4 Aplikasi Perekam Layar PC dan Laptop GRATIS Terbaik 2018

Dengan menggunakan aplikasi perekam layar pc dan laptop, maka kamu bisa merekam kemudian membagikan hasil rekaman tersebut secara langsung dari komputer. Lebih menariknya lagi, kamu bisa mendapatkan aplikasi tersebut tanpa harus mengeluarkan uang alias gratis. Jadi jika kamu ingin, memainkan suatu game atau mempresentasikan cara menggunakan aplikasi kemudian mengunggahnya ke YouTube, maka aplikasi berikut ini bisa kamu manfaatkan.

Aplikasi Perekam Layar PC dan Laptop

Fitur paling sederhana dari sebuah aplikasi perekam layar pc dan laptop tentu saja kemampuan untuk dapat merekam semua kegiatan komputasimu kemudian menyimpan video tersebut di komputer. Akan tetapi, aplikasi berikut ini memberikan fitur ekstra seperti untuk mengedit hasil video, menambahkan picture-in-picture, live streaming, dan optimasi gameplay.

Nah agar bisa mendapatkan hasil video yang maksimal, kamu membutuhkan alat yang tepat. Berikut adalah daftar aplikasi perekam layar pc gratis pilihan kami yang bisa kamu gunakan untuk merekam atau melakukan live stream video berkualitas.

1. OBS Studio

Aplikasi Perekam Layar PC

OBS Studio adalah pilihan aplikasi yang tepat apabila kamu adalah seorang gamer yang ingin mengunggah gameplay-mu ke internet. Aplikasi ini merupakan aplikasi terbuka yang bisa kamu dapatkan secara gratis dan dapat digunakan tanpa ada batasan.

Perekam layar pc OBS Studio tak hanya dapat digunakan untuk merekam kegiatan layar komputermu, namun juga dapat langsung menyiarkannya dalam resolusi tinggi. Kamu bisa secara langsung menyiarkan permainan game kesayanganmu ke YouTube atau Twitch, menyimpan rancangan video dan kembali mengeditnya lain kali, atau menyimpan hasil video ke pc dengan format FLV.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mematikan Windows Defender di Laptop kamu ?

Tidak seperti kebanyakan perekam layar pc lainnya yang hanya dapat merekam game yang sedang dijalankan dalam mode windowed, OBS Studio memungkinkanmu untuk dapat merekam dalam mode full-screen karena dapat terintegrasi dengan VGA. Mungkin pada awalnya kamu harus melakukan adaptasi pengaturan di sana-sini, namun dengan semua yang ditawarkannya, sejauh ini OBS Studio adalah aplikasi perekam layar pc terbaik yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

2. Apowersoft Free Online Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar PC

Jika kamu ingin merekam suatu presentasi, demonstrasi, atau tutorial penggunaan sebuah software, maka kamu bisa menggunakan Apowersoft Free Online Screen Recorder. Alat ini cocok digunakan untuk tugas tersebut, namun kurang cocok bagi gamer dikarenakan alat ini adalah browser-based atau digunakan melalui browser.

Meskipun demikian, kamu masih harus mengunduh sebuah aplikasi launcher berukuran kecil. Kemudian kamu bisa merekam seluruh layar pc, memilih suatu area secara spesifik, atau memilih salah satu preset resolusi yang mana sangat cocok jika kamu merekam sebuah klip untuk YouTube.

Apowersoft Free Online Screen Recorder juga menawarkan pintasan keyboard yang dapat dimodifikasi untuk kenyamanan dan kecepatan dalam mengubah suatu hal. Selain itu kamu juga bisa memilih apakah kamu ingin memasukkan kursor mouse pada video rekaman, dan kamu juga dapat memilih sendiri format hasil videonya yang meliputi MP4, WMV, AVI, MOV, dan banyak lainnya.

3. ShareX

Aplikasi Perekam Layar PC

ShareX juga merupakan salah satu aplikasi perekam layar pc dengan sistem terbuka. Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk merekam video tanpa perlu mengkhawatirkan batasan waktu ataupun watermark. Sayangnya antarmuka yang disediakannya kurang nyaman sehingga mungkin kamu agak sedikit kerepotan jika belum terbiasa.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan perekam layar pc ini untuk menyimpan video yang kamu rekam sebagai sebuah GIF, yang mana sangat bermanfaat jika kamu adalah pengguna yang sering memposting konten ke media sosial.

Baca Juga  5 Laptop 3 Jutaan Terbaik, Dengan Spek Terbaik 2018

Fitur hebat lain dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk dapat mengirim video yang telah direkam secara langsung ke sebuah situs media sosial atau file-sharing.

4. FlashBack Express

Aplikasi Perekam Layar PC

FlashBack Express adalah salah satu kandidat aplikasi perekam layar pc dan laptop yang kemampuannya hampir sama dengan OBS Studio. Meskipun kamu bisa menggunakan versi gratis dari program berbayarnya, namun hasil videomu tidak akan ditempeli watermark secara paksa ataupun membatasi waktu perekaman. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan banyak sekali fitur dan peralatan yang biasanya kamu temukan pada aplikasi berbayar. Antarmukanya yang ramah membuatmu yang belum pernah menggunakan sebuah aplikasi perekam layar sebelumnya bisa mengoperasikannya dengan mudah.

Kamu bisa merekam seluruh layar dengan aplikasi perekam layar pc dan laptop, sebuah window, area yang telah dipilih, atau dari webcam. Kemudian setelah kamu selesai merekam, hasil rekaman tersebut akan muncul dalam sebuah editor kecil, di mana kamu dapat memotong untuk disesuaikan dengan kebutuhan, lalu mengekspornya ke YouTube atau disimpan ke komputer.

Leave a Comment