Mengetahui Apa Itu Deep Web ? Apa Perbedaan dengan Darkweb ?

Artikel Laptopnesia kali ini akan membahas suatu yang agak sensitif dan mengerikan yakni apa itu deep web. Internet merupakan hal yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern. Selain itu, internet dapat digunakan untuk pekerjaan dan hal positif lainnya.

Namun sayangnya sebagian orang menggunakan internet untuk melakukan hal yang kriminal, seperti perdagangan obat terlarang, senjata dan semacamnya. Sebuah tempat bernama deep web sering disangka sebagai tempat dimana banyak orang seperti itu. Sayangnya banyak orang yang masih menyamakan antara deep web dengan dark web, padahal kedua web tersebut memiliki perbedaan.

Apa itu deep web itu sendiri (juga dikenal dengan nama deepnet, darknet, invinsible web, hidden web, atau undernet) merupakan bagian dari www (world wide web) yang untuk mengaksesnya tidak dapat dilakukan dengan mudah, dan hanya dapat diakses melalui mesin pencari web yang menggunakan indeks pencari web.

Dapat dikatakan adalah deep web merupakan bagian dari www (world wide web) yang tidak bisa terindex oleh mesin pencarian umum seperti Google, Bing, Yahoo, dan semacamnya. Bila kita ibaratkan dengan sebuah gunung es yang ada di laut, deep web adalah bagian yang ada jauh di bawah dari surface web. Surface web, sebagaimana memiliki arti permukaan, merupakan web yang kita gunakan sehari-hari.

Apa Itu Deep Web

Apa yang Dapat Kita Temukan di Deep Web

Sudah mengerti apa itu deep web? Nah kamu akan kami jelaskan apa yang dapat ditemukan di deep web. Banyak orang yang menyangka bahwa deep web merupakan tempat kriminal penjual obat terlarang, senjata, dan hal-hal ilegal lainnya, namun, deep web sendiri nggak hanya berisi hal-hal seperti itu.

Baca Juga  5 Laptop 3 Jutaan Terbaik, Dengan Spek Terbaik 2018

Jika yang ditemukan adalah hal-hal ilegal seperti itu, hanya dark web lah yang dapat menaungi hal-hal tersebut (tentu saja dark web itu sangat berbahaya dan tidak boleh diakses sembarangan).

Pada dasarnya deep web masih bisa diakses dengan mesin pencarian umum walaupun tidak terindex. Dan sebenarnya web yang kita kunjungi masih pada tingkatan dasar dan masih sebagian kecilnya. Pada penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas California pada tahun 2001, Deep Web memiliki ukuran sebesar 7,5 petabyte. Dan jumlah deep web pad tahun 2004 mencapai 300,000.

Apa Perbedaanya Dengan Dark Web

Setelah mengetahui apa itu deep web kami akan menjelaskan perbedaannya dengan dark web. Mungkin jika yang kamu maksud adalah tempat dimana berkumpulnya kriminal, maka yang kamu rujuk ialah dark web. Jadi memasuki deep web pada dasarnya aman. Selain itu untuk masuk ke dalam dark web kamu harus memiliki browser khusus. Masuk ke dalam dark web juga memiliki resiko terkena virus dan data terambil.

Berikut hal-hal yang dapat kamu temukan di dark web (kami tidak menyarankan untuk masuk, karena hal-hal ini sangat berbahaya untuk diakses).

  1. 1.Kebocoran Berita atau whistleblowing
  2. 2.Penjualan barang ilegal di pasar gelap
  3. 3.Kartu kredit curian
  4. 4.Perdagangan narkoba
  5. 5.Eksperimen terhadap manusia
  6. 6.Pembangkang politik
  7. 7.Dan hal mengerikan lainnya.

Apa Itu Deep Web

Bahaya Ketika Masuk Ke dalam Dark Web

Sudah mengerti apa itu deep web. Memasuki deep web ternyata tidak terlalu membahayakan. Nah yang bahaya itu satu ini, dark web. Kamu bakal nemuin hal-hal ini:

1. Tempat Dimana Menjadi Sarang Penjahat

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa berbeda dengan deep web, dark web adalah tempat dimana hal-hal kriminal dapat ditemukan. Dapat dikatakan bahwa dark web merupakan dunia hitamnya internet. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati (atau sebaiknya jangan masuk ke dalam dark web) karena kamu bisa menjadi korban kejahatan tersebut.

Baca Juga  Apakah Perbedaan DDR3 dan DDR3L ? Ketahui Secara Detil !

2. Tempat Berkumpulnya Virus Berbahaya

Selain itu, mengapa dark web tidak disarankan untuk dikunjungi adalah banyak virus berbahaya yang dapat mengganggu atau merusak sistem komputer kamu. Virus yang ada nggak hanya virus-virus kecil, namun kamu bisa menemukan spyware yang sangat berbahaya yang bahkan bisa merusak sistem komputer kamu

3. Gudangnya Konten Ilegal

Karena banyak berisi banyak penjahat, sudah pasti banyak juga konten ilegal mulai dari pornografi ilegal, pembunuh bayaran, prostitusi, dan konten-konten sadis. Maka dari itu, kamu janganlah membuka darknet jika kamu memang nggak siap mental.

4. Diawasi Penegak Hukum

Karena dark net ini sarangnya penjahat dan konten-konten ilegal, oleh karena itu, penegak hukum kerap menjaga dan memonitor dark net. Situs-situs seperti perdagangan obat-obatan terlarang, perdagangan manusia sudah pasti diperhatikan oleh penegak hukum.

Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang deep web dan perbedaannya dengan dark web. Gunakanlah internet dengan bijak agar kamu nggak salah langkah. Akhir kata, semoga bermanfaat!

Leave a Comment