Cara Melihat Spesifikasi Laptop | Cek CPU, GPU, RAM, HDD/SSD

Sebelum membeli laptop, ada baiknya kamu tahu cara melihat spesifikasi laptop. Dengan cara ini, kamu bisa melihat dan mencocokan apakah spesifikasi laptop yang kamu beli sesuai dengan informasi yang tertera di boks atau yang disampaikan oleh penjual. Walaupun cara cek spesifikasi laptop terbilang sangat mudah, namun masih banyak orang yang tidak melakukannya.

cara melihat spesifikasi laptop

Selain untuk mencocokan spesifikasi di laptop dan boks, melihat spesifikasi laptop juga sangat berguna untuk kamu yang ingin instal aplikasi di laptop. Ada kalanya, laptop tidak bisa menjalakan beberapa program atau aplikasi. Selain karena perbedaan dukungan, spesifikasi yang terlalu rendah juga membuat kamu tidak bisa sembarangan instal aplikasi di laptop. Mengetahui spesifikasi laptop sebenarnya sangat penting karena dengan begitu kamu bisa mengetahui batas kemampuan laptop dalam menjalankan sebuah program.

Bagaimana caranya mengetahui spesifikasi laptop dengan mudah? Yuk kita sama-sama simak tutorial cara melihat spesifikasi laptop bersama Laptopnesia.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop: System Properties/About

Secara bawaan sebenarnya laptop dengan sistem operasi Windows memiliki opsi untuk melihat spesifikasi laptop dari System Properties atau About. Informasi yang bisa kamu dapatkan, di antara lain: sistem operasi yang digunakan, jenis CPU atau prosesor, besar RAM, tipe sistem operasi (32-bit atau 64-bit), dan lain sebagainya. Untuk memulai cek spesifikasi laptop dari sistem informasi Windows, ikuti langkah berikut ini:

  • Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows 10 atau 8.1, masuk ke menu Settings > System > About
  • Untuk pengguna Windows 7, klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties. Setelah itu akan muncul jendela informasi mengenai spesifikasi laptop kamu
  • Sementara itu untuk pengguna Windows XP kamu bisa klik kanan dari My Computer lalu pilih System Properties.
Baca Juga  Cara Sharing Printer di Laptop/PC Windows Melalui WiFi/LAN

cara melihat spesifikasi laptop

Namun sayangnya, informasi yang bisa kamu lihat dari cara pertama ini masih tergolong informasi standar. Artinya hanya berkaitan dengan informasi spesifikasi umum seperti halnya sistem informasi, prosesor, dan RAM. Jika kamu ingin melihat informasi spesifikasi yang lebih lengkap bisa dengan cara kedua.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Melalui DXdiag

DXdiag adalah kepanjangan dari DirectX Diagnostic. DXdiag paling umum digunakan oleh teknisi IT untuk mengetahui spesifikasi laptop secara lengkap. Melalui DXdiag, kamu bisa melihat informasi yang lebih lengkap dibanding informasi yang ditawarkan di sistem informasi. Untuk memulai mengecek spesifikasi dengan DXdiag ikuti langkah berikut ini:

  1. Dari halaman utama Windows tekan tombol Windows (Win) + R
  2. Setelah muncul jendela Run, ketik dxdiag di kolom yang disediakan, setelah itu OK
  3. Tunggu beberapa saat sampai muncul jendela DirectX Diagnostic Tool.

cara melihat spesifikasi laptop

Dalam jendela DirectX Diagnostic Tool terdapat tab System, Display, Sound, dan Input. Tab System berisi informasi umum seputar laptop kamu, seperti sistem operasi, prosesor, RAM, dan lainnya. Tab Display berisi informasi yang berhubungan dengan kartu VGA di laptop kamu. Tab Sound berisi informasi data Sound Card beserta driver yang digunakan di laptop. Sementara itu, tab Input berisi informasi ragam input device yang dipakai di komputer kamu, seperti misalnya keyboard.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Aplikasi Speccy

cara melihat spesifikasi laptop selain dengan bantuan sistem operasi, juga bisa dengan aplikasi. Salah satu aplikasi yang mudah digunakan untuk melihat spesifikasi laptop adalah Piriform Speccy. Aplikasi ini bisa kamu download bebas di internet. Setelah aplikasi diinstal di laptop, cukup klik dua kali aplikasi dan seketika akan muncul jendela aplikasi yang menampilkan informasi spesifikasi lengkap dari laptop kamu.

Baca Juga  Cara Memasang Power Supply di Komputer

cara melihat spesifikasi laptop

Informasi yang bisa kamu lihat pun cukup beragam dan lengkap. kamu bisa melihat detail spesifikasi terkecil seperti Peripherals atau Network. Menariknya, di aplikasi ini kamu bisa melihat spesifikasi dan kondisi hardware laptop kamu secara lengkap. Bahkan kamu juga bisa melihat suhu Motherboard dan CPU dengan bantuan aplikasi Speccy.

Ada begitu banyak cara untuk melihat spesifikasi laptop. Laptopnesia menawarkan tiga cara paling mudah untuk mengetahui spesifikasi laptopmu dengan cepat dan lengkap. Kamu bisa pilih cara paling simpel dengan sistem informasi hingga yang paling lengkap melalui aplikasi Speccy. Semoga informasi ini berguna.

Leave a Comment