Kamu Tahu Cara Cek DirectX ? Ayo Kita Bahas Sama-sama

Kamu tahu cara cek DirectX? Mungkin bagi kamu yang suka main game di komputer, kamu pasti tahu apa itu DirectX. DirectX kini sudah sampai versi ke-12. DirectX merupakan sekumpulan antarmuka aplikasi pemrograman atau APIs (Aplication Programming Interfaces) yang berfungsi untuk menangani tugas-tugas yang berhubungan dengan multimedia, terutama pemrograman game dan video.

Cara Cek DirectX

Sebelum menjelaskan cara cek DirectX, apa salahnya kamu mengetahui seluk beluk dan informasi terkait DirectX. Pada bab selanjutnya kami akan membahas apa itu DirectX dan sejarah dari DirectX.

Apa itu DirectX ?

Seperti yang kami sebelumnya bahwa DirectX merupakan sekumpulan dari antarmuka aplikasi pemrograman yang menangani pemrograman pada game dan video. Kamu hanya dapat menemukan DirectX pada platform Microsoft karena DirectX ini memang milik perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates tersebut.

Pada awalnya, DirectX diciptakan sebagai solusi untuk Windows 95 yang mana tidak memiliki akses langsung untuk kartu grafis, keyboard, mouse, perangkat suara, dan semua bagian pada sistem.

Cara Cek DirectX

DirectX pertama dirilis pada September 1995 sebagai Windows Games SDK. Windows Games SDK merupakan penggantian Win32 untuk DCI. DirecX memungkinkan semua versi sistem operasi Microsoft Windows (bermula dari Windows 95), untuk mempersatukan multimedia performa tinggi.

Ketika Windows 95 masih baru, dan banyak game yang akan dirilis di sistem operasi tersebut, DirectX dengan gencar dipromosikan kepada para pengembang game yang sebelumnya meragukan kemampuan Microsoft akan membangun platform gaming dalam Windows.

Sebelum DirectX, Microsoft telah menyertakan OpenGL pada platform Windows NT. Pada waktu itu, OpenGL membutuhkan perangkat keras kelas atas dan hanya berfokus pada penggunaan aplikasi untuk CAD dan teknik mesin.

Baca Juga  Review Resident Evil 5 PC Game Klasik yang Masih Laris

Direct3D dimaksudkan untuk menjadi alternatif OpenGL yang berfokus pada penggunaan game. Sebagaimana 3D gaming berkembang, OpenGL menyertakan dukungan yang lebih baik untuk teknik pemrograman untuk aplikasi multimedia interaktif seperti game.

DirectX juga muncul pada konsol gaming. Konsol gaming yang menggunakan DirectX tentunya adalah keluaran Microsoft yakni Xbox, Xbox 360, dan Xbox One. API yang ada pada konsol tersebut dikembangkan oleh kerjasama antara Microsoft dengan Nvidia.

Cara Cek DirectX

Versi DirectX

1. DirectX 9

DirectX 9 pertama kali dirilis pada tahun 2002 untuk Windows 98 sampai dengan XP. Microsoft lalu membuat versi upgradenya yakni DirectX 9c.

Cara Cek DirectX

2. DirectX 10

Selanjutnya adalah DirectX10 yang merupakan pengembangan dari Microsoft yang diperuntukkan Windows Vista dan sistem operasi setelahnya. Sudah tentu Windows XP tidak bisa menjalankan DirectX 10.

Cara Cek DirectX

3. DirectX 11

DirectX 11 pertama kali dirilis oleh Microsoft pada Gamefest 08 di Seattle yang menampilkan fitur-fitur terbaru diantaranya dukungan GPGPU, (DirectCompute), tessellation, dan dukungan multi-threading yang ditingkatkan untuk membantu pengembang game dalam mengembangkan game yang menggunakan processor multi-core.

DirectX versi ini berjalan pada Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Banyak game yang kini masih banyak dimainkan oleh banyak gamers seperti Grand Theft Auto V, The Witcher 3, dan masih banyak yang lainnya yang masih menggunakan DirectX 11.

Cara Cek DirectX

4. DirectX 12

DirectX 12 merupakan versi terbaru DirectX yang secara resmi dilundurkan bersamaan dengan Windows 10 pada 29 Juli, 2015. Fitur utama yang dikenalkan pada DirectX ini adalah low-level programming termutakhir untuk Direct3D 12. Pengembang game sekarang dimungkinkan untuk mengimplementasikan daftar perintah dan penyangga untuk GPU.

DirectX 12 didukung oleh kartu grafis NVIDIA mulai dari arsitektur Fermi hingga terkini, dan juga pada chip GCN pada AMD. Pada Maret 2018 DirectX Raytracing dikenalkan oleh microsoft yang mana merupakan teknik pengolahan grafis terbaru yang mampu memberikan visual yang lebih realistis pada gaming.

Baca Juga  Jenis-Jenis Keyboard (Yang Mana Punyamu?)

 

Sebenarnya ada DirectX 7 yang digunakan untuk Windows 2000, 8 untuk Windows 98 hingga 2000.

Nah kamu kini sudah tahu kan sejarah dari DirectX, nah sekarang kami akan memberitahu kamu cara cek directX kamu agar kamu tahu versi DirectX yang terinstal pada komputer kamu.

Cara Cek DirectX

Setelah kamu tahu tentang DirectX dan versinya, bab ini akan membahas cara cek DirectX.

  1. Hal pertama yang kamu lakukan adalah tekan tombol Windows + R secara bersamaan pada keyboard kamu.
  2. Lalu jika muncul jendela Run, ketik dxdiag pada kolom tersebut. Kemudian klik OK. Cara Cek DirectX
  3. Setelah itu, akan muncul jendela yang akan memberikan informasi DirectX apa yang kamu gunakan.

Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang cara cek DirectX. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment