Nostalgia: Age of Empires 3 + Expansion Pack (RTS Lama Seru)

Salah satu seri game RTS legendaris, Age of Empires 3, masih tetap seru dimainkan hingga saat kini. Game ini hadir dengan dua ekspansi di antaranya WarChiefs dan juga Asian Dynasties yang juga nggak kalah seru dimainkan.

Age of Empires 3

Selain itu, beberapa tahun lalu ada modder asal Indonesia yang membuat semacam expansion pack yang menghadirkan peperangan ala Indonesia jaman majapahit dan masa kolonial. Berbeda dengan 2 game sebelumnya, game besutan Microsoft Games ini tampil dengan grafis 3D yang mendetil.

Promo Asus ZenBook Pro Duo Bhinneka - Banner

Bahkan, sebagai game RTS, Age of Empires 3, grafisnya bisa diadu dengan game-game terkini. Game ini akan menjadi nostalgia bagi para PC gamers 2000an awal, dan untuk yang belum memainkan game ini, cobain deh, pasti ketagihan. Berikut beberapa alasan mengapa kamu mesti nyobain main Age of Empires 3.

Review Game Lama: Age of Empires 3

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, bahwa game ini hadir dengan dua buah paket ekspansi yang seru untuk dimainkan. Untuk game basisnya, kamu akan disuguhkan beberapa mode, di antaranya: mode Campaign dan mode Skirmish.

Ada tiga bagian dalam mode Campaign. Dalam bagian pertama atau Act I: Blood, kamu akan memainkan peran sebagai seorang komandan perang Ksatria Saint John asal Skotlandia bernama Morgan Black.

Age of Empires 3

Dalam perjalanannya, Morgan Black akan bertemu dengan beberapa komandan beserta dengan pasukan perang. Seperti Sahin dari Kerajaan Ottoman, Lizzie, dan masih beberapa yang lainnya.

Kemudian pada Act II: Ice, kamu akan bermain sebagai tentara bayaran bernama John Black. John Black sendiri merupakan cucu dari Morgan Black.

Baca Juga  Laptop Murah Spek Tinggi, di Bawah 5 Juta Bisa Main Game

Dalam petualangannya, John Black akan ditemani oleh seorang temannya yang berasal dari suku Mohawk (suku asli Amerika) bernama Kanyenke.

John Black dan Kanyenke menjaga koloni mereka dari serangan penjarah dari suku Cherokee. Mereka berdua menyerang kamp perang milik suku Cherokee dan memaksa mereka untuk mengatur gencatan senjata.

Setelah melakukan negosiasi mereka diserang oleh tentara Inggris yang dipimpin oleh Jenderal Warwick. Alhasil, John dan Kanyenke akhirnya mengatur serangan dengan cara merekrut tentara bayaran untuk menyerang tentara Jenderal Warwick.

Petualangan Act II diakhiri dengan pernikahan adik Kanyenke dengan John yang melahirkan seorang anak laki-laki bernama Nathaniel.

Campaign game basis Age of Empires 3 diakhiri dengan petualangan cucu dari John Black yakni Amelia Black. Amelia bertujuan untuk memperluas jalur kereta api di Amerika Serikat setelah kompensasi yang diberikan oleh orang-orang Inggris dan Amerika untuk pengorbanan John Black.

Disini Amelia juga bertemu dengan karakter-karakter pendukung lainnya seperti Pierre Beaumont, yang membantu ia, Mayor Cooper, komandan kavaleri Amerika Serikat, untuk mengalahkan tentara Meksiko yang menyerang benteng, dan juga tokoh legendaris Simon Bolivar. Dalam petualangannya, Amelia berkeliling Amerika. Mulai dari Colorado hingga ke Cuba.

Gameplay dan Expansion Pack

Age of Empires 3 juga hadir dengan dua paket ekspansi, di antaranya WarChiefs dan juga Asian Dynasties.

Di dalam paket ekspansi pertama, WarChiefs ada dua Act yang masing-masing menceritakan kisah yang berbeda. Pada Act pertama, kamu akan memainkan karakter yang masih berhubungan dengan karkater pada game basisnya yakni Nathaniel Black.

Age of Empires 3

Nathaniel Black merupakan anak dari John Black yang menikah dengan adik Kanyenke. Kemudian untuk Act kedua, kamu akan memainkan anak dari Amelia Black yang bernama Chayton Black. Age of Empire 3 dan WarChiefs memiliki karakter yang memiliki darah satu sama lain.

Baca Juga  Pengertian Processor, Clock Speed, Core, dan Hyper-Threading

Berbeda dengan WarChiefs, Age of Empires 3: Asian Dynasties akan memainkan 3 bangsa diantaranya: India, Jepang, dan juga Tiongkok.

Age of Empires 3

Cerita dalam mode Campaign Asian Dynasties berdasarkan sejarah masing-masing bangsa. Yang kerennya lagi masing-masing bangsa hadir dengan masing-masing bangunan yang cukup mendetil.

Kesimpulan

Age of Empires 3 diliris pada akhir 2005, dan expansion packnya dirilis akhir 2006 untuk WarChiefs dan Asian Dynasties pada akhir 2007.

Walaupun game ini diluncurkan lebih dari satu dekade lalu, game ini masih tetap asyik untuk dimainkan, apalagi di Steam sekarang harganya udah murah untuk 3 game.

Apalagi bagi kamu yang ingin koleksi library Steamnya makin banyak. Masih ragu untuk memulai memainkan game RTS seru ini?

Spesifikasi Minimum Age of Empire 3

  • Sistem Operasi: Windows XP
  • Processor: 1.4 GHz yang telah mendukung SSE
  • VGA Card: 64 MB VRAM
  • Memory: 256 GB RAM
  • Storage: 3 GB

Spesifikasi Rekomendasi Far Cry 5

  • Sistem Operasi: Windows XP
  • Processor: Intel Core i7-4770 atau AMD Ryzen 5 1600
  • VGA Card: NVIDIA GeForce FX 5500 atau ATI Radeon X300
  • Memory: 512 GB RAM
  • Storage: 3 GB

Leave a Comment