Acer Aspire 3 Spesifikasi AMD Ryzen Terbaru, Harganya?

Acer meluncurkan varian Acer Aspire 3 terbaru dengan prosesor AMD Ryzen. Prosesor terbaru dari AMD ini memiliki teknologi terbaru dan pengolah grafis bawaan Radeon RX Vega Graphics yang bisa meningkatkan performa dan grafis hingga 2 kali lipat lebih baik dibanding pendahulunya. Ditambah lagi, prosesor AMD Ryzen punya spesifikasi yang sanggup menandingi prosesor keluaran Intel. Untuk pekerjaan multitasking pun bisa ditangani dengan mudah, karena selain didukung prosesor bertenaga, Acer Aspire 3 versi AMD Ryzen juga didukung RAM dan storage yang besar.

Acer Aspire 3 AMD Ryzen

Acer Aspire 3 AMD Ryzen adalah rekomendasi tepat untuk kamu yang membutuhkan laptop bertenaga tinggi dan harga cukup terjangkau. Laptop ini sanggup mengerjakan tugas komputasi yang cukup berat, mulai dari membuat dokumen, mengecek email, browsing, streaming, edit foto di Adobe Photoshop dan bermain game kasual. Seperti apa hebatnya laptop Acer Aspire 3 dengan AMD Ryzen?

Harga Acer Aspire 3 AMD Ryzen

AMD merupakan salah satu merk prosesor penantang berat Intel. Kualitas produk prosesor yang dimilikinya tidak kalah saing dibanding Intel. Salah satu kelebihan AMD dari Intel adalah harga jual yang lebih murah. Dengan harga lebih murah kamu bisa dapatkan prosesor Intel dengan spesifikasi setara. Acer Aspire 3 dengan AMD Ryzen membawa angin segar bagi konsumen yang menginginkan laptop powerful namun dengan harga lebih terjangkau. Laptop Aspire 3 dengan varian prosesor AMD Ryzen terendah (AMD Ryzen 3) dilepas ke pasaran dengan harga mulai dari 5 jutaan. Sementara itu, untuk varian tertinggi (AMD Ryzen 7) dijual dengan kisaran harga 10 jutaan.

Performa Handal dengan 3 Pilihan Prosesor

Saat pertama kali diluncurkan, Acer Aspire 3 tersedia dalam 3 varian model prosesor. Untuk varian terkuat, Acer Aspire 3 ditenagai oleh AMD Ryzen 7 2700U, sementara dua model lainnya ditenagai AMD Ryzen 3 2200U dan AMD Ryzen 2500U. AMD Ryzen 7 2700U memiliki empat buah core dengan kecepatan maksimal hingga 3.8 GHz. AMD Ryzen 5 2500U memiliki empat core dengan kecepatan maksimal hingga 3.6 GHz. Sementara itu, AMD Ryzen 3 2200U dibekali dua core dengan kecepatan maksimal hingga 3.4 GHz.

Baca Juga  Review MSI GS65 Stealth Thin Terbaru, Spesifikasi + Harga

Acer Aspire 3 AMD Ryzen

Dari segi dukungan grafis, Acer Aspire 3 tersedia dalam 6 varian model sekaligus. 3 di antaranya adalah laptop yang dibekali grafis bawaan prosesor dan grafis diskrit Radeon 535 berkapasitas 2 GB. 3 varian lainnya adalah laptop dengan grafis bawaan, Radeon Vega 3 untuk Ryzen 3, Radeon Vega 8 untuk Ryzen 5, dan Radeon Vega 10 untuk Ryzen 7. Menariknya walau dibekali grafis tinggi, Acer Aspire 3 tetap dijual dengan kisaran harga cukup terjangkau.

Acer Aspire 3 AMD Ryzen

Menariknya, dari pengujian Cinebench Multi-Core R15, prosesor AMD Ryzen 7 dapat mengungguli prosesor Intel Core i7 yang setara dengan performa yang 41% lebih baik. Di sisi lain, prosesor AMD Ryzen 3 dan AMD Ryzen mampu memberikan performa yang sama baiknya dengan laptop berprosesor Intel. Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan prosesor AMD kamu bisa mendapatkan performa sama dengan prosesor Intel namun dengan harga lebih bersahabat.

Kapasitas Memory dan Storage

Acer Aspire 3 adalah laptop kelas menengah yang mudah diupgrade. Laptop ini dapat menampung RAM hingga 32 GB DDR4 berkat 2 buah slot RAM di dalamnya. Selain itu, laptop ini juga mendukung fitur  dual channel yang memungkinkan kamu mendapatkan performa multitasking lebih baik dibanding laptop biasa. Untuk varian Acer Aspire 3 dengan AMD Ryzen 7, kamu bisa memasukan storage SSD dan HDD ke dalam satu laptop. Versi standar Acer Aspire 3 dengan AMD Ryzen 7 dibekali HDD 1 TB dan SSD 128 GB. Kombinasi SSD dan HDD memungkinkan waktu booting lebih cepat, respon aplikasi lebih kencang, dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Data aplikasi dan sistem pun lebih aman dari guncangan atau benturan karena disimpan dalam storage SSD.

Acer Aspire 3 AMD Ryzen

Mudah Di-Upgrade

Karena didesain agar mudah di-upgrade, Acer Aspire 3 menyediakan fasilitas khusus untuk meningkatkan kemampuannya. Laptop ini dilengkapi backdoor compartement atau pintu khusus di bawah laptop yang memudahkan kamu mengakses HDD dan RAM. Jadi kalau kamu mau upgrade kemampuan laptop ini, cukup buka pintu belakang saja, tak perlu membuka semua casing laptop.

Baca Juga  Asus ZenBook UX430UN Spesifikasi Terbaru Intel Gen 8, Harga?

Acer Aspire 3 AMD Ryzen

Layar yang Memanjakan Mata

Semua varian Acer Aspire 3 dibekali layar seluas 15.6 inci beresolusi HD. Layar laptopnya sudah dibekali teknologi Acer BlueLight Shield. Teknologi ini bisa mengurangi paparan radiasi sinar biru yang bisa merusak mata jika digunakan dalam waktu lama. Teknologi ini bisa mengurangi radiasi sinar biru tanpa mengurangi kualitas warna gambar secara keseluruhan.

Spesifikasi Acer Aspire 3 AMD Ryzen

Platform
Tipe Laptop
OS Linux
Tipe Prosesor AMD Ryzen
Prosesor OnBoard AMD Ryzen 3 2200U dual-core up to 3.4 GHz

AMD Ryzen 5 2500U quad-core up to 3.6 GHz

AMD Ryzen 7 2700U quad-core up to 3.8 GHz

Grafis Radeon Vega 3 Graphics (Ryzen 3)

Radeon Vega 8 Graphics (Ryzen 5)

Radeon RX Vega 10 Graphics (Ryzen 7)

Memori
RAM 4GB/2x4GB
Tipe RAM DDR4
Storage 1 TB HDD

1 TB HDD + 128 GB SSD (Ryzen 7)

Grafis
GPU Radeon 535 2GB (optional)
Ukuran Layar 15.6 inci
Resolusi Layar HD 1366 x 768 piksel
Bodi
Ukuran 381.6 x 259 x 21.6 mm
Berat 2.1 kg
Pilihan Warna Blue, Black, Red
Lainnya
Speaker Yes, Stereo
WebCam Yes, 640 x 480 piksel + Microphone
Wi-Fi Dual Band Wireless-AC, 802.11ac/a/b/g/n 1X1 wireless LA
Bluetooth Bluetooth 4.1
Keyboard Standard
Touchpad Yes
Port HDMI, USB 3.0, USB 2.0, RJ45
Battery Lithium Polymer 4810 mAh

Leave a Comment