ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490UA, Spesifikasi & Harga Terbaru

ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490UA adalah versi terbaru dari Asus ZenBook 3. Perbedaan utama antara ZenBook 3 Deluxe dan pendahulunya ada di ukuran layar. Jika ZenBook 3 memiliki layar 12.5 inci, ZenBook 3 Deluxe punya layar lebih besar yakni 14 inci. Peningkatan ukuran layar ini tentunya akan meningkatkan kenyamanan saat menggunakan laptop. Ukuran layar lebih besar artinya lebih banyak konten yang bisa kamu lihat di layar. Layar seluas 14 inci juga dirasa masih tidak terlalu besar untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Laptop yang lebih besar namun tetap tipis seperti pendahulunya ini cukup nyaman dibawa bepergian.

ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490UA

Asus ZenBook 3 Deluxe dilepas ke pasaran dengan banderol harga Rp 25.299.000 untuk model laptop dengan prosesor Intel Core i7, SSD PCIE 512 GB, dan RAM 16GB. Penasaran seperti apa kelebihan laptop ini? Apakah ada kekurangannya? Yuk sama-sama simak review Laptopnesia berikut ini.

Desain Asus ZenBook 3 Deluxe

Asus ZenBook 3 Deluxe hadir dalam pilihan warna Royal Blue dan Quartz Grey. Dilihat dari segi desain, konsep yang dibawa ZenBook 3 Deluxe masih sama seperti ZenBook 3. Laptop ini mengusung desain unibodi dengan Golden Diamond Cut di pinggirannya. Bagian cover juga dihiasi oleh pola lingkaran khas ala produk Zen besutan Asus. Perbedaan mencolok antara ZenBook 3 Deluxe dengan pendahulunya adalah ukuran layar. Karena mengusung layar 14 inci, dimensi laptop ini tentu jadi lebih besar.

ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490UA

Meskipun mengusung layar yang lebih besar dari pendahulunya, dimensi laptop ini tetap terasa ringkas. Asus menekan tebal bezel pada layar seminimal mungkin supaya layar seluas 14 inci bisa muat masuk ke dalam rangka seukuran laptop konvensional 13 inci. Jadi walau layarnya 14 inci, ukuran laptop ini tidak jauh lebih besar dari laptop 13 inci pada umumnya.

Asus ZenBook 3 Deluxe menggunakan logam Alumunium kelas penerbangan (aerospace) yang 50% lebih kuat dan lebih ringan dibanding Alumunium biasa. Ketebalan laptop ini pun hanya 11.9 mm dengan berat 1 kg. Asus melapisi layar laptop dengan kaca Corning Gorilla Glass 5 untuk melindunginya dari retak, goresan, dan benturan.

Baca Juga  Review MSI GS65 Stealth Thin Terbaru, Spesifikasi + Harga

Layar Lebih Besar: 14 Inci Full HD

Layar adalah satu-satunya hal yang membedakan ZenBook 3 Deluxe dengan pendahulunya. Layar 14 inci yang lebih luas dibanding ZenBook 3 memberikan kenyamanan pada penggunanya saat menggunakan laptop baik di perjalanan maupun dalam kantor. Kualitas layarnya juga sama baiknya dengan ZenBook 3. Layar seluas 14 inci ini dibekali resolusi Full HD. Panel layar bersudut pandang lebar menjaga konsistensi warna dan gambar saat kamu melihat layar dari berbagai sudut.

ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490UA

Rentang warna pada layarnya mencapai 100% sRGB dan kontras rasio mencapai 1000:1. Teknologi ASUS Splendid juga dibenamkan untuk memastikan warna pada layar tetap akurat apapun jenis konten yang kamu lihat. Selain itu, teknologi ASUS True2Life meningkatkan kualitas piksel layar secara real time pada frame video. Teknologi ini membuat gambar video memiliki kontras dan ketajaman yang 200% lebih baik.

Performa Asus ZenBook 3 Deluxe

Spesifikasi adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan pada lini produk Asus ZenBook. Untuk varian Deluxe, Asus menyematkan prosesor Intel Core i7 generasi ke-7 dengan kecepatan Clock yang mencapai 3.5 GHz. Kapasitas RAM yang disertakan pun tidak main-main, yakni sebesar 16 GB. Teknologi RAM LPDDR3 yang hemat energi dan RAM 2133 MHz yang kencang membuat kinerja multitasking laptop satu ini tak perlu diragukan lagi. Kemudian storage jenis SSD PCIe berkapasitas 512 GB memiliki performa lebih kencang dibanding SATA SSD biasa.

Port Konektivitas Super Kencang: Thunderbolt 3

Ketersediaan port Thunderbolt 3 dengan antarmuka USB-C mampu mentransfer data hingga 40 Gbps. Kecepatan transfer datanya bisa 8 kali lebih cepat dibanding USB 3.0 jika dipasangkan ke perangkat peripheral yang mendukung. Selain itu, port Thunderbolt 3 juga bisa dipakai untuk isi ulang daya. Tak hanya transfer data dan daya saja, port Thunderbolt 3 juga bisa kamu hubungkan ke layar eksternal ganda hingga resolusi UHD 4K.

Baca Juga  Laptop Asus VivoBook S15, Spesifikasi dan Harga Terbaru

ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490UA

Sistem Pendingin Inovatif

Laptop berspesifikasi tinggi tentunya butuh sistem pendingin yang canggih. Apalagi dengan dimensi laptop yang tipis membuat Asus mau tidak mau harus menyediakan pendingin yang berukuran tipis pula. ZenBook 3 Deluxe juga menggunakan sistem pendingin yang sama seperti ZenBook 3. Kipas polimer kristal cair yang tebalnya hanya 0.3 mm dipadukan dengan pipa panas tembaga yang tebal dinding pipanya hanya 0.1 mm. Secara keseluruhan, sistem pendingin Asus ZenBook 3 Deluxe hanya 3 mm saja. Cara kerja sistem pendingin juga cukup unik. Kipas dan pipa tembaga dengan cepat mengeluarkan udara panas dari hardware melalui ventilasi tersembunyi di engsel laptop.

Baterai Tahan Lama

Laptop untuk pengguna dengan mobilitas tinggi harus memiliki baterai tahan lama. Oleh karena itu, Asus ZenBook 3 Deluxe dibekali baterai yang tahan lama. Untuk pola penggunaan normal, baterai laptop bisa bertahan hingga 10 jam. Baterai jenis lithium polimer berkapasitas 46Wh didesain khusus agar muat ke dalam laptop yang super tipis. Selain baterai besar, Asus juga menyertakan teknologi pengisian baterai cepat yang bisa mengisi baterai hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit saja.

ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490UA

Spesifikasi Asus ZenBook 3 Deluxe

Platform
Tipe Laptop
OS Windows 10 Home
Tipe Prosesor Intel Core i7
Prosesor OnBoard Intel Core i7-7500U up to 3.5 GHz, Cache 4MB
Grafis Intel HD Graphics 620
Memori
RAM 16 GB
Tipe RAM LPDDR3 2133MHz
HDD
SSD SSD 512GB PCIE
Grafis
GPU
Ukuran Layar 14 inci
Resolusi Layar Full HD (1920 x 1080 piksel)
Bodi
Ukuran 329 x 210 x 129 mm
Berat 1.1 g
Pilihan Warna Royal Blue, Quartz Grey
Lainnya
Speaker Yes
WebCam VGA Web Camera
Wi-Fi Integrated 802.11 AC
Bluetooth Bluetooth 4.1
Keyboard Full-size backlit, with 1.2mm key travel
Touchpad Yes
Port 2 x Thunderbolt 3 USB-C

1 x USB 3.1 Gen 1 USB-C

Battery 46Wh 4-cell lithium-polymer battery

Leave a Comment