncurkan IdePad pada tahun 2008. Apa perbedaan kedua laptop ini?

perbedaan ideapad dan thinkpad 2020 LAPTOPNESIA

Lenovo IdePad untuk Multimedia dan Hiburan

Berbeda dengan ThinkPad, Lenovo IdeaPad Lenovo khusus difokuskan untuk konten multimedia seperti desain dan pengolah kreatif. Laptp Lenovo jenis ini biasanya dilengkapi dengan touchscreen, dan punya ketahanan performa untuk komputasi berat multimedia.

Secara komersial IdeaPad sangat cocok untuk kamu yang punya kebutuhan yang sifatnya grafis dan teknikal. Karena dua hal ini yang jadi andalan dari Lenovo IdeaPad. Bicara soal gaming, desain dan multimedia yang dibuaat laptop khusus dari Lenovo bukan tanpa sebab. Lenovo melihat kebutuhan pasar untuk laptop jenis ini belum banyak ketika pertama diluncurkan tahun 2008 lalu. Adapun fitur yang membedakan IdeaPad dengan ThinkPad :

  • Touch Widescreen
  • Dolby Speaker System
  • Frameless screens
  • Face recognition
  • Trackpoint
Baca Juga  7 Aplikasi Wajib di Laptop Windows 10 yang Harus Diinstal

perbedaan ideapad dan thinkpad LAPTOPNESIA

Lenovo ThinkPad untuk Bisnis

Laptop Lenoco ThinkPad lahir tahun 2005, 3 tahun lebih dulu dibandingkan dengan IdePad. Sejak kelahirannya tersebut, ThinkPad sudah banyak difokuskan kedalam ranah bisnis dan programming. Di mana kedua hal tersebut banyak membutuhkan kemampuan komputasi laptop. Laptop Thinkpad sejak kemunculannya banyak bermain di lini bisnis untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan oleh para pebisnis dengan beberapa yang menjadi aspek keunggulan.

  • Security
  • Durability
  • Warranty
  • Battery Life

Selain kelebihan di atas, laptop ThinkPad juga punya keunggulan lain yakni biasanya sudah dilengkapi dengan fitur Finger Print Reader, TPM untuk keamanan data (mengenkripsi data yang tersimpan di hard drive yang membuatnya tidak mungkin untuk mencuri data bahkan jika Anda kehilangan laptop Anda). Kemudian, untuk daya tahan baterai laptop Lenovo ini hingga 3x dari laptop kelas konsumen. Bahkan untuk beberapa tipe ada opsi yang tersedia untuk meningkatkan ke 6-9 sel yang tidak dapat dilakukan pada laptop konsumen biasa.

perbedaan ideapad dan thinkpad terbaru LAPTOPNESIA

[KESIMPULAN] Perbedaan IdeaPad dan ThinkPad, Pilih Mana?

Selain IdeaPad dan ThinkPad, Lenovo juga banyak mengeluarkan series lain seperti Lenovo Legion dan Lenovo Essential. Namun, kali ini yang dibahas baru IdeaPad dan ThinkPad.

Di atas sudah dijelaskan tentang perbedaan laptop IdePad dan ThinkPad. Laptopnesia sarankan kalau kamu punya kebutuhan laptop yang mendesak untuk bisnis maka lebih baik memilih Lenovo jenis ThinkPad. Hal ini karena kamu akan bisa mendapatkan performa yang sesuai untuk mendukung bisnis kamu.

Namun, kalau kamu butuh laptop gaming terbaik maka bisa memilih Lenovo IdePad series. Tak hanya itu, IdePad juga cocok untuk kamu para freelancer atau pekerja kreatif yang butuh aplikasi besar pengolah grafis.

Leave a Comment